61 views
Ciri-Ciri Ambeien Yang Patut Diwaspadai

Ambeien, atau yang juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi medis yang saat ini sangat umum terjadi bukan hanya pada orang dewasa, tetapi dapat dialami oleh remaja atau bahkan anak-anak. Hal ini terjadi ketika pembuluh darah di bagian bawah rektum atau anus membengkak dan meradang. Gejala yang biasa terjadi pada ambeien meliputi perdarahan saat buang air besar, rasa sakit atau ketidaknyamanan saat duduk,  dan gatal pada area sekitar anus. Untuk membantu Anda memahami ciri-ciri ambeien secara lebih rinci, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Ciri-Ciri Ambeien:

Pembengkakan

Salah satu ciri-ciri ambeien yang paling umum terjadi adalah adanya pembengkakan pada area sekitar anus. Biasanya, pembengkakan ini terlihat seperti benjolan kecil dan keras. Pembengkakan ini dapat terjadi baik di dalam maupun di luar anus. Biasanya penderita ambeien sulit mengenali pembengkakan ini jika pembengkakan tersebut terjadi di dalam anus. 

Nyeri

Orang yang mengalami ambeien atau wasir dapat merasakan nyeri dan ketidaknyamanan di daerah anus. Rasa sakit ini biasanya lebih terasa saat buang air besar atau ketika duduk untuk waktu yang lama. 

Perdarahan

Ambeien juga dapat menyebabkan perdarahan saat buang air besar atau biasa disebut wasir berdarah. Biasanya, darah yang keluar terlihat pada kertas toilet atau di dalam toilet. Warna darah yang keluar dapat beragam, dari merah cerah hingga merah tua. Penderita ambeien harus segera mewaspadai jika sudah mengalami ciri-ciri ini, jika perdarahan terjadi terus menerus dapat menyebabkan penyakit komplikasi lain seperti anemia.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Konstipasi? Faktor Utama Pemicu Wasir

Gatal sebagai ciri-ciri ambeien

Orang yang mengalami ambeien seringkali merasakan ciri-ciri ambeien yang gatal pada area sekitar anus. Gatal ini dapat disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan di sekitar anus atau karena kulit yang teriritasi.

Kesulitan buang air besar – salah satu ciri-ciri ambeien yang umum terjadi

Ambeien dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar. Seseorang yang mengalami ambeien mungkin merasa sulit untuk mengeluarkan tinja akibat dari adanya benjolan diluar atau didalam anus. Penderita ambeien juga terkadang merasa bahwa tinja masih ada di dalam rektum setelah buang air besar.

Sensasi terbakar 

Rasa nyeri terbakar pada penderita ambeien adalah perasaan seperti terkena paparan paans atau terbakar di sekitar anus. Sensasi ini dapat terjadi karena adanya iritasi atau inflamasi pada kulit di sekitar anus. Iritasi dapat terjadi karena gesekan atau karena kelembaban yang berlebihan di daerah tersebut. Gejala ini dapat mempengaruhi kualitas hidup penderitanya dan dapat membuat merasa tidak nyaman.

Peningkatan kepekaan

Orang yang mengalami ambeien juga dapat merasakan peningkatan kepekaan di sekitar anus. Sensitivitas yang meningkat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, sakit atau perih di sekitar anus. Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman saat duduk atau saat memakai pakaian dalam. Peningkatan kepekaan juga dapat membuat penderita ambeien lebih mudah teriritasi oleh faktor-faktor tertentu seperti cairan atau bahan kimia.

Dalam rangka mengelola ambeien, perlu diperhatikan beberapa hal penting seperti menghindari sembelit, makan makanan yang tinggi serat, dan menjaga area sekitar anus tetap bersih dan kering. Jika gejala yang Anda alami parah atau menetap, segera konsultasikan dengan dokter spesialis di ST Wasir Center untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *