87 views
Tuntaskan Wasir dengan Obat Wasir di Apotik Sesuai Resep Dokter

Obat Wasir di Apotik – Wasir atau hemoroid adalah suatu kondisi yang sangat umum terjadi di seluruh dunia. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan dan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal, dan perdarahan. Namun, dengan perawatan yang tepat, wasir dapat diobati dan dikontrol dengan baik.

Obat Wasir di Apotik yang Digunakan oleh Penderita Wasir

Obat-obatan yang efektif untuk wasir tersedia di apotek, baik dengan resep dokter maupun over-the-counter. Beberapa obat wasir di apotik yang paling umum digunakan untuk mengobati wasir antara lain:

1. Salep atau Krim Topikal

Salep atau krim topikal adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada daerah anus. Obat-obatan ini mengandung bahan aktif seperti hidrokortison, pramoksin, atau lidokain yang bekerja untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan. Obat-obatan ini dapat dibeli tanpa resep dokter di apotek terdekat.

2. Suppositoria

Suppositoria adalah obat-obatan yang dimasukkan ke dalam anus untuk mengobati wasir. Obat-obatan ini bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan meredakan rasa sakit. Beberapa suppositoria yang umum digunakan untuk mengobati wasir termasuk hydrocortisone dan bisacodyl.

3. Obat Pencahar

Obat pencahar dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah konstipasi yang dapat memperparah wasir. Beberapa obat pencahar yang umum digunakan untuk mengobati wasir adalah laktulosa, psyllium, dan metilselulosa.

4. Obat Anti-inflamasi

Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan wasir. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat anti-inflamasi untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Main Handphone Di Toilet Bikin Wasir?

5. Obat Herbal – Obat Wasir di Apotik

Obat herbal juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati wasir. Beberapa jenis obat herbal yang digunakan untuk mengobati wasir antara lain aloe vera, witch hazel, dan chamomile. Namun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Dalam menggunakan obat-obatan di atas, sebaiknya mengikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan atau mengikuti saran dari dokter. Selain itu, penting juga untuk mengikuti beberapa langkah pencegahan seperti menjaga pola makan yang sehat, menghindari duduk terlalu lama, dan menghindari konstipasi.

Jika wasir tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut. Dokter spesialis wasir yang bisa Anda temui adalah dr. Tony Sukentro, SpB, ahli wasir yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun dan sudah menangani  lebih dari 1000 pasien. Konsultasi dengan dr. Tony Sukentro melalui kontak berikut 0878-8756-6315  atau bisa langsung berkunjung ke Klinik ST Wasir Center.

Rate this post

1 Comment

  • Makasih ingfo nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *