998 views
Penyebab Ambeien Keluar Cairan Bau dan Cara Mencegahnya

Ambeien adalah kondisi yang sering terjadi dan dapat mempengaruhi orang dari berbagai kelompok usia. Penyebab ambeien keluar cairan bau adalah salah satu gejala yang mungkin mengindikasikan adanya komplikasi atau infeksi. Simak artikel ini untuk penjelasan terkait penyebab hingga cara mengatasinya.

Apa Penyebab Ambeien Keluar Cairan Bau?

  1. Infeksi

Salah satu penyebab umum keluarnya cairan berbau dari ambeien adalah infeksi. Infeksi dapat terjadi ketika bakteri masuk ke dalam pembuluh darah yang terinfeksi atau ketika kondisi ambeien meradang. Infeksi ini sering disebut sebagai abses anal, yang dapat menyebabkan keluarnya cairan berwarna dan berbau.

  1. Peradangan

Pembengkakan dan peradangan pada ambeien dapat menghasilkan keluarnya cairan. Peradangan pada pembuluh darah yang terganggu dapat menyebabkan cairan mengumpul di area tersebut dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

  1. Gatal-gatal

Pada beberapa kasus, keluarnya cairan berbau dari ambeien dapat disebabkan oleh gatal-gatal yang hebat. Gatal-gatal ini dapat menyebabkan penderita menggaruk area yang terkena, yang pada gilirannya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan keluarnya cairan berbau.

Tanda-Tanda Dan Gejala Lainnya

Selain keluarnya cairan berbau, ambeien juga dapat menyebabkan gejala lain seperti:

  • Rasa nyeri atau tidak nyaman di sekitar anus.
  • Gumpalan darah atau darah segar pada tinja.
  • Gatal-gatal di sekitar anus.
  • Pembengkakan atau benjolan di sekitar anus.
  • Kesulitan buang air besar.

Pencegahan Dan Pengobatan

Untuk mencegah keluarnya cairan berbau dari ambeien, beberapa langkah pencegahan dan pengobatan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan area anus dengan membersihkannya secara lembut setelah buang air besar.
  • Menghindari menggaruk area yang terkena ambeien.
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat dan menjaga kecukupan cairan untuk mencegah sembelit.
  • Menggunakan bantuan obat-obatan yang diizinkan oleh dokter untuk mengurangi gejala ambeien seperti nyeri dan peradangan.
Baca Juga:  5 Obat Alami Ambeien Yang Ampuh dan Mudah digunakan

Selain itu, pengobatan untuk ambeien yang mengeluarkan cairan berbau juga dapat melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Penggunaan krim atau salep topikal: Krim atau salep yang mengandung zat pereda nyeri dan antiinflamasi dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan gejala yang terkait dengan ambeien.
  • Obat oral: Dokter juga dapat meresepkan obat oral seperti supositoria atau tablet untuk membantu mengurangi gejala ambeien, termasuk cairan berbau.
  • Sitz bath: Menggunakan bak mandi kecil yang diisi dengan air hangat untuk merendam area dubur dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan, serta membersihkan area yang terkena.
  • Perubahan gaya hidup: Menerapkan perubahan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi serat, minum cukup air, berolahraga teratur, dan menghindari mengejan saat buang air besar dapat membantu mencegah dan mengurangi gejala ambeien.

Komplikasi Yang MungkinTerjadi

Jika tidak ditangani dengan baik, ambeien yang mengeluarkan cairan berbau dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi meliputi:

  • Abses

Infeksi yang tidak diobati dapat menyebabkan pembentukan abses. Abses adalah kantong berisi nanah yang terbentuk di dalam jaringan tubuh. Mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, pembengkakan, dan demam.

  • Fistula

Fistula adalah saluran abnormal yang terbentuk antara dua organ atau antara organ dan permukaan kulit. Dalam kasus ambeien yang terinfeksi, fistula dapat terbentuk antara saluran anus dan kulit di sekitarnya. Ini dapat menyebabkan peradangan yang persisten, keluarnya cairan berbau, dan rasa sakit yang berkepanjangan.

  • Trombosis vena hemoroid

Pada beberapa kasus, pembuluh darah yang membengkak di ambeien dapat membentuk gumpalan darah. Ini dikenal sebagai trombosis vena hemoroid. Gejalanya termasuk nyeri yang parah, pembengkakan, dan peningkatan keluarnya cairan berbau. Trombosis vena hemoroid sering memerlukan penanganan medis segera.

Baca Juga:  Kenapa Seseorang Bisa Terkena Ambeien?

Kapan Harus Mencari Perawatan Medis?

Jika Anda mengalami keluarnya cairan berbau dari ambeien, sebaiknya segera mencari perawatan medis. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin merekomendasikan tes tambahan seperti sigmoidoskopi atau kolonoskopi untuk mengevaluasi kondisi lebih lanjut. Mereka juga dapat meresepkan obat-obatan atau prosedur medis yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan dan penyebabnya.

Tindakan pencegahan:

Untuk mencegah keluarnya cairan berbau dari ambeien, beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ikuti adalah:

  • Jaga kebersihan: Setelah buang air besar, bersihkan area dubur dengan lembut menggunakan air hangat dan tisu toilet lembut. Hindari penggunaan tisu toilet yang kasar atau beraroma karena dapat mengiritasi kulit.
  • Perhatikan pola buang air besar: Hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar. Jika Anda mengalami sembelit, tambahkan serat dalam diet Anda dan pastikan Anda minum cukup air.
  • Hindari menggaruk: Meskipun gatal-gatal dapat terjadi di area yang terkena ambeien, hindari menggaruknya karena dapat memperburuk iritasi dan infeksi. Jika gatal parah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
  • Pertahankan pola hidup sehat: Diet seimbang yang kaya serat dapat membantu mencegah sembelit dan memperbaiki kesehatan saluran pencerna. Minumlah cukup air setiap hari untuk menjaga kelembapan dan memperlancar proses pencernaan. Selain itu, penting untuk menjaga aktivitas fisik teratur dan menghindari gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko ambeien, seperti duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat secara berlebihan.
  • Gunakan bantuan obat-obatan: Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meresepkan obat-obatan seperti supositoria atau krim topikal yang mengandung bahan antiinflamasi atau zat pereda nyeri. Penggunaan obat-obatan ini dapat membantu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, dan mengendalikan keluarnya cairan berbau.
  • Kunjungi dokter secara teratur: Jika Anda memiliki riwayat ambeien atau gejala yang berulang, penting untuk menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan berkala dan memberikan pengobatan atau saran yang diperlukan untuk mengendalikan kondisi ambeien dan mencegah komplikasi lebih lanjut
Baca Juga:  4 Jenis Ambeien dan Ciri-cirinya

Kesimpulan

Keluarnya cairan berbau dari ambeien adalah gejala yang perlu diperhatikan dan membutuhkan penanganan medis yang tepat. Infeksi, peradangan, dan gatal-gatal yang parah dapat menjadi penyebab utama keluarnya cairan berbau ini. Penting untuk mencari perawatan medis jika mengalami gejala ini dan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang dianjurkan untuk mencegah ambeien dan mengurangi risiko komplikasi. Konsultasikan dengan dokter spesialis di Klinik ST Wasir Center untuk diagnosis yang akurat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup sehat, Anda dapat mengelola ambeien dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *