579 views
Posisi Tidur Untuk Penderita Ambeien 

Posisi tidur yang tepat untuk penderita ambeien itu perlu Anda pahami agar dapat beristirahat dengan baik. Bagi kebanyakan penderita ambeien, jangankan beraktivitas untuk tidur saja seringkali merasa tidak nyaman akibat rasa nyeri pada anus.  Padahal tidur merupakan salah satu faktor yang Anda butuhkan agar pikiran dan badan menjadi segar keesokan harinya. Baik bagi Anda penderita ambeien atau bukan. 

Ambeien

Ambeien merupakan kondisi membengkak atau membesarnya pembuluh darah vena sekitar anus. Kondisi ini bila sedang kambuh dapat mengganggu kenyamanan, baik saat beraktivitas maupun saat tidak sedang beraktivitas. Jangankan buang air besar, rata-rata penderita ambeien  mengatakan susah duduk dan melakukan aktivitas lain. 

Saking menyiksanya, penderita ambeien selalu berusaha keras agar penyakitnya itu tidak kambuh. Namun nyatanya ambeien bisa kambuh kapan saja dan ada sejumlah alasan yang dapat menyebabkan kambuh. Ambeien itu dapat kambuh bisa karena pola makan yang tidak terjaga, terutama akibat kurangnya serat yang ada dalam makanan dan kurangnya asupan cairan.

Posisi Tidur yang Baik Untuk Penderita Ambeien

Ambeien bisa menyebabkan penderitanya khawatir saat harus duduk atau tidur, terutama ambeien yang sudah dalam derajat berat atau parah. Posisi tidur pun terkadang bisa jadi tidak sebebas seperti orang yang tidak menderita ambeien. Jika Anda mengalami ambeien, tidur miring merupakan cara terbaik untuk membantu mengatasi gejalanya.

Tidur miring tersebut juga cenderung tidak memberikan tekanan apa pun pada punggung Anda. Pilihan lainnya adalah berbaring dengan meletakkan bantal kecil empuk pada bawah lutut. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada saluran anus dan juga membantu mengurangi beban berat perut pada area dasar panggul Anda.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Konstipasi? Faktor Utama Pemicu Wasir

Berikut tips sehat tidur bagi penderita ambeien:

  • Menggunakan kasur yang empuk, karena tidur pada tempat yang keras dapat memperburuk ambeien
  • Memakan baju tidur yang nyaman dan tidak ketat
  • Jangan tidur telentangkarena dapat membebani atau meneka area anus Anda dan menyebabkan nyeri
  • Jangan makan makanan pedas  dan berminyak sebelum tidur

Tips posisi tidur untuk penderita ambeien tersebut, memang tidak dapat menyembuhkan atau mengobati penyakit ambeien. Namun, dapat membantu mengurangi efek nyeri yang ada.

Selain memperhatikan posisi tidur yang baik untuk penderita ambeien, jangan lupa untuk perhatikan asupan air putih, makan makanan yang mengandung serat larut dan tidak larut, olahraga secara teratur, dan konsultasi ke dokter. Jika tidak memungkinkan untuk konsultasi secara langsung, Anda bisa berkonsultasi secara online yang disediakan oleh Klinik ST Wasir Center. Anda dapat melakukan konsultasi via Whatsapp Video Call dengan dokter bedah berpengalaman dan dapatkan rencana penanganan ambeien yang tepat hanya di ST Wasir Center. Hubungi sekarang dan dapatkan potongan harga terbaikmu.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *