53 views
Pola Hidup Sehat untuk Penderita Fisura Ani

Fisura ani adalah robekan atau luka kecil yang terdapat di jaringan mukosa pada anus. Mukosa adalah jaringan tipis dan lembap yang melapisi anus. Kondisi ini umumnya terjadi ketika feses yang dikeluarkan cukup keras dan besar. Fisura ani biasanya menyebabkan rasa sakit dan pendarahan, selama dan setelah buang air besar. Otot di ujung anus juga akan terasa menegang dan keras.

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan fisura ani, serta mencegah kekambuhan.

Cara Penanganan Fisura Ani adalah Pola Hidup Sehat

Berikut pola hidup sehat yang perlu diterapkan oleh pengidap fisura ani:

Perbanyak konsumsi serat

Konsumsi 25-30 gram serat setiap harinya dapat membantu melunakkan tinja sehingga mempercepat penyembuhan fisura ani. Makanlah makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Perlu diperhatikan, dalam beberapa kasus serat bisa membuat perut kembung dan bergas. Maka dari itu, tingkatkan asupan serat secara bertahap.

Cukupi kebutuhan cairan

Selain mengonsumsi serat, kamu juga wajib mencukupi kebutuhan cairan. Cairan tubuh yang tercukupi dapat melancarkan keluarnya BAB. Namun, sebaiknya pilih cairan yang bebas pemanis dan bersoda. Air putih adalah pilihan cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh.

Hindari mengejan

Saat buang air besar, sebaiknya hindari mengejan terlalu keras. Mengejan dapat menciptakan tekanan sehingga berisiko membuat robekan semakin parah. Oleh sebab itu, usahakan jangan mengejan terlalu keras saat buang air besar agar penyembuhan robekan semakin cepat. Selain itu, jangan menunda keinginan buang air besar. Menahan buang air besar justru membuat kotoran mengering dan lebih sulit untuk dikeluarkan

Baca Juga:  4 Jenis Ambeien dan Ciri-cirinya

Jaga kebersihan anus

Kamu juga harus menjaga area anus tetap bersih dan kering. Pastikan kamu menyeka area genital dengan lembut setelah buang air kecil atau buang air besar. Kemudian keringkan dengan handuk lembut. Anus yang tidak bersih dapat mengembangbiakan bakteri dan berisiko menyebabkan infeksi di area robekan. Pada bayi yang mengalami kondisi ini pastikan untuk mengganti popoknya sesering mungkin dan bersihkan area genital dengan lembut.

Jika anda memiliki keluhan nyeri sekali saat BAB kemungkinan besar salah satu gejala dari fisura ani segara konsultasi ke Klinik Utama Bedah STWC menangani fisura ani dengan metode tercanggih dari Korea, minim rasa sakit, minim perdarahan dan bisa langsung beraktivitas.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *