39 views
Cari Tahu Cara Mencegah Ambeien Agar Tidak Kambuh Kembali

Bagaimana cara mencegah ambeien agar tidak kambuh lagi menjadi perhatian banyak orang. Pasalnya, ambeien atau wasir ini bisa kambuh bergantung pada pola gaya hidup setiap orang.

Ambeien atau wasir dapat menimbulkan ketidaknyamanan akibat benjolan pada anus yang terasa nyeri.  Bagi orang  yang pernah mengalaminya, mereka akan lebih rentan mengalami ambeien yang kambuh. Itu sebabnya, penting untuk menerapkan pola hidup sehat berikut ini untuk mencegah ambeien kambuh.

Ambeien atau wasir terjadi ketika pembuluh darah pada anus atau rektum bagian bawah mengalami pembengkakan. Nah, pembengkakan ini umumnya menimbulkan gejala, seperti benjolan dalam anus (wasir dalam) maupun kulit  sekitar anus (wasir luar). Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah sembelit. Selain itu, ada berbagai faktor yang bisa memicu sembelit penyebab ambeien. Misalnya, kurang konsumsi makanan berserat, kurang minum, atau mengidap kondisi medis tertentu.

Beberapa orang dengan kondisi tertentu pun lebih rentan mengalami wasir, seperti ibu hamil. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan dapat memperlambat gerakan pencernaan sehingga membuat feses atau kotoran lebih sulit untuk mengeluarkannya Lalu, bagaimanakah cara mencegah ambeien agar tidak kambuh kembali?

Cara Mencegah Ambeien Supaya Tidak Kambuh Kembali?

1. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat setiap hari dapat membantu melunakkan serta menambah volume feses, sehingga bisa membantu menghindari wasir. Kamu bisa mendapatkan serat melalui buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Baca Juga:  Dampak Berpikir Negatif Terhadap Kesembuhan Wasir

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cairan sangat tubuh butuhkan, jadi pastikan kamu meminum air putih delapan gelas (1,5 – 2,5 liter/hari) dengan begitu kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Saat cairan tubuh terpenuhi, maka akan membuat feses menjadi lunak sehingga risiko mengejan saat proses BAB akan terhindari dan risiko wasir kambuh akan sangat minimal.

Meski minum air sangat bermanfaat, namun sebaiknya hindari meminum-minuman, seperti teh, kopi, dan alkohol karena bersifat diuretik. Minuman ini justru bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan yang bisa membuat tubuh dehidrasi.

3. Hindari mengejan terlalu keras

Mengejan saat buang air besar (BAB) justru dapat menyebabkan tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di anus. Kondisi ini kemudian, bisa membuat wasir kambuh.

4. Hindari menahan BAB

Menahan BAB bisa membuat feses kering sehingga akan lebih sulit untuk mengeluarkannya. tu sebabnya, segera pergi ke toilet apabila timbul keinginan untuk buang air besar.

5. Olahraga

Berolahraga dapat mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih yang sering kali menjadi faktor pemicu ambeien.

6. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, terutama di toilet dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Gejala Wasir

Gejala wasir sebenarnya berbeda-beda bergantung pada jenisnya. Jenis wasir terbagi menjadi dua, berdasarkan lokasinya, seperti wasir :

1. Luar

Benjolan yang muncul pada jenis ini berada di bawah permukaan kulit sekitar anus. Gejalanya, bisa berupa:

  • Gatal atau iritasi pada area sekitar anus.
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan.
  • Bengkak  sekitar anus.
  • Perdarahan yang berasal dari anus.

2. Dalam

Sementara itu, untuk jenis wasir  ini, benjolan berkembang di dalam anus. Jenis ini mungkin akan sulit untuk mendeteksinya karena memang tidak dapat terlihat atau merasakannya. Penderitanya juga biasanya jarang menyadarinya karena umumnya jarang menyebabkan ketidaknyamanan.  Namun, gejala wasir bisa  terasa ketika kamu mengejan saat BAB. Gejala yang timbul bisa berupa:

  • Pendarahan tanpa rasa sakit saat BAB. Kamu mungkin melihat sejumlah kecil darah merah terang pada toilet.
  • Nyeri dan iritasi saat buang air besar.
Baca Juga:  Kesulitan Buang Air Besar (BAB) Setelah Operasi Ambeien

3. Trombosis

Jenis ini terbentuk ketika ambeien luar mengeluarkan darah dan membentuk gumpalan (trombus). Alhasil, kondisi ini menimbulkan gejala:

  • Sakit parah.
  • Pembengkakan.
  • Peradangan.
  • Benjolan keras di dekat anus.

Itulah pencegahan ambeien yang perlu kamu ketahui. Jika mengalami gejala ambeien yang tak kunjung menghilang segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *