37 views
Olahraga Aman untuk Penderita Wasir

Mungkin sering terlintas di benak anda, bolehkah penderita wasir olahraga? Sakit dan menyulitkan sering dialami penderita wasir. Tak jarang, saking sulitnya beraktivitas, penderita wasir jadi enggan berolahraga. Wasir atau dalam bahasa medis disebut hemoroid, merupakan suatu kondisi di mana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini seringkali teregang hebat, menipis, bahkan teriritasi. Para pengidap penyakit ini biasanya akan sulit untuk bergerak, berdiri, duduk, maupun berjalan.

Padahal, olahraga dapat membantu pemulihan maupun sebagai tindakan pencegahan wasir. Perlu diketahui, terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat membantu mengurangi keparahan gejala serta membantu agar wasir tidak terjadi lagi. Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis olahraga rersebut. Namun, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu mengenai kondisi kesehatan Anda pada dokter jika ingin sepenuhnya terhindar dari efek yang merugikan dan mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

 

Lakukan jenis olahraga ini untuk penderita wasir!

  1. Yoga

Faktanya, yoga bisa membantu melancarkan aliran darah dan merelaksasi otot-otot di seluruh bagian tubuh termasuk di bagian sphincter ani, saluran kecil antara ujung usus dan kulit di sekitar anus. Dengan melakukan yoga di bawah pengawasan instruktur yang ahli, keluhan ambeien yang Anda rasakan bisa sedikit membaik. Bahkan, risiko kambunya penyakit tersebut di kemudian hari juga dapat diminimalkan.

  1. Aerobik

Melakukan senam aerobik secara rutin bisa menjaga pergerakan usus agar tetap normal. Selain itu, jenis olahraga yang digandrungi khalayak ramai ini juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga peredarannya ke bagian anus juga akan lebih lancar. Ketika melakukan senam aerobik, tubuh akan mengalami peningkatan denyut jantung dan laju metabolisme. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih ‘cepat haus’ sehingga Anda jadi lebih banyak minum air putih. Pada akhirnya, hal tersebut akan mencegah konstipasi. Seperti yang diketahui, konstipasi atau sembelit adalah salah satu faktor risiko terjadinya wasir. Dengan kata lain, orang-orang yang tidak mengalami konstipasi memiliki risiko lebih rendah untuk terkena wasir.

  1. Senam Kegel, olahraga yang baik untuk penderita wasir

Selain berguna untuk menguatkan otot di bagian pelvis dan panggul, senam kegel juga baik untuk menghilangkan tekanan dari bagian bawah tubuh.  Anda bisa melakukan senam kegel dengan cara mengidentifikasi bagian otot panggul bawah terlebih dahulu. Caranya, coba hentikan keluarnya urine saat buat air kecil. Hal ini yang disebut dengan otot bawah panggul. Setelah itu, kosongkan kandung kemih dan ambil posisi berbaring. Kencangkan otot panggul dan tahan selama 5 detik, lalu lepaskan. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 4-5 kali setiap sesi.

Baca Juga:  Bolehkah Penderita Fistula Ani Mengonsumsi Kacang?

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *