37 views
Memanfaatkan Bahan Dapur untuk Mengurangi Gejala Ambeien

Ambeien, atau wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di sekitar anus yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di daerah tersebut. Gejalanya meliputi rasa gatal, nyeri, dan kadang-kadang perdarahan saat buang air besar. Sementara pengobatan medis adalah pilihan yang umumnya direkomendasikan, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang biasa ada di dapur untuk membantu mengurangi gejala ambeien. 

Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih dalam air, biarkan dingin, menggunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan area sekitar anus setelah buang air besar.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi dan dapat membantu meredakan rasa sakit. Anda dapat membuat teh jahe dengan merendam potongan jahe dalam air panas. Minumlah teh jahe ini secara teratur untuk membantu mengurangi peradangan.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan efek penyembuhan pada area yang terkena. Oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena beberapa kali sehari.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Oleskan minyak kelapa pada area yang terkena setelah membersihkannya dengan lembut. Ini dapat membantu meredakan iritasi dan meningkatkan penyembuhan.

Buah Plum Kering

Buah plum kering mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu melunakkan tinja dan memudahkan buang air besar. Ini bisa membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Konsumsi bawang putih mentah setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Baca Juga:  Manfaat Daun Ungu untuk Pengobatan Wasir

Air Hangat

Segera setelah buang air besar, mandi air hangat dapat memberikan bantuan signifikan. Air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan rasa sakit.

Konsumsi Serat Tinggi

Tambahkan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian ke dalam diet harian Anda. Serat membantu melunakkan tinja dan memudahkan buang air besar.

Itulah artikel yang membahas mengenai manfaat bahan dapur untuk mengurangi gejala ambeien yang bisa Anda ikuti di rumah. Penting untuk diingat bahwa saran ini tidak menggantikan konsultasi dengan profesional medis. Bahan-bahan tersebut mungkin belum memiliki bukti ilmiah yang cukup. Jika gejala ambeien Anda berlanjut atau memburuk, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Tempat terbaik untuk melakukan konsultasi dengan profesional medis yaitu ST Wasir Center. Dikarenakan di ST Wasir Center, selain ditangani oleh profesional medis berpengalaman, Anda akan ditangani menggunakan teknologi terkini seperti Ultrasonic, Radiofrequency, dan WellC. Selain itu, ST Wasir Center memiliki dua cabang berbeda untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan akses kesehatan. Cabang ST Wasir Center terletak di RS Graha Juanda Bekasi, dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jadi, apabila Anda mendapati masalah seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perenianal, segeralh mengecek di klinik ST Wasir Center terdekat dari rumah Anda!

Temukan informasi terkini tentang kondisi-kondisi di atas dengan mengunjungi website STWC di www.stwasir.com, atau Instagram STWC di @stwasircenter

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *