46 views
Mengenal Efek Ambeien Luar dan Cara Mengobatinya

Ambeien adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Terdapat dua jenis ambeien: ambeien internal dan ambeien eksternal. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang efek ambeien eksternal, yaitu kondisi di mana pembuluh darah di bagian luar anus mengalami peradangan. Artikel ini akan membahas gejala, penyebab, serta opsi pengobatan yang tersedia untuk mengatasi ambeien eksternal.

Gejala Ambeien Eksternal

Ambeien eksternal ditandai dengan adanya pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di sekitar anus. Beberapa gejala umum yang sering dialami oleh penderita ambeien eksternal meliputi:

  1. Rasa sakit dan ketidaknyamanan saat duduk, berjalan, atau buang air besar.
  2. Pendarahan saat buang air besar.
  3. Gatal-gatal atau iritasi di sekitar anus.
  4. Benjolan atau tonjolan keras di sekitar anus yang dapat terasa saat disentuh.

Penyebab Ambeien Eksternal

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan ambeien eksternal antara lain:

  1. Tekanan berlebih pada pembuluh darah di area anus, seperti saat terlalu sering mengejan saat buang air besar.
  2. Konstipasi yang kronis atau diare yang berulang.
  3. Kehamilan, karena janin yang berkembang mempengaruhi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.
  4. Kegemukan atau obesitas, yang dapat meningkatkan tekanan pada area anus.
  5. Gaya hidup yang kurang aktif atau sering duduk dalam waktu yang lama.

Efek Ambeien Luar

Efek ambeien luar dapat beragam dan mempengaruhi kenyamanan dan kualitas hidup penderitanya. Berikut adalah beberapa efek yang umum terjadi pada ambeien luar:

  1. Rasa sakit: Salah satu efek utama dari ambeien luar adalah rasa sakit yang dapat muncul saat duduk, berjalan, atau buang air besar. Benjolan yang terbentuk di sekitar anus dapat menjadi sensitif dan menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan.
  2. Pendarahan: Ambeien luar juga seringkali disertai dengan pendarahan saat buang air besar. Pada beberapa kasus, darah dapat terlihat pada kertas toilet atau dalam tinja. Pendarahan ini biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah akibat tekanan saat buang air besar.
  3. Gatal-gatal dan iritasi: Peradangan yang terjadi pada ambeien luar dapat menyebabkan gatal-gatal di sekitar anus. Menggaruk area yang terkena dapat menyebabkan iritasi kulit dan memperburuk kondisi.
  4. Pembentukan trombosis: Kadang-kadang, ambeien luar dapat mengalami trombosis, yaitu pembentukan gumpalan darah di dalam pembuluh darah yang terpengaruh. Ini dapat menyebabkan benjolan yang lebih besar dan sangat nyeri. Trombosis ambeien eksternal seringkali memerlukan perawatan medis lebih lanjut.
Baca Juga:  Nyeri di anus, Apakah Berbahaya?

Pengobatan Ambeien Luar

Pengobatan untuk ambeien eksternal dapat mencakup beberapa metode, mulai dari perubahan gaya hidup hingga intervensi medis. Berikut adalah beberapa opsi pengobatan yang umum digunakan:

Perubahan gaya hidup

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat untuk mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar.
  • Meningkatkan asupan air untuk mencegah dehidrasi.
  • Menghindari mengedan terlalu kuat saat buang air besar.
  • Menghindari duduk terlalu lama, berdiri atau berjalan secara berlebihan.

Penggunaan salep atau krim

Salep atau krim khusus yang mengandung bahan anti-inflamasi dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit atau gatal-gatal.

Sitz bath

Metode ini melibatkan rendaman daerah panggul dalam air hangat selama beberapa menit setiap hari. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan perasaan nyaman.

Pengobatan over-the-counter

Beberapa obat-obatan over-the-counter, seperti supositoria atau krim yang mengandung anestesi lokal atau zat antiperadangan, dapat digunakan untuk mengurangi gejala ambeien eksternal.

Prosedur medis

Jika pengobatan di atas tidak memberikan hasil yang memadai, dokter dapat merekomendasikan prosedur medis seperti pengikatan karet, skleroterapi, atau pembedahan untuk menghilangkan ambeien eksternal yang lebih parah.

Jika kamu mengalami gejala wasir, penting untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah berpengalaman. Mereka dapat memberikan nasihat yang lebih spesifik dan menyarankan pengobatan atau prosedur medis yang sesuai. 

Konsultasikan wasir kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *