68 views
Posisi BAB Untuk Meredakan Wasir

Posisi saat buang air besar (BAB) dapat memainkan peran penting dalam meredakan gejala wasir atau hemoroid. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus dan rektum, yang dapat menjadi sangat nyeri dan tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengurangi ketidaknyamanan dan mencegah lebih banyak iritasi adalah dengan mengadopsi posisi yang benar saat BAB. Pada artikel ini, akan ada pembahasan mengenai posisi BAB untuk meredakan wasir yang baik dan benar, serta diikuti dengan tips mencegah wasir setelah dan sebelum melakukan BAB. Berikut adalah beberapa tips tentang posisi BAB yang dapat membantu meredakan wasir.

Posisi BAB yang Dapat Membantu Meredakan Wasir

1. Duduk di Toilet dengan Santai

Saat Anda duduk di toilet, pastikan untuk duduk dengan santai. Hindari mengejan terlalu keras, karena ini dapat meningkatkan tekanan di daerah rektum dan membuat wasir lebih parah. Cobalah untuk menghindari mengejan sebanyak yang Anda bisa.

2. Gunakan Kaki Kecil

Cobalah untuk menaikkan kaki Anda sedikit dengan meletakkan kaki Anda pada sebuah blok atau keranjang kecil. Ini dapat membantu mengubah sudut panggul Anda dan mengurangi tekanan pada daerah anus.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Jika Anda terbiasa membawa smartphone atau membaca di toilet, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama di toilet dapat meningkatkan tekanan di daerah wasir dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Baca Juga:  Waspada Wasir Setelah Melahirkan

Cara Mencegah Wasir Sebelum dan Setelah BAB

1. Rutin Minum Air

Pastikan untuk cukup mengkonsumsi air setiap hari. Air membantu melunakkan tinja, sehingga memudahkan BAB tanpa perlu mengejan keras. Biasakan minum air putih 3 liter dalam sehari. Hal ini dapat membantu mencegah iritasi lebih lanjut.

2. Perhatikan Diet Anda

Sertakan makanan tinggi serat dalam diet Anda, seperti buah-buahan, sayuran, sereal gandum, dan biji-bijian. Serat membantu menjaga tinja tetap lunak, sehingga lebih mudah untuk BAB tanpa mengejan terlalu keras.

3. Gunakan Tisu Basah atau Air Hangat

Setelah BAB, gunakan tisu basah atau air hangat untuk membersihkan daerah anus. Hindari penggunaan tisu toilet kering yang kasar, karena ini dapat mengiritasi wasir.

4. Gunakan Salep atau Krim Hemoroid

Bila perlu, gunakan salep atau krim hemoroid yang diresepkan oleh dokter Anda untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Salep ini dapat membantu mengurangi iritasi dan meringankan gejala wasir.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika gejala wasir Anda berlanjut atau semakin buruk meskipun telah mengikuti langkah-langkah di atas, segera konsultasikan dengan dokter. Mereka dapat memberikan nasihat lebih lanjut dan mungkin merekomendasikan perawatan lebih lanjut seperti pengobatan non-bedah atau bedah jika diperlukan.

Itulah artikel yang membahas mengenai posisi BAB untuk meredakan wasir yang baik serta beberapa tips tepat setelah dan sebelum melakukan BAB. Posisi saat BAB hanya satu bagian dari penanganan wasir. Penting untuk menjaga pola makan dan hidrasi yang sehat, serta mengikuti panduan medis yang direkomendasikan oleh dokter atau Anda bisa mengunjungi ST Wasir Center untuk mengetahui lebih lanjut dengan kondisi Anda agar penanganan terhadap wasir dapat ditangani dengan baik dan efektif. 

4.2/5 - (48 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *