49 views
Penyebab Trombus Pada Wasir

Wasir, yang juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di area rektum dan anus mengalami pembengkakan atau peradangan. Salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada wasir adalah pembentukan trombus, yang dapat menyebabkan rasa nyeri yang signifikan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan penanganan terbaik dari kondisi trombus yang terjadi pada wasir. Maka dari itu, yuk simak baik-baik artikel berikut ini!

Apa itu Trombus pada Wasir?

Trombus adalah penggumpalan darah yang terjadi di dalam pembuluh darah. Ketika darah membeku dalam pembuluh darah yang terletak di dalam atau di sekitar wasir, ini dapat menyebabkan trombus pada wasir. Trombus ini dapat terjadi baik pada wasir dalam (internal) maupun wasir luar (eksternal).

Penyebab Terjadinya Trombus pada Wasir

1. Tekanan Berlebihan

Tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di sekitar rektum dan anus dapat menyebabkan darah terjebak dan membentuk trombus pada wasir. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti konstipasi kronis, kehamilan, atau duduk terlalu lama.

2. Trauma atau Cedera

Wasir yang sudah ada bisa mengalami cedera atau trauma akibat gesekan atau tekanan berlebihan saat buang air besar. Ini dapat memicu pembentukan trombus pada wasir, terutama pada wasir eksternal.

Baca Juga:  Wasir Akut dan Kronis: Penyakit yang Meresahkan dan Perlunya Perhatian Medis

Gejala dan Tanda-tanda Trombus pada Wasir

Ketika trombus terbentuk pada wasir, beberapa gejala yang mungkin muncul antara lain:

1. Nyeri yang Tiba-tiba dan Intens

Pembentukan trombus pada wasir seringkali menyebabkan nyeri yang tiba-tiba dan sangat intens. Rasa nyeri ini bisa terasa seperti tonjolan yang sangat sensitif dan memicu rasa tidak nyaman.

2. Pembengkakan dan Kemerahan

Area sekitar wasir mungkin mengalami pembengkakan yang signifikan dan perubahan warna menjadi kemerahan atau keunguan.

3. Perdarahan

Meskipun tidak semua kasus trombus pada wasir menyebabkan perdarahan, tetapi ada kemungkinan terjadinya pendarahan ringan.

4. Rasa Gatal atau Tidak Nyaman

Selain nyeri, seseorang juga mungkin merasakan gatal, terbakar, atau rasa tidak nyaman di area sekitar anus.

Pengobatan dan Penanganan Trombus pada Wasir

1. Obat-obatan

Dokter dapat meresepkan obat penghilang rasa nyeri atau salep untuk membantu mengurangi gejala seperti nyeri dan peradangan.

2. Prosedur Medis

Dalam beberapa kasus yang parah, dokter dapat melakukan prosedur medis seperti pengangkatan trombus atau pembedahan untuk menghilangkan wasir yang terkena trombus.

3. Perubahan Gaya Hidup

Menerapkan perubahan gaya hidup, seperti meningkatkan asupan serat, minum banyak air, dan menghindari tekanan berlebih pada area rektum dapat membantu mencegah kambuhnya wasir atau trombus.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai penyebab dan penanganan trombus yang terjadi pada kondisi wasir. Trombus pada wasir bisa menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman dan menyakitkan. Penting untuk mencari perawatan medis jika mengalami gejala-gejala tersebut, karena perawatan dini dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Menjaga gaya hidup sehat, termasuk mengonsumsi makanan berserat tinggi dan menjaga kebersihan area rektum, dapat membantu mengurangi risiko terjadinya wasir dan komplikasinya, termasuk trombus pada wasir.

Baca Juga:  Benarkah Kelebihan Berat Badan (obesitas) dapat Menyebabkan Wasir?  

Apabila Anda membutuhkan penanganan terbaik dari kondisi tersebut, Anda dapat menghubungi atau mengunjungi ST Wasir Center agar mendapatkan penanganan langsung dari profesional medis di bidangnya. Selain itu, di ST Wasir Center, segala penanganan Anda akan menggunakan alat ataupun teknologi terkini yang mampu mempermudah proses penyembuhan Anda. Jadi, apabila Anda merasakan gejala seperti wasir/ambeien, fistula ani, fisura ani, hingga abses perianal, Anda dapat langsung menghubungi atau mengunjungi ST Wasir Center yang terletak di dua tempat yaitu Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan RS Graha Juanda Bekasi.

Anda membutuhkan informasi lebih yang berhubungan dengan wasir, fistula ani, fisura ani, atau abses perianal? Anda dapat mengunjungi website ST Wasir Center di www.stwasir.com atau dengan mengunjungi Instagram ST Wasir Center di @stwasircenter

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *