28 views
Mengenal Ciri-ciri Wasir, Faktor Risiko, dan Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter

Wasir adalah kondisi umum yang dapat memengaruhi siapa pun, namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena wasir. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri wasir, siapa yang berisiko terkena wasir, dan kapan waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter.

Ciri-ciri Wasir

1. Perdarahan Rektal

Salah satu ciri utama wasir adalah adanya perdarahan saat buang air besar. Darah biasanya terlihat pada tinja atau pada kertas toilet setelah membersihkan diri.

2. Rasa Gatal atau Terasa Panas

Beberapa orang dengan wasir juga mengalami sensasi gatal atau terasa panas di sekitar anus.

3. Pembengkakan di Sekitar Anus

Wasir dapat menyebabkan pembengkakan atau benjolan di sekitar anus, terutama setelah buang air besar.

4. Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman

Terkadang, wasir dapat menyebabkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan di area anus, terutama saat duduk atau mengejan.

Siapa yang Berisiko Terkena Wasir?

1. Kebiasaan Mengejan

Orang yang sering mengejan saat buang air besar, misalnya karena sembelit, hamil, atau mengalami diare kronis, memiliki risiko lebih tinggi terkena wasir.

2. Gaya Hidup Kurang Aktif

Orang yang memiliki gaya hidup yang kurang aktif atau sering duduk dalam waktu yang lama, misalnya karena pekerjaan kantor atau kebiasaan menonton televisi untuk waktu yang lama, juga berisiko terkena wasir.

Baca Juga:  Cegah Wasir Dengan 13 Makanan Berikut

3. Riwayat Keluarga

Jika seseorang memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami wasir, risikonya lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi yang sama.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

1. Gejala Berlangsung Lebih dari Sebuah Minggu

Jika Anda mengalami gejala wasir seperti perdarahan rektal, pembengkakan, atau nyeri selama lebih dari seminggu, segera konsultasikan dengan dokter.

2. Gejala Memburuk atau Tidak Merespons Perawatan Rumah

Jika gejala wasir Anda tidak membaik atau bahkan memburuk setelah melakukan perawatan di rumah, seperti mengubah pola makan atau menggunakan obat-obatan over-the-counter, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

3. Terdapat Tanda-tanda Komplikasi

Jika Anda mengalami gejala seperti perdarahan yang hebat, nyeri yang sangat parah, atau terdapat benjolan di sekitar anus, segera temui dokter untuk evaluasi dan perawatan lebih lanjut.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai ciri-ciri wasir, faktor risiko, dan kapan harus melakukan konsultasi ke dokter yang perlu kalian ketahui. Wasir adalah kondisi umum yang dapat memengaruhi siapa pun, namun, dengan pengenalan ciri-cirinya, faktor risiko yang mungkin, dan pemahaman tentang kapan harus berkonsultasi dengan dokter, Anda dapat mengelola kondisi ini dengan lebih baik dan mendapatkan perawatan yang tepat waktu. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala wasir yang mengganggu atau meragukan.

Salah satu tempat untuk mendapatkan konsultasi dari dokter yaitu ST Wasir Center. Selain ditangani oleh profesional medis, Anda akan ditangani menggunakan teknologi terkini yang mempermudah proses penyembuhan. Saat ini, ST Wasir Center telah membuka cabang di lima kota berbeda yaitu Jakarta, Bekasi, Tangerang, Medan, dan Makassar untuk menjangkau mereka yang membutuhkan penanganan medis.

Apabila sobat STWC membutuhkan informasi terpercaya dan terupdate, sobat STWC dapat kunjungi Instagram STWC di @stwasircenter atau website resmi STWC di www.stwasir.com

Baca Juga:  Tips Mencegah Fistula Ani yang Bisa Kamu Terapkan!

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *