29 views
Hal – Hal Penting Untuk Atasi Sembelit 

Konstipasi (sembelit) adalah gangguan pencernaan akibat penurunan kerja usus. Masalah pencernaan ini ditandai dengan keluhan susah buang air besar atau BAB tidak lancar dalam jangka waktu tertentu. 

Hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab yaitu sebagai berikut:

Penyebab Umum Sembelit 

Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk ternyata dapat menyebabkan masalah pada pencernaan dan berujung pada sembelit. Sebagai contoh, kurang makan sayur dan buah menjadi salah satu penyebab seseorang susah buang air besar.

Kurang Gerak & Olahraga

Olahraga termasuk cara untuk melancarkan buang air besar karena usus perlu bergerak agar kotoran dapat melewati usus dengan lancar. Pergerakan usus ini dipengaruhi oleh gerakan tubuh. Bila Anda malas bergerak atau sering duduk dalam waktu lama, pergerakan usus akan melambat & bisa sebabkan sembelit.

Efek Samping Obat-obatan

Ada beberapa jenis obat yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, termasuk usus. Misalnya obat anti-nyeri, beberapa jenis obat untuk kanker dan sebagainya.

Stres & Pengaruh lingkungan

Cemas, khawatir, atau stres dapat memicu sembelit. Kondisi-kondisi tersebut memengaruhi pergerakan usus menjadi lebih lambat. Hal tersebut tentu akan menghambat jalannya kotoran untuk keluar dari usus. Akibatnya, feses menjadi kering dan lebih padat sehingga sulit dikeluarkan.

Faktor Risiko Konstipasi (Sembelit)

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi meningkatnya risiko anda bisa terkena sembelit. Beberapa faktor tersebut diantaranya:

  • Faktor Usia
  • Melakukan Perjalanan Jauh
  • Jarang Beraktivitas
  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu
  • Stres & Depresi
  • Lingkungan Tempat Tinggal
  • Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
Baca Juga:  Obat Wasir yang Paling Ampuh: Solusi Untuk Mengatasi Wasir Dengan Efektif

Tips Perubahan Pola Hidup yang Dapat Mengatasi Sembelit

  1. Pola Makan dengan Tinggi Serat

Pola makan dengan tinggi serat membantu Anda menormalkan gerakan usus untuk mencegah dan mengatasi sembelit, karena akan meningkatkan berat, ukuran feses bahkan melembutkan teksturnya. Setidaknya, orang dewasa harus mendapatkan 25 gram serat per hari. 

  1. Berolahraga

Dengan menjadi lebih aktif, berolahraga 4-6 kali dalam seminggu, akan membuat Anda mulai merasakan perubahan yang lebih baik! Setiap orang memiliki rutinitas olahraganya sendiri, tetapi yang terpenting Anda perlu tahu jenis olahraga apa yang membuat Anda merasa lebih baik. 

  1. Atur Rutinitas Buang Air Besar

Idealnya, buang air besar harus disesuaikan dengan jam internal tubuh Anda. Setiap orang berbeda, jadi terkadang perlu sedikit pelatihan. Mulailah mengatur rutinitas buang air besar Anda dengan menyisihkan waktu khusus untuk ke kamar mandi, setelah sarapan atau makan malam. 

  1. Kendalikan Emosi

Stress memiliki dampa jelas pada sistem pencernaan kita. Meluangkan waktu untuk bersantai dapat membantu Anda merasa lebih baik. Bersantai dengan musik favorit Anda, luangkan waktu untuk aktivitas yang sehat. Singkatnya, jaga diri Anda.

Jika Anda memiliki keluhan mengenai wasir, maka segera lakukan pemeriksaan di Klinik Utama Bedah STWC untuk mendapatkan solusi terbaik dengan harga terjangkau. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *