62 views
Biaya Operasi Ambeien Terjangkau

Biaya Operasi Ambeien Terjangkau – Dalam istilah medis, ambeien disebut hemoroid. Kata ini berasal dari bahasa Latin, yaitu haima artinya “darah” dan rhoos artinya “aliran”. Setiap orang terlahir dengan hemoroid, yaitu struktur vaskular di sekitar anus yang untuk mengontrol BAB. Penyakit ambeien adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah di dalam rektum maupun di bagian luar (anus) sehingga menyebabkan rasa nyeri, gatal, dan pendarahan.

Pembesaran pembuluh darah di dalam rektum disebut hemoroid internal, sedangkan apabila terjadi di bawah kulit sekitar anus disebut hemoroid eksternal. Pada hemoroid internal, bisa terjadi prolaps (turun) sehingga menonjol ke luar anus. Gejala penyakit ini bisa membaik dengan pengobatan sendiri di rumah. Tetapi, sebagian pasien memerlukan pengobatan medis di rumah sakit atau klinik, termasuk operasi. Berapa biaya operasi dan apa saja prosedurnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Faktor Penyebab Ambeien

Biaya Operasi Ambeien – Ada beberapa faktor pemicu timbulnya masalah ambeien, di antaranya:

A. Faktor Kebiasaan

  1. Mengejan terlalu keras saat defekasi atau buang air besar.
  2. Terlalu lama duduk.
  3. Berat badan berlebih (obesitas).
  4. Mengonsumsi makanan rendah serat.

B. Faktor Fisiologis

  1. Diare jangka panjang.
  2. Hamil
  3. Pembuluh darah tipis dan lemah.
  4. Tidak ada katup di area vena anorektal dan kurangnya sokongan otot dan fasi di sekitar pleksus hemorrhoidalis.
  5. Usia bertambah.
  6. Semua kondisi yang menyebabkan tekanan di rongga perut, seperti penderita hipertrofi prostage.
  7. Bendungan di peredaran darah portal.
  8. Radang yang menyebabkan vitalitas jaringan berkurang
Baca Juga:  Alasan Kita Harus Mewaspadai Abses Anal

Pentingnya Pengobatan Ambeien

Biaya Operasi Ambeien – Ambeien dibedakan menjadi dua jenis, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal. Perbedaan kedua jenis ambeien ini terletak di lokasi pembuluh darah yang mengalami pelebaran. Ambeien internal adalah peradangan di dalam bagian bokong. Sedangkan ambeien eksternal adalah pembengkakan pembuluh yang ada di bagian luar. Operasi ambeien dilakukan apabila ada hemoroid eksternal yang besar atau hemoroid internal yang sudah keluar dari dinding rektum ke anus.

Ambeien terbagi dalam beberapa tingkatan, tergantung tingkat keparahan dan benjolan ambeien. Pada tingkat rendah, yaitu tingkat I dan II, biasanya ambeien bisa pasien atasi dengan terapi obat. Pada kondisi yang parah, harus dilakukan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi peradangan, salah satunya tindakan operasi. Apabila gejala ambeien semakin parah dan terjadi perdarahan, sebaiknya segera berobat ke rumah sakit untuk mengetahui penyebab dan tindakan medis yang dapat dilakukan.

Kenapa Operasi Ambeien Harus Dilakukan?

Biaya Operasi Ambeien – Tujuan operasi ambeien yaitu untuk menghilangkan atau membuat ambeien mengecil. Operasi ini dilakukan dengan cara:

  1. Mengangkat ambeien
  2. Mengurangi pasokan darah yang mengalir ke ambeien

Dokter akan menentukan pengobatan ambeien berdasarkan tingkat keparahannya. Ciri-ciri ambeien yang harus dioperasi yaitu:

  1. Ambeien eksternal telah mengalami iritasi atau infeksi
  2. Benjolan ambeien parah dan sangat mengganggu kehidupan pasien.
  3. Ambeien derajat 3, 4, atau campuran ambeien internal dan eksternal yang bergejala
  4. Kondisi ambeien yang tidak lekas sembuh meskipun sudah diobati.
  5. Gejala ambeien muncul bersamaan dengan penyakit anus lain, yang membutuhkan pembedahan
  6. Benjolan ambeien muncul lebih dari satu
  7. Terjadi komplikasi

biaya operasi ambeien terjangkau

Biaya Operasi Ambeien

Persiapan Sebelum Operasi Ambeien

  1. Menjalani pemeriksaan medis dan berkonsultasi dengan dokter bedah tentang pilihan operasi
  2. Mendiskusikan manfaat dan risiko operasi.
  3. Memberitahu dokter jika sedang hamil
  4. Memberitahu dokter tentang obat-obatan yang rutin pasien konsumsi karena ada beberapa obat yang harus dihentikan sebelum operasi, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau obat pengencer darah.
  5. Berhenti merokok minimal dua minggu sebelum operasi karena dapat memperlambat penyembuhan luka bekas operasi
  6. Sebelum operasi, pasien sebaiknya mengonsumsi makanan ringan dan tidak berminyak.
  7. Sehari sebelum operasi, pasien harus membersihkan usus dengan magnesium sitrat di sore hari atau enema natrium fosfat di malam hari dan satu jam sebelum berangkat ke rumah sakit.
  8. Pasien hanya boleh minum air putih sampai empat jam sebelum operasi, kemudian berpuasa
  9. Menggunakan pakaian yang nyaman dan mempersiapkan barang-barang pribadi apabila harus menjalani rawat inap.
Baca Juga:  Jenis Buah yang Cocok untuk Penderita Wasir

Cara BAB Pasca Operasi Ambeien

Biaya Operasi Ambeien – Biasanya, pasien bisa BAB pada hari ketiga sejak operasi. Apabila mengalami sembelit, pasien bisa menerapkan beberapa langkah di berikut ini:

  1. Belajar mengejan sedikit demi sedikit
  2. Banyak mengonsumsi sayur dan buah
  3. Penuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum
  4. Kurangi makanan seperti daging
  5. Gunakan obat pelancar BAB, namun jangan lupa tanyakan terlebih dahulu kepada dokter. Apabila pasien tetap tidak bisa BAB, segera konsultasi dengan dokter.

Masa pemulihan

Biaya Operasi Ambeien – Masa pemulihan luka setelah operasi ambeien tergantung proses pemulihan yang pasien jalani. Pemulihan bisa berlangsung 1-6 minggu, tergantung jenis operasinya.

Untuk tindakan yang membatasi pasokan darah ke ambeien, biasanya membutuhkan waktu pemulihan selama beberapa hari sesudah ambeien terlepas. Sedangkan luka operasi bisa memakan waktu 1-2 minggu sampai sembuh total.

Sedangkan waktu pemulihan operasi pengangkatan ambeien bervariasi. Biasanya, membutuhkan waktu 1-3 minggu hingga pasien pulih total.

Biaya Operasi Ambeien Terjangkau

Biaya Operasi Ambeien Terjangkau – Biaya operasi ambeien tentunya tidak sedikit. Hal ini karena operasi ambeien memerlukan tindakan medis yang berkaitan dengan pembedahan. Oleh karena itu, sebelum melakukan operasi ambeien di rumah sakit, penderita perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya operasi ambeien relatif bervariasi, tergantung tipe dan lokasi rumah sakit. Setiap rumah sakit dan daerah tertentu pasti mempunyai peraturan masing-masing dalam menetapkan harga. Meskipun tindakan operasinya sama, tetap ada keputusan rumah sakit di dalamnya yang memengaruhi harga operasi.

Harus diingat, selain biaya operasi, kalian juga harus menyiapkan dana untuk biaya-biaya lain, seperti kamar rawat inap, obat-obatan, dan konsultasi dengan dokter, baik sebelum maupun setelah keluar dari ruang bedah. Pemilihan tipe kamar juga akan mempengaruhi total biayanya.

Baca Juga:  Obat Herbal Untuk Ambeien Kecil

Biaya operasi ambeien di rumah sakit, tanpa alat tambahan berkisar Rp4.000.000-8.000.000. Sedangkan jika memerlukan tambahan alat, biayanya berkisar Rp10.000.000-30.000.000.

Itulah jenis-jenis operasi ambeien dan kisaran biayanya. Apabila kondisi ambeien kalian semakin memburuk, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *