59 views
Kondisi Wasir yang Memerlukan Tindakan Operasi

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di sekitar anus atau rektum. Terdapat dua jenis wasir: internal dan eksternal. Wasir internal terjadi di dalam rektum, sedangkan wasir eksternal terbentuk di luar anus. Meskipun sebagian besar kasus wasir dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan perawatan konservatif, ada situasi di mana tindakan operasi mungkin diperlukan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa kondisi wasir yang memerlukan tindakan operasi. Maka dari itu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini!

Beberapa Kondisi Wasir yang Memerlukan Tindakan Operasi

1. Wasir Stadium Lanjut (Wasir Tingkat IV)

Wasir yang telah mencapai stadium lanjut, terutama Stadium IV, seringkali memerlukan intervensi bedah. Pada tahap ini, wasir sudah sangat membesar dan dapat keluar dari anus bahkan tanpa adanya tekanan. Operasi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi wasir yang parah ini.

2. Trombosis Hemoroid Eksternal

Trombosis hemoroid eksternal terjadi ketika darah berkumpul dalam pembuluh darah di wasir eksternal, menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat. Jika perawatan konservatif tidak memberikan hasil yang memadai, prosedur operasi mungkin diperlukan untuk mengurangi pembengkakan dan menghilangkan bekuan darah.

3. Prolapsus Wasir

Prolapsus terjadi ketika wasir internal keluar dari anus dan tidak dapat kembali secara spontan. Jika wasir mengalami prolapsus berulang kali dan menyebabkan ketidaknyamanan atau kesulitan yang signifikan, dokter mungkin merekomendasikan tindakan operasi untuk memperbaiki prolapsus tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Ciri-ciri Wasir, Faktor Risiko, dan Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter

4. Perdarahan yang Berulang

Jika wasir menyebabkan perdarahan berulang meskipun telah diupayakan perawatan konservatif, tindakan operasi mungkin diperlukan. Ini dapat melibatkan pengangkatan wasir atau prosedur khusus seperti ligasi wasir dengan menggunakan alat tertentu.

5. Infeksi dan Abses

Ketika wasir mengalami infeksi dan terbentuk abses di sekitar anus, intervensi bedah dapat menjadi solusi untuk membersihkan abses dan mencegah penyebaran infeksi.

6. Kegagalan Perawatan Konservatif

Jika perawatan konservatif seperti perubahan pola makan, penggunaan krim, dan obat-obatan tidak memberikan perbaikan yang diinginkan atau gejala wasir terus berlanjut, dokter mungkin merekomendasikan operasi sebagai langkah terakhir untuk mengatasi masalah ini.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai kondisi wasir yang memerlukan tindakan operasi lebih lanjut yang harus Anda ketahui. Meskipun banyak kasus wasir dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup dan perawatan non-bedah, tindakan operasi mungkin diperlukan dalam beberapa situasi khusus. Keputusan untuk menjalani operasi harus dibuat setelah konsultasi dengan dokter, yang akan mengevaluasi tingkat keparahan wasir dan merencanakan jenis operasi yang sesuai untuk setiap kasus. Operasi wasir biasanya efektif dan dapat memberikan bantuan yang signifikan dalam mengatasi gejala yang meresahkan.

Apabila Anda membutuhkan penanganan langsung dari profesional medis, Anda dapat mulai dengan menghubungi atau mengunjungi ST Wasir Center atau STWC. Dikarenakan di ST Wasir Center, Anda akan ditangani oleh profesional medis secara langsung dengan menggunakan alat ataupun teknologi terkini yang mempermudah Anda dalam proses penyembuhan masalah Anda. Jadi, apabila Anda mengalami masalah mulai dari wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal, segeralah mengecek kondisi Anda di STWC segera!

Apabila Anda membutuhkan informasi terbaru mengenai kondisi-kondisi di atas, segeralah mengecek Instagram STWC di @stwasircenter dan website STWC di www.stwasir.com agar Anda tidak tertinggal oleh informasi-informasi terbaru dari kami.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *