11 views
Pengobatan Apa Yang Harus Dilakukan Jika Terkena Wasir?

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi medis yang umum terjadi di mana pembuluh darah di area rektum dan anus menjadi meradang atau membengkak. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, gatal, atau perdarahan saat buang air besar. Jika Anda mengalami wasir, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pengobatan wasir.

Faktor Pendukung Pengobatan Wasir

Berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda ikuti:

Perhatikan pola makan

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberadaan atau keparahan wasir adalah pola makan yang tidak sehat. Konsumsilah makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal. Serat membantu meningkatkan konsistensi tinja, sehingga memudahkan proses buang air besar dan mengurangi tekanan pada daerah rektum.

Jaga kebersihan area anal

Membersihkan area anal dengan lembut menggunakan air hangat setelah buang air besar dapat membantu meredakan gejala wasir. Hindari penggunaan tisu toilet yang kasar atau menggosok area yang terkena. Anda juga bisa menggunakan kain lembut atau tisu basah yang bebas alkohol untuk membersihkan.

Hindari menggaruk untuk mempercepat pengobatan wasir

Meskipun gatal pada area anal bisa sangat mengganggu, hindari menggaruk karena dapat memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi. Gunakan krim atau salep yang direkomendasikan oleh dokter untuk mengurangi gatal.

Perbanyak minum air

Memperbanyak asupan air dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga tinja agar tetap lunak. Hal ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area rektum dan membantu mengurangi peradangan.

Baca Juga:  Mengatasi Bisul untuk Mencegah Terbentuknya Fistula Ani

Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, terutama pada permukaan yang keras, dapat meningkatkan tekanan pada daerah rektum. Jika Anda harus duduk dalam waktu yang lama, pastikan untuk berdiri atau berjalan sejenak setiap beberapa saat untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah sembelit.

Kompres dingin

Jika Anda mengalami nyeri atau bengkak, Anda dapat menggunakan kompres dingin pada area yang terkena. Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala.

Pengobatan wasir melalui konsultasi dengan dokter

Jika gejala wasir tidak membaik setelah melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran lebih lanjut, mungkin meresepkan obat yang sesuai, atau bahkan merekomendasikan prosedur medis jika diperlukan.

Pengobatan Wasir Secara Medis Yang Dapat Dilakukan

Beberapa prosedur medis yang umum dilakukan untuk mengatasi wasir yang parah termasuk:

  1. Skleroterapi: Prosedur ini melibatkan penyuntikan zat kimia kecil ke dalam pembuluh darah wasir untuk menyebabkan pengeringan dan penyusutan pembuluh darah.
  2. Ligasi pembuluh darah: Metode ini melibatkan penggunaan alat khusus untuk mengikat atau mengikatkan pembuluh darah wasir guna menghentikan aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah tersebut menyusut dan akhirnya hilang.
  3. Koagulasi inframerah: Dalam prosedur ini, sinar inframerah digunakan untuk mengkoagulasi atau membekukan pembuluh darah wasir, sehingga mengurangi aliran darah ke pembuluh darah tersebut dan mengurangi ukurannya.
  4. Hemoroidektomi: Prosedur pembedahan ini dilakukan dalam kasus wasir yang parah dan melibatkan pengangkatan wasir secara fisik.
Baca Juga:  5 Cara Menghindari Wasir Setelah Liburan Panjang

Penting untuk dicatat bahwa setiap kasus wasir berbeda, dan pendekatan pengobatan akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan dan gejala yang dialami. Jadi, selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan rencana pengobatan yang sesuai.

Selain itu, penting juga untuk diingat bahwa pencegahan adalah langkah terbaik untuk mengatasi wasir.

Pencegahan Wasir

Beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ambil termasuk:

  • Menghindari sembelit dengan menjaga pola makan sehat yang kaya serat, minum banyak air, dan menjaga gaya hidup aktif.
  • Hindari menunda keinginan buang air besar.
  • Menggunakan toilet dengan benar, yaitu tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Menghindari mengangkat beban yang berat.
  • Menjaga kebersihan area anal dengan lembut dan hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia yang keras.
  • Menghindari duduk terlalu lama dalam posisi yang tidak nyaman.

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini dan mencari perawatan medis yang tepat jika diperlukan, Anda dapat mengelola wasir dengan baik dan mengurangi gejala yang Anda alami.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *