18 views
Penuaan Ternyata Jadi Salah Satu Penyebab Wasir Kambuh

Apakah Anda sering mempertanyakan apa penyebab wasir yang sering kambuh, padahal sudah diobati dengan benar? Apalagi jika Anda sudah merubah pola makan, mencoba obat-obatan di apotek, hingga menjalani pengobatan tradisional untuk mencegah penyakit ini kambuh lagi. Apakah Anda tahu bahwa penuaan bisa jadi penyebab wasir?

Wasir terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di bagian rektum atau anus. Walau wasir dapat terjadi karena alasan lain, gelajanya secara umum adalah karena adanya peningkatan tekanan di area rektum yang membuat pembengkakan terjadi.

Pembengkakan ini biasanya terjadi karena kehamilan, kelebihan berat badan, hingga terlalu mengejan saat buang air besar. Pada usia paruh baya, ambeien dapat jadi salah satu keluhan yang berkepanjangan.

Lalu bagaimana jika wasir terus kambuh? Tentunya hal ini sangat mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, ‘kan? Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab wasir kambuh.

JENIS AMBEIEN

Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, ambeien terletak di bawah selaput lendir dan melapisi rektum dan anus. Ketika ambeien mengalami pembengkakan, maka pembuluh ini akan membesar dan membuat rasa sakit serta nyeri.

Ada dua jenis ambeien yang ada yaitu internal, yang muncul di bagian bawah rektum dan eksternal yang muncul di bawah kulit sekitar anus. Biasanya ambeien eksternal ini yang paling tidak nyaman karena kulit akan mengalami iritasi.

Sementara itu, untuk ambeien internal biasanya tidak akan terasa sakit saat berdarah. Ambeien ini juga bisa menonjol atau keluar dari anus.

Baca Juga:  Cara Mudah Mengobati Wasir: Panduan Lengkap

PENYEBAB WASIR KAMBUH

1. Penuaan Menjadi Penyebab Wasir 

Ambeien memang paling sering terjadi pada orang dewasa yang memiliki usia 45 hingga 65 tahun. Seiring bertambahnya usia, maka jaringan ikat di rektum dan anus akan makin melemah.

Inilah yang membuat ambeien berpotensi muncul kembali atau kambuh. Namun, hal ini bukan jadi patokan bagi orang yang berumur lebih muda atau anak-anak tidak mengalaminya.

2. Diare

Salah satu penyebab ambeien dapat kambuh lagi adalah setelah Anda mengalami diare kronis. Biasanya diare yang parah akan meningkatkan risiko iritasi dan pembengkakan pada ambeien yang menyebabkan rasa terbakar dan nyeri. Anda bisa mengonsumsi obat diare atau pergi ke dokter jika diare yang Anda alami membuat tubuh lemas dan dehidrasi.

4. Sembelit Kronis

Sembelit akan membuat feses jadi sulit dikeluarkan karena teksturnya yang keras. Sehingga orang yang mengalami sembelit akan mengejan dengan keras saat buang air besar.

Hal inilah yang membuat dinding pembuluh darah mendapatkan tekanan yang besar. Salah satu alternatif mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi serat dan minum air yang cukup agar tidak mengalami sembelit.

5. Terlalu Lama Duduk

Duduk terlalu lama di posisi yang sama juga akan membuat Anda mengalami ambeien kembali. Biasanya ini terjadi jika duduk atau jongkok terlalu lama di toilet. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti posisi duduk selama beberapa menit sekali.

6. Mengangkat Benda Berat

Ada kalanya seseorang mengangkat benda yang berat daripada biasanya, apalagi jika sedang pindah atau membersihkan rumah. Namun ternyata mengangkat benda berat terlalu sering akan membuat ambeien kambuh secara tak terduga.

Jika ambeien Anda kambuh, maka Anda bisa mencari tahu penyebabnya dari beberapa penjelasan di atas. Namun, Anda juga bisa mencegahnya datang lagi dengan tidak melakukan berbagai hal yang jadi penyebab ambeien.

Baca Juga:  Apa itu Fisura Ani: Kenali Gejala dan Penyebabnya

Namun, jika Anda ingin mengobati ambeien dengan cepat maka Anda bisa mencoba mengunjungi ST Wasir Center. Di sini Anda akan mendapatkan layanan terbaik untuk pasien dan keluarga. Di ST Wasir Center, Anda akan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah yang memiliki 15 tahun pengalaman dan menangani 1000 kasur ambeien.

Tentunya ini akan membantu Anda dalam mengobati ambeien yang kambuh.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *