73 views
Apakah Operasi Wasir Sakit?

Ambeien, atau yang sering disebut wasir, merupakan kondisi yang umum terjadi di kalangan masyarakat. Meskipun banyak kasus ambeien dapat diatasi melalui perubahan gaya hidup dan pengobatan konservatif, ada situasi di mana operasi ambeien menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi banyak orang yang mempertanyakan, apakah operasi ambeien atau wasir memiliki rasa sakit kepada tubuh? Maka dari itu, dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang perlu diketahui tentang operasi ambeien, termasuk prosedur, manfaat, dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani operasi ini.

Prosedur Operasi Ambeien

Operasi ambeien atau hemoroidectomy adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk menghilangkan ambeien yang parah atau kronis. Beberapa jenis operasi ambeien yang umum meliputi:

1. Hemorrhoidectomy Konvensional

Ini adalah metode paling umum di mana dokter bedah mengangkat ambeien secara fisik. Prosedur ini dapat dilakukan dengan anestesi umum atau anestesi lokal.

2. Skleroterapi

Prosedur ini melibatkan penyuntikan zat kimia ke dalam ambeien untuk menyusutkannya. Metode ini lebih umum digunakan untuk ambeien ringan.

3. Ligasi

Dalam prosedur ini, dokter menggunakan alat untuk mengikat pangkuan ambeien, memotong pasokan darahnya, dan akhirnya membuatnya menyusut.

Baca Juga:  Prolaps adalah Penanda Wasir Stadium 1 Hingga 4

Manfaat Operasi Ambeien

1. Mengatasi Ambeien Kronis

Operasi ambeien menjadi pilihan ketika kondisi ambeien sudah mencapai tingkat keparahan yang tidak dapat diatasi dengan perawatan konservatif.

2. Mengurangi Gejala Yang Mengganggu

Operasi ambeien dapat membantu mengurangi atau menghilangkan gejala seperti nyeri, perdarahan, dan rasa tidak nyaman yang sering terkait dengan ambeien.

3. Mencegah Komplikasi Serius

Dalam beberapa kasus, ambeien yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius seperti trombosis hemoroid atau prolapsus rektum. Operasi ambeien dapat mencegah perkembangan komplikasi ini.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Operasi Ambeien

1. Konsultasi Medis

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk menjalani operasi ambeien. Dokter akan mengevaluasi tingkat keparahan kondisi dan memberikan saran tentang jenis operasi yang paling sesuai.

2. Pilihan Perawatan Alternatif

Sebelum memilih operasi, pasien harus mencoba pengobatan konservatif seperti perubahan gaya hidup, diet tinggi serat, dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

3. Risiko dan Efek Samping

Seperti semua prosedur bedah, operasi ambeien memiliki risiko dan efek samping. Pasien perlu memahami risiko ini dan berdiskusi secara terbuka dengan dokter.

4. Waktu Pemulihan

Pasien harus memahami periode pemulihan setelah operasi ambeien dan bersiap untuk mengikuti petunjuk dokter terkait perawatan pascaoperasi.

Apakah Operasi Wasir Sakit?

Operasi ambeien atau hemorrhoidectomy umumnya dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan selama beberapa hari setelah operasi. Rasa sakit ini bisa cukup intens, terutama selama minggu pertama pascaoperasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat nyeri setelah operasi ambeien meliputi:

1. Jenis Operasi

Metode operasi yang lebih invasif atau konvensional dapat menyebabkan tingkat nyeri yang lebih tinggi. Untuk mengurangi rasa sakit konsultasikan dengan dokter bedah untuk menggunakan metode minimal invasif.

Baca Juga:  Rahasia Mengatasi Gatal Setelah Operasi Wasir

2. Keparahan Ambeien Sebelum Operasi

Jika ambeien sangat parah sebelum operasi, kemungkinan rasa sakit setelah operasi juga dapat meningkat.

3. Tingkat Ketahanan Nyeri Individu

Tingkat toleransi terhadap nyeri dapat bervariasi antar individu. Beberapa orang mungkin mengalami lebih sedikit ketidaknyamanan daripada yang lain.

Meskipun rasa sakit adalah efek samping umum setelah operasi ambeien, dokter akan meresepkan obat penghilang rasa sakit untuk membantu mengelola nyeri pasca operasi. Pasien juga mungkin diberi rekomendasi untuk mengonsumsi obat antiinflamasi atau pereda nyeri sesuai petunjuk dokter.

Selain itu, perlu diingat bahwa tingkat kenyamanan pascaoperasi juga dapat dipengaruhi oleh sejauh mana pasien mengikuti petunjuk perawatan pasca operasi, termasuk menjaga area operasi tetap bersih dan menghindari aktivitas yang dapat meningkatkan tekanan di daerah tersebut.

Kesimpulan

Itulah artikel yang membahas mengenai apakah melakukan operasi wasir dapat merasakan sakit terhadap tubuh. Penting untuk berbicara dengan dokter sebelum operasi untuk memahami secara rinci apa yang diharapkan selama pemulihan dan bagaimana mengelola nyeri dengan efektif. Selain itu, penting juga untuk memberi tahu dokter tentang tingkat nyeri atau komplikasi apa pun yang mungkin dialami selama pemulihan sehingga dapat segera ditangani.

Klinik ST Wasir Center saat ini sudah menyediakan teknologi terkini minimal invasif untuk operasi wasir dengan minim rasa nyeri. Saat tindakan pasien akan di anestesi sehingga tidak merasakan sakit sama sekali. Pasca operasi suster dan tim medis berpengalaman akan mengarahkan dan memantau kondisi pasien untuk memastikan pasien dapat beraktivitas dengan nyaman. Selain tindakan dengan teknologi minimal invasif, tindakan di ST Wasir Center juga tidak perlu rawat inap yaitu dapat langsung pulang dan beraktivitas. Hubungi callcenter kami untuk informasi lebih lanjut di 0878-8756-6315 atau bisa mengunjungi Instagram @stwasircenter untuk mendapatkan info dan update terkini seputar wasir.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *