13 views
Kenali Jenis Abses dan Cara Mengatasinya

Infeksi bakteri bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya abses. Nah, abses ini merupakan luka yang muncul akibat infeksi bakteri yang menimbulkan nanah dan kotoran yang menumpuk di bawah kulit. Kondisi ini selanjutnya akan membentuk benjolan yang nantinya akan terasa sakit. Yang perlu diketahui, ada berbagai jenis abses yang bisa terjadi pada diri seseorang. Penasaran? Berikut jenis dan cara mengatasi abses:

Jenis Abses dan Cara Mengatasinya

1. Abses pada Gigi

Abses gigi merupakan kondisi terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang umumnya muncul pada ujung akar gigi. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Nah, infeksi bakteri ini kebanyakan terjadi pada orang dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk.

Pengobatan abses gigi dapat dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi terdekat untuk mendapatkan resep antibiotik, pembuatan kanal gigi, membersihkan drainase abses, dan mencabut gigi.

2. Abses Payudara

Selain abses gigi dan abses anus, kondisi serupa juga bisa terjadi pada payudara. Abses payudara sendiri merupakan benjolan yang diisi oleh nanah yang terbentuk di payudara hingga bisa menyebabkan nyeri. Kata ahli, abses payudara umumnya muncul persis di bawah lapisan kulit. Kebanyakan kondisi medis ini dialami wanita berusia 18 hingga 50 tahun.

3. Abses Perianal

Selain gigi, ada juga abses jenis lainnya seperti abses perianal (anus). kata ahli, abses anus merupakan kondisi rongga rektum terisi dengan nanah dan muncul di sekitar anus. Saat rektum dan kelenjar lendir dubur mengalami infeksi, maka akan terbentuk lubang pada rongga rektum dan terisi nanah.

Baca Juga:  Apakah Wasir Berdarah Itu Berbahaya?

Menurut ahli, ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan abses perianal. Yaitu, diabetes, radang usus, sistem kekebalan tubuh yang melemah, penggunaan obat kortikosteroid, dan seks anal. Selain itu, penyakit ini bisa saja terjadi pada bayi, anak-anak muda, dan orang dewasa dengan riwayat luka pada anus.

Baca juga: Apa itu Abses Perianal 

Pengobatan Abses Anus

  • Operasi. Cara utama mengatasi abses anus adalah operasi untuk membuka dan menyedot abses. Namun, dalam beberapa kasus pasien pengidap abses ini akan melakukan rawat jalan. Artinya, pengidapnya bisa pulang setelah dioperasi. Nah, andaikan abses terlalu dalam dokter akan memintanya dirawat di rumah hingga nanah abses benar-benar habis.
  • Painkiller. Ada kalanya setelah menjalankan operasi, pengidap abses akan mengalami rasa nyeri dan rasa tak nyaman di daerah abses. Nah, untuk mengatasi hal ini biasanya dokter akan memberikan obat analgesik untuk meringankan rasa nyerinya.
  • Antibiotik. Dalam beberapa kasus, pengidap abses anus bisa menggunakan antibiotik untuk menghilangkan gejala yang muncul. Namun, cara ini bukan sebagai pengganti operasi dan pengangkatan abses.
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *