72 views
Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan!

Operasi wasir menjadi salah satu pengobatan yang menakutkan bagi para penderita wasir, sehingga menjadi pengobatan yang dihindari. Pada zaman mesir kuno tepatnya di kota Papirus, operasi wasir dilakukan dengan menusuk jaringan wasir kemudian mengikatnya dengan benang wol yang tebal.

Tindakan ini sangat berisiko dan berbahaya, seiring berjalannya waktu metode operasi saat ini lebih sederhana, rendah risiko, dan efektif mengatasi wasir sampai tuntas. Namun, apakah harus menunggu wasir sampai memburuk sebelum operasi?

Mengenal Penyakit Wasir

Wasir adalah masalah yang bisa terjadi saat aliran pembuluh darah terhambat. Sehingga, bisa menyebabkan wasir baik di dalam maupun di luar dinding anus. Apabila benjolan sudah keluar atau prolaps, maka akan menyebabkan beberapa gejala seperti:

  1. Bagian anus nyeri, terutama saat duduk.
  2. Gatal dan panas pada bagian dubur.
  3. Menyebabkan perdarahan ketika BAB.
  4. Penderita mengalami sembelit bahkan diare.
  5. Penderita merasa tertekan, stress, pusing sampai demam.

Pengobatan Wasir Modern

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan! – Apabila sudah sangat mengganggu, pengobatan wasir tidak bisa hanya dengan pengobatan tradisional atau alami. Metode operasi menjadi salah satu pengobatan yang akan dokter sarankan untuk mengobati wasir yang pasien alami.

Operasi wasir selalu mempunyai makna negatif. Sehingga, sering dianggap menakutkan. Hal ini membuat para penderita wasir enggan melakukan operasi, meskipun wasir yang mereka alami sudah sangat parah.

Kurangnya edukasi masyarakat mengenai metode operasi sebagai pengobatan wasir, membuat masyarakat lebih memilih metode tradisional seperti metode pijat, atau menggunakan obat-obatan yang belum terbukti secara medis dapat mengobati wasir.

Baca Juga:  Mengatasi Gangguan Kualitas Hidup akibat Fistula Ani

Padahal, akibat dari kemajuan teknologi, saat ini kalian dapat menghilangkan/menyembuhkan wasir dengan metode yang simple, tidak menyakitkan, dan sudah teruji secara medis bisa mengatasi wasir. Berikut 3 metode medis untuk menyembuhkan wasir:

#1. Radiofrekuensi

Metode terbaru untuk mengobati wasir ini mempunyai efektivitas terapi mencapai 90% tanpa luka bakar. Metode radiofrekuensi ini memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi 4.0 Mhz. Pasien tidak akan merasakan panas ketika tindakan. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan dari metode ini, di antaranya:

  1. Mengurangi risiko kerusakan jaringan.
  2. Tanpa rawat inap, wasir kering sampai kepangkal.
  3. Pasien dapat langsung beraktivitas kembali ketika sudah melakukan tindakan.

#2. PILA

Injeksi Paran Ligasi Ambeien atau PILA adalah salah satu metode yang memanfaatkan alat ligase untuk menyuntik, mengikat, atau metode tindakan untuk pengobatan wasir. Selain itu, metode ini juga efektif untuk mengatasi wasir stadium 1, stadium 2, hingga stadium 3. Metode ini juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Tindakan sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 5-10 menit.
  2. Risiko rendah.
  3. Tidak membutuhkan rawat inap.
  4. Pasien dapat beraktivitas kembali.

#3. Laser

Menghilangkan wasir dengan metode operasi laser atau laser hemorrhoidoplasty. Metode ini menggunakan laser untuk mengempiskan jaringan pada benjolan. Cara ini sangat efektif bagi penderita yang tidak ingin operasi besar. Terdapat beberapa keunggulan metode laser, yaitu:

  1. Tanpa memotong jaringan hemoroid.
  2. Minimalkan rasa sakit.
  3. Tanpa sayatan/jahitan.
  4. Tanpa rawat inap.
  5. Pasien dapat beraktivitas kembali.

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan!

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan!

Bagaimana Menentukan Metode Yang Tepat?

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan! – Untuk mendapatkan metode yang tepat untuk menangani wasir, kalian dapat berkonsultasi dengan dokter ahli. Biasanya, dokter akan menganalisa penyakit wasir yang dialami pasien menggunakan alat anuscopy untuk mengetahui seberapa parah wasir yang pasien alami.

Baca Juga:  Sering Dianggap Wasir, Apa Itu Penyakit Fisura Ani?

Apabila hasil analisa sudah keluar, maka dokter akan berdiskusi dengan pasien untuk menentukan metode yang tepat. Terdapat beberapa hal yang harus kalian siapkan sebelum melakukan metode operasi wasir di atas, seperti:

  1. Kondisi fisik. Biasanya, pasien akan menyarankan puasa minimal 6 jam sebelum tindakan.
  2. Selain itu, petugas medis akan menyarankan pasien melakukan BAB sebelum tindakan.
  3. Pasien juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium lainnya, untuk memastikan tindakan operasi wasir aman untuk pasien.

Mitos Operasi Wasir Yang Salah

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan! – Terdapat beberapa mitos wasir yang beredar di masyarakat, namun mitos ini salah, di antaranya:

#1. Menyakitkan

Pembedahan operasi memang menyakitkan. Namun, dengan metode terkini tindakan pada wasir dapat dilakukan dokter tanpa memotong jaringan wasir sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang timbul pada pasien.

Dengan metode modern seperti laser hemorrhoidoplasty. Tindakan operasi bahkan dilakukan tanpa merusak. Sehingga nyeri dapat mengempis, tanpa rasa nyeri.

#2. Mahal

Metode operasi konvensional memang terkenal mahal, tetapi metode modern yang saat ini tidak hanya lebih rendah nyerinya. Namun, juga lebih terjangkau.

#3. Penyembuhan lama

Pada metode operasi konvensional, pemulihan pasca operasi berlangsung selama 1-2 minggu. Berbeda dengan metode modern seperti PILA (Paran Injection Ligation), Laser, dan Radiofrekuensi, setelah tindakan selesai, pasien dapat beraktivitas seperti biasanya.

Kapan Harus Operasi?

Satu hal yang harus diketahui penderita wasir adalah jangan menunggu wasir sampai parah untuk operasi. Apabila Anda melakukan operasi dengan tingkat keparahan ringan, maka operasi yang Anda jalani akan lebih sederhana. Seperti, tindakan PILA yang biasa untuk operasi wasir stadium awal. Selain itu, tingkat risikonya lebih rendah, dan tidak akan mengalami komplikasi wasir.

Prosedur Operasi Wasir

Pasien akan dokter berikan bius lokal yang mengandung obat penenang sebelum operasi. Terkadang, pasien juga diberi bius spinal atau bius umum, tergantung kondisi masing-masing pasien. Pada prosedur hemoroidektomi, dokter memulai rehabilitasi dengan membuat sayatan di jaringan sekitar tumbuhnya benjolan wasir. Pembedahan dilakukan dengan menggunakan pisau (pisau bedah), alat lisitrik (pensil kauter), atau laser.

Baca Juga:  Rumah Sakit Operasi Wasir di Bekasi

Pembuluh darah yang bengkak di dalam wasir dingin untuk mencegah perdarahan, kemudian diangkat. Setelah itu, dokter menutup area bedah dengan jahitan atau dibiarkan terbuka. Kemudian, kasa obat dipasangkan untuk menutup luka.

Sedangkan pada prosedur hemorrhoidopexy, dokter menggunakan alat staples melingkar untuk mengangkat jaringan wasir. Dalam prosedur ini, wasir yang sudah prolaps atau keluar akan diangkat kemudian dijepit kembali ke tempatnya di lubang anus.

Pemulihan Setelah Operasi

Operasi Wasir Ternyata Tidak Menakutkan! – Setelah operasi biasanya rasa sakit masih terasa terutama ketika menutup, jongkok, dan berpindah posisi dari berdiri ke posisi duduk. Karena itu, minimalkan aktivitas yang menyakitkan, terutama beberapa hari pertama setelah operasi.

Rasa tidak nyaman biasanya terasa selama 2–3 minggu. Sebagian pasien membaik di akhir minggu pertama. Namun, kalian mungkin membutuhkan waktu 3-6 minggu untuk beristirahat hingga kondisi benar-benar pulih dan dapat beraktivitas kembali seperti semula.

Untuk kondisi membantu kalian, dokter biasanya memberikan obat penghilang rasa sakit, seperti acetaminophen, aspirin atau ibuprofen. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat pencahar, obat pelunak feses, atau keduanya untuk mencegah BAB keras.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *