20 views
Mengatasi Wasir Saat Masa Kehamilan

Keluhan wasir saat kehamilan memang sering terjadi. Keluhan ini akan semakin meningkat terutama pada wanita yang memang sudah mempunyai riwayat wasir sebelum kehamilan.

Jika ibu yang memang sudah memiliki riwayat wasir sebelum kehamilan, pada saat kehamilan, wasir pun akan semakin tinggi gradenya (tonjolannya makin besar). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar bengkak pada wasir. Bagaimanapun perawatan mulai dari pola makan dan jenis aktivitas yang dilakukan dapat menjadi pemicu perkembangan wasir.

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil Untuk Meringankan Wasir Pada Saat Kehamilan

Mengompres dengan Handuk Dingin

Salah satu cara meringankan wasir di saat hamil adalah mengompres wasir dengan handuk dingin. Biasanya ini dilakukan 3–5 kali selama 7 menit untuk hasil yang efektif.

Berendam di Air Hangat

Ternyata selain teknik mengompres dengan handuk dingin, salah satu cara lain untuk meringankan wasir adalah dengan berendam di air hangat. Supaya tidak terlalu ekstrem, karena peningkatan suhu dapat mempengaruhi kondisi kehamilan, ibu bisa saja hanya merendamkan area bokong. Air hangat juga bisa berfungsi mengempiskan pembuluh darah yang bengkak, mengurangi peradangan, dan menghilangkan bakteri yang tumbuh di area anus.

Hindari Duduk dalam Jangka Waktu Lama

Duduk dapat memberikan penekanan terhadap area anus sehingga menyebabkan pertambahan bengkak pada pembuluh darah. Maka dari itu, usahakan untuk beranjak dari bangku setiap beberapa jam sekali supaya tidak ada pertambahan bengkak dan peredaran darah mengalir lancar di area bokong terutama anus.

Baca Juga:  Berapa Lama Proses Penyembuhan Setelah Operasi Ambeien

Tambahkan Asupan Serat dalam Makanan

Ibu hamil memang membutuhkan asupan serat apalagi dengan kondisi wasir, justru membutuhkan asupan serta lebih banyak lagi. Kebutuhan air putih dan cairan juga tidak boleh diluputkan. Hindari juga mengejan terlalu kencang saat buang air besar supaya pembuluh darah di area anus tidak semakin membesar. Pengaturan makan ini juga ditujukan untuk menghindari konstipasi dengan cara melembutkan feses, sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Untuk itu, wanita hamil dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi serat yang berasal dari sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. 

Tak lupa, konsumsi air putih yang cukup juga wajib dilakukan untuk melancarkan pencernaan. Hindari pula makanan pedas dan berminyak agar risiko ambeien berkurang

Latihan Kegel

Cara lainnya mengobati wasir di saat hamil adalah dengan melakukan latihan kegel. Cara ini termasuk yang efektif dan simple untuk dilakukan karena ibu hamil bisa menerapkannya di mana dan kapan saja, bahkan pada situasi yang tidak terbatasi. Selain mengencangkan otot dubur, latihan kegel juga efektif melatih otot-otot Miss V.

Jika bunda memiliki keluhan wasir segera lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Bedah STWC ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah ahli dibidang penyakit anorektal.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *