15 views
5 Cara Mengobati Wasir Ampuh Tanpa Operasi

Wasir merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita orang. Sebagian diantaranya enggan untuk mengatasi karena khawatir harus melalui operasi. Padahal, ada pula cara mengobati wasir secara alami yang bisa dilakukan.

Mengenal Wasir

Wasir adalah sebuah kondisi di mana terjadi pembengkakan pembuluh darah vena yang kemudian meradang di bagian rektum (saluran yang menghubungkan usus besar dengan anus), bahkan bisa ke bagian dubur.

Penderitanya akan merasakan rasa sakit dan tidak nyaman, apalagi jika wasir membuat sebagian pembuluh darah yang bengkak mencuat ke bagian luar dubur dan menyebabkan pendarahan saat buang air besar (BAB).

Wasir sangat umum diderita banyak orang. Di Indonesia, setidaknya ada 2 juta kasus setiap tahunnya. Dalam beberapa kondisi, wasir bisa sembuh dengan sendirinya jika dibantu dengan gaya hidup sehat dan penerapan cara mengobati wasir secara alami.

Penyebab Wasir

Penyakit yang disebut dengan istilah medis sebagai hemorrhoid ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya:

  • Sembelit
  • Tekstur feses terlalu keras sehingga mengejan saat BAB
  • Obesitas
  • Kurang mengonsumsi makanan berserat
  • Kehamilan
  • Duduk terlalu lama

Gejala Wasir

Sedangkan gejala wasir meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Rasa sakit dan tak nyaman saat mengejan ketika BAB
  • Terasa gatal dan iritasi di area rektum
  • Area sekitar anus bengkak
  • BAB berdarah dengan atau tanpa rasa nyeri
  • Muncul benjolan atau daging yang keluar di sekitar anus
Baca Juga:  Mengenal Ciri-ciri Kanker Anus

Jenis-jenis Wasir

Wasir dibagi atas dua jenis, yakni wasir dengan pembengkakan vena di dalam saluran rektum atau disebut dengan internal hemorrhoid. Kemudian jenis kedua yakni wasir dengan pembengkakan vena di area dubur atau disebut external hemorrhoid.

Wasir Internal

Merupakan jenis wasir yang tidak disertai rasa nyeri, namun  sudah terjadi pembengkakan vena yang menimbulkan benjolan di saluran rektum yang tidak disadari penderitanya. Feses yang keluar saat BAB disertai dengan darah berwarna merah terang.

Wasir Eksternal

Merupakan jenis wasir yang disertai rasa gatal dan nyeri, penderitanya akan menyadari bahwa ada benjolan seperti daging yang mencuat ke area dubur, serta feses yang keluar saat BAB juga disertai dengan darah berwarna merah terang.

Pada kondisi yang parah, wasir yang membuat BAB mengeluarkan darah akan menurunkan kadar hemoglobin (HB). Kondisi ini membuat penderitanya mengalami kekurangan darah sehingga terasa lemas, dan mudah lelah.

Baca juga: Klinik Wasir Terdekat di Jakarta Barat, Obati Wasir dalam 15 Menit

Cara Mengobati Wasir Secara Alami

Jika wasir sudah terjadi dalam waktu yang lama dan semakin memburuk keadaannya, yakni dengan ciri-ciri pembengkakan vena sudah tak terkendali sehingga daging yang mencuat sulit atau tidak bisa lagi masuk ke dalam, maka dokter akan melakukan tindakan medis berupa operasi.

Maka dari itu, jangan tunggu wasir yang kamu idap menjadi semakin parah. Kamu bisa melakukan beberapa cara mengobati wasir secara alami berikut ini.

1. Cara Mengobati Wasir dengan Makan Makanan Kaya Serat

Buah dan sayur

Cara mengobati wasir yang pertama adalah dengan memakan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan yang kaya serat akan membantu melancarkan BAB, sehingga sembelit bisa dicegah.

Baca Juga:  Tanda Benjolan di Anus: Berbahaya atau Tidak?

Jika sistem pencernaan terbiasa memproses makanan yang berserat tinggi, BAB pun akan lancar dan kamu tak perlu mengejan secara berlebihan.

Kondisi ini akan sangat membantu proses penyembuhan wasir secara alami. Perlu diingat juga, penderita wasir tak boleh menunda BAB agar tekstur feses tak semakin keras dan memperburuk keadaan.

2. Cara Mengobati Wasir dengan Berendam Air Hangat

Berendam air

Selain memiliki efek menenangkan, berendam di air hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengobati wasir secara alami. Aliran darah yang semakin lancar berkat suhu air yang hangat akan membantu mengecilkan pembuluh darah vena yang bengkak. Sehingga rasa nyeri akan semakin reda.

Jika ingin efeknya makin terasa, larutkan garam di rendaman air hangat tersebut. Wasir akan semakin mengecil, lebih mudah masuk ke dalam dubur, dan akhirnya hilang.

3. Kompres dengan Es Batu

cara mengobati wasir

Proses BAB dengan penyakit wasir akan memberi efek rasa sakit yang tak tertahankan pada area dubur. Untuk memperbaiki kondisi ini, kamu bisa mengompres area sekitar dubur dengan es batu yang dibalut dengan kain bersih.

Selain menghilangkan rasa sakit, wasir pun akan mengecil. Agar lebih mudah melakukan cara mengobati wasir ini, kamu bisa menduduki kompresan es batu selama 15 menit sampai 20 menit.

4. Mengoleskan Minyak Kelapa

cara mengobati wasir

Cara mengobati wasir secara alami selanjutnya yakni dengan mengoleskan minyak kelapa murni di bagian dubur. Minyak kelapa akan membantu melembabkan area dubur yang mengalami pembengkakan, mengurangi iritasi dan rasa gatal, serta mengurangi rasa nyeri.

Jika dilakukan rutin dan dibarengi dengan menjaga asupan makanan berserat, maka wasir akan lebih mudah sembuh dengan sendirinya.

5. Obati dengan Tanaman Obat Herbal

cara mengobati wasir

Kamu mungkin enggan mengonsumsi obat-obatan kimia yang diresepkan oleh dokter atau obat-obatan yang tersedia di apotek. Jika demikian, maka cara mengobati wasir secara alami yang tepat adalah dengan mengonsumsi tanaman obat herbal.

Baca Juga:  Jenis Buah yang Cocok untuk Penderita Wasir

Baca juga: Ketahui Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir

Berikut ini daftar tanaman obat herbal yang bisa kamu gunakan sebagai obat alami wasir:

  • Lidah buaya: kupas dan ambil lendir atau cairan gel lidah buaya, tempelkan pada bagian dubur. Kemudian, daging lidah buaya dicuci bersih, kemudian diblender untuk dijadikan jus yang diminum penderita wasir.
  • Bawang putih: tumbuk halus bawang putih dan tempelkan pada area dubur atau dijus dan diminum setiap hari.
  • Kulit manggis: keringkan kulit manggis di bawah sinar matahari, rebus dengan air, lalu saring dan minum air rebusan tersebut.
  • Daun sirsak: cuci bersih 5 lembar daun sirsak, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, lalu minum air rebusan tersebut.
  • Daun ungu: cuci bersih beberapa lembar daun ungu, lalu rebus dengan air bersih. Minum air rebusan tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman obat lainnya seperti jambu biji, akar kangkung, bunga pagoda, dan daun cocor bebek untuk obat wasir alami. Pada dasarnya kamu hanya membutuhkan air rebusan tanaman tersebut untuk diminum agar menyembuhkan wasir yang diderita.

Jika kamu memiliki masalah wasir atau penyakit anorektal yang sudah mulai mengganggu, silakan datang ke klinik ST Wasir Center atau hubungi hotline 0878-8756-6315 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau langsung melakukan konsultasi. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *