101 views
Mengapa Trombosis Bisa Terjadi pada Penderita Wasir?

Hemoroid atau wasir adalah kondisi medis yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Meskipun wasir biasanya tidak mengancam jiwa, mereka dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah trombosis hemoroid atau trombosis pada wasir. Trombosis adalah pembekuan darah yang terjadi dalam pembuluh darah, dan ketika ini terjadi pada wasir, kondisi tersebut dapat menjadi sangat menyakitkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari penderita

Apa Itu Wasir?

Wasir adalah pembuluh darah yang membengkak dan meradang di dalam atau di sekitar anus dan rektum. Ada dua jenis wasir, yaitu wasir internal dan eksternal. Wasir internal terletak di dalam rektum, sehingga biasanya tidak terlihat atau teraba. Sementara itu, wasir eksternal terletak di luar anus dan dapat terlihat atau teraba.

Penyebab Wasir dan Risiko Trombosis

Tekanan pada Pembuluh Darah: Salah satu faktor utama yang menyebabkan wasir adalah tekanan berlebih pada pembuluh darah di daerah anus dan rektum. Pembulu darah yang mengalami tekanan ini dapat terjadi saat seseorang sering mengejan selama buang air besar, terlalu sering atau terlalu lama duduk di toilet, atau mengangkat benda berat secara berlebihan. Tekanan ini dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan, yang merupakan salah satu gejala wasir.

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah salah satu faktor risiko utama untuk mengembangkan wasir. Ketika seseorang memiliki buang air besar yang keras atau sulit, mereka cenderung mengejan lebih keras, yang dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah tersebut.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Wasir Saat Hamil 

Kehamilan

Wanita hamil juga berisiko mengalami wasir karena pertumbuhan janin dapat memberikan tekanan ekstra pada daerah panggul dan pembuluh darah di sekitarnya. Hormon kehamilan juga dapat melemahkan dinding pembuluh darah.

Faktor Genetik

Ada bukti bahwa faktor genetik dapat memainkan peran dalam perkembangan wasir. Jika ada riwayat keluarga dengan wasir, seseorang mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi.

Mengapa Trombosis Terjadi pada Wasir?

Trombosis pada wasir terjadi ketika darah menggumpal di dalam pembuluh darah yang membengkak atau meradang. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya trombosis pada wasir:

Pembengkakan yang Parah

Wasir yang sangat membengkak atau meradang dapat menyebabkan pembuluh darah di dalamnya menjadi terjepit. Ini dapat menghambat aliran darah dan menyebabkan pembekuan darah.

Iritasi

Apabila wasir yang teriritasi atau luka dapat membuat darah lebih cenderung untuk menggumpal. Faktor-faktor seperti gesekan atau tekanan saat membersihkan daerah anus juga dapat memicu pembekuan darah.

Tekanan Darah Tinggi di Daerah Anus

Tekanan darah yang tinggi di daerah anus, yang sering kali terjadi pada wasir yang membengkak, dapat membuat darah lebih cenderung menggumpal.

Gejala dan Pengobatan Trombosis pada Wasir

Wasir yang mengalami trombosis dapat menyebabkan gejala yang sangat nyeri, seperti nyeri tajam saat duduk atau berjalan, pembengkakan, dan perdarahan. Pengobatan dapat melibatkan penggunaan obat pereda nyeri, kompres es, dan perubahan dalam kebiasaan buang air besar. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, perawatan medis seperti penghilangan pembekuan darah atau pembedahan mungkin diperlukan.

Kesimpulan

Trombosis pada wasir adalah komplikasi yang dapat terjadi pada penderita wasir akibat pembekuan darah dalam pembuluh darah yang membengkak atau meradang di sekitar anus atau rektum. Faktor-faktor seperti tekanan pada pembuluh darah, konstipasi, kehamilan, dan faktor genetik dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir. Penting untuk menjaga pola makan sehat, hidrasi yang baik, dan menghindari tekanan berlebih pada daerah anus untuk mengurangi risiko terkena wasir dan trombosis pada wasir. Jika Anda mengalami gejala wasir atau trombosis pada wasir, konsultasikan dengan dokter atau bisa langsung menghubungi kontak yang tertera di ST Wasir Center untuk mendapatkan penanganan terbaik terkait wasir.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *