29 views
Operasi Wasir di Makassar: Tempat dan Prosedur

Wasir, atau yang dikenal juga sebagai ambeien, merupakan kondisi umum yang terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan. Ini bisa menjadi masalah yang mengganggu dan menyakitkan bagi banyak orang. Untungnya, operasi wasir adalah salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi kondisi ini, terutama jika perawatan konservatif tidak memberikan hasil yang memuaskan. Sebagian masyarakat Makassar mungkin bertanya, dimana tempat operasi wasir di Makassar?

Dimana Operasi Wasir Makassar?

Bagi mereka yang tinggal di Makassar dan sekitarnya, mendapatkan perawatan untuk wasir tidaklah sulit. Kota ini memiliki berbagai fasilitas medis yang menyediakan layanan operasi wasir dengan berbagai tingkat kompleksitas. Beberapa tempat yang umumnya menawarkan operasi wasir di Makassar antara lain:

  1. RS SANDI KARSA Makassar: Sebagai salah satu rumah sakit rujukan utama di Makassar, RS SANDI KARSA MAKASAR menyediakan layanan bedah umum termasuk operasi wasir. Tim bedah yang berpengalaman di sini menawarkan berbagai prosedur yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasien.

Prosedur Operasi Wasir di Makassar

Prosedur operasi wasir dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi dan preferensi dokter yang menangani. Namun, beberapa prosedur umum yang sering dilakukan meliputi:

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah prosedur pengangkatan pembengkakan wasir. Dokter akan membuat sayatan di daerah sekitar wasir dan mengangkat jaringan yang membengkak. Prosedur ini umumnya dilakukan di bawah anestesi umum (sedasi) posisi pasien selama tindakan tidur ringan, dan akan dibangunkan kembali oleh dr anastesi setelah tindakannya selesai, di RS SANDI KARSA MAKASAR memiliki bebrapa metode yang digunakan untuk mengatasi wasir sesuai dengan kondisinya , yaitu :

  1. Well-c
    Metode yang digunakan untuk mengatasi wasir dalam, yang mempunyai keluhan bab berdarah, prosedurnya : wasir nya akan diikat dengan ligation , dan ikatanya itu akan putus dengan sendirinya dalam waktu seminggu.
  2. Radiofrekuensi
    Metode yang digunakan untuk mengatasi wasir grade 3 yang kondisi wasirnya sudah keluar, tapi masih bisa masuk Kembali, prosedurnya : wasir akan dikempeskan dengan panas dari gelombang radiofrekuensi tersebut
  3. Ultrasonic
    Metode yang digunakan untuk mengatasi wasir grade 3-4 yang kondisi wasirnya sudah keluar besar dan tidak bisa dimasukkan Kembali.
  4. Kombinasi well-c + radiofrekuensi
    Metode ini digunakan untuk mengatasi wasir yang kondisinya ada di dalam dan diluar nya dalam ukuran kecil, prosedurnya : wasir dalam nya akan diikat dengan wellc untuk mematikan arteri wasirnya dan wasir luarnya akan dikempeskan dengan radiofrekuensi
  5. Kombinasi well-c + ultrasonic
    Metode ini digunakan untuk mengatasi wasir dengan kondisi wasir dalam dan luarnya ukuran besar, prosedurnya : wasir dalam nya akan diikat dengan wellc untuk mematikan arteri wasirnya dan wasir luarnya akan dipotong menggunakan gelombang ultrasonic.
Baca Juga:  Apakah Wasir Bisa Bernanah?

Kelebihan dari metode-metode yang digunakan

  1. Minim sakit
  2. Minim perdarahan
  3. Tanpa jahitan
  4. Tanpa rawat inap
  5. Bisa langsung aktifitas
  6. Penyembuhan lukanya cepat

Sebelum menjalani operasi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan prosedur yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

Kesimpulan

Operasi wasir merupakan solusi efektif untuk mengatasi masalah wasir yang serius atau berulang. Di Makassar, terdapat berbagai fasilitas medis yang menyediakan layanan operasi wasir dengan standar kualitas yang baik. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani operasi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rencana perawatan yang sesuai.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *