20 views
Main Handphone Di Toilet Bikin Wasir?

Dalam era digital saat ini, handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka menyediakan akses instan ke informasi, hiburan, dan komunikasi di mana pun kita berada. Namun, kebiasaan main handphone di toilet bisa menimbulkan beberapa risiko kesehatan yang tidak terduga. Salah satu risiko tersebut adalah terkena wasir, yang merupakan kondisi yang umum terjadi.

Apa itu Wasir?

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di area dubur dan rektum. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, gatal, perdarahan, dan ketidaknyamanan pada individu yang terkena. Faktor risiko utama untuk wasir meliputi sembelit kronis, kehamilan, obesitas, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Hubungan antara Handphone dan Wasir

Membawa handphone ke toilet dan menggunakannya saat buang air besar telah menjadi kebiasaan yang umum terjadi pada banyak orang. Namun, tindakan ini dapat meningkatkan risiko terkena wasir dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Waktu Duduk: Saat membawa handphone ke toilet, orang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Membaca pesan, menjelajahi media sosial, atau bermain game dapat membuat seseorang terlalu lama duduk di toilet. Prolonged sitting dapat meningkatkan tekanan pada area dubur, menyebabkan pembuluh darah membengkak dan memicu wasir.
  2. Menekan saat Menggunakan Handphone: Beberapa orang secara tidak sadar menekan atau mengejan saat menggunakan handphone di toilet. Ini dapat menyebabkan tekanan tambahan pada area dubur dan menyebabkan peregangan pada pembuluh darah. Lama kelamaan, peregangan berlebihan ini dapat mengakibatkan wasir.
  3. Kurangnya Gerakan Tubuh: Saat menggunakan handphone di toilet, kecenderungan untuk duduk dengan posisi yang kurang ergonomis meningkat. Postur tubuh yang buruk dapat mempengaruhi aliran darah dan meningkatkan risiko wasir. Selain itu, kurangnya gerakan fisik saat menggunakan handphone di toilet dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan sembelit, yang juga merupakan faktor risiko wasir.
Baca Juga:  Bisakah Wasir Pada Bayi Terjadi?

Pencegahan dan Pengelolaan Wasir

Untuk mengurangi risiko terkena wasir akibat membawa handphone ke toilet, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Batasi Waktu di Toilet: Usahakan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet.
  2. Hindari Menekan dan Mengejan: Jaga postur tubuh yang baik saat buang air besar.
  3. Jaga Keseimbangan Digital: Sadari kebiasaan membawa handphone ke toilet dan upayakan untuk menguranginya. Buatlah batasan waktu untuk menggunakan handphone di toilet dan prioritaskan aktivitas yang lebih penting seperti membaca buku atau mengamati sekitar.
  4. Perhatikan Postur Tubuh: Selalu duduk dengan postur yang benar saat menggunakan toilet. Pastikan posisi duduk Anda ergonomis dengan punggung lurus dan lutut sedikit lebih tinggi dari panggul. Hal ini dapat membantu mencegah penekanan berlebihan pada area dubur dan mengurangi risiko wasir.

Membawa handphone ke toilet dan menggunakannya saat buang air besar dapat meningkatkan risiko terkena wasir. Prolonged sitting, menekan atau mengejan saat menggunakan handphone, dan kurangnya gerakan tubuh adalah faktor-faktor yang dapat memicu kondisi ini. Untuk mencegah risiko wasir, penting untuk membatasi waktu di toilet, menjaga postur tubuh yang baik, dan menjaga kesehatan pencernaan secara umum. Jika mengalami gejala wasir yang berkelanjutan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *