24 views
Setelah Operasi Ambeien Apa Bisa Kambuh Lagi?

Ambeien, atau hemoroid, adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rektum bawah yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan, nyeri, dan pendarahan. Ketika pengobatan non-bedah tidak efektif, operasi sering kali menjadi pilihan untuk mengatasi masalah ini. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah setelah operasi ambeien bisa kambuh lagi?

Pemahaman tentang Operasi Ambeien

Operasi ambeien, atau hemoroidektomi, adalah prosedur medis untuk mengangkat hemoroid. Ada beberapa metode operasi, seperti hemoroidektomi konvensional, Pengikatan hemorrhoid menggunakan well-c, radiofrequency hemoroidektomi, ultrasonic hemoroidektomi, maupun penggunaan metode lain. Meskipun sudah dioperasi, ada kecil kemungkinan jika ambeien kambuh kembali jika tidak menggunakan metode yang tepat atau dokter spesialis yang berpengalaman. 

Namun, jika ambeien muncul kembali, sangat penting untuk diperhatikan apakah benjolan yang muncul di titik yang sama atau muncul ambeien baru. Munculnya ambeien baru sangat mungkin terjadi jika faktor gaya hidup tidak diubah. Berikut Faktor Penyebab Munculnya Ambeien baru: 

Faktor Penyebab Ambeien Kambuh Setelah Operasi

  1. Gaya hidup dan kebiasaan
    • Diet yang Tidak Seimbang: Kurangnya serat dalam makanan dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab utama ambeien. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mencegah kambuhnya ambeien.
    • Kurangnya Aktivitas Fisik: Aktivitas fisik yang teratur membantu menjaga pergerakan usus tetap normal. Gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan risiko kambuhnya ambeien.
    • Kebiasaan Buang Air Besar: Duduk terlalu lama di toilet atau mengejan saat buang air besar dapat memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah di daerah anus.
  2. Faktor medis
    • Kondisi Medis Tertentu: Penyakit seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) atau penyakit Crohn dapat meningkatkan risiko ambeien kambuh.
    • Kehamilan dan Persalinan: Wanita hamil sering mengalami ambeien karena peningkatan tekanan di daerah panggul. Ambeien juga bisa muncul atau kambuh kembali setelah persalinan.
Baca Juga:  Apa Penyebab BAB Berdarah Setelah Operasi Ambeien

Pencegahan Setelah Operasi Ambeien Kambuh

  1. Perubahan gaya hidup
    • Pola Makan Sehat: Tingkatkan asupan serat dan cairan untuk mencegah sembelit.
    • Aktivitas Fisik: Lakukan olahraga secara teratur untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.
  2. Kebiasaan buang air besar yang baik
    • Hindari Mengejan: Jangan mengejan berlebihan saat buang air besar.
    • Batasi Waktu di Toilet: Hindari duduk terlalu lama di toilet, karena bisa memberikan tekanan tambahan pada pembuluh darah anus.
  3. Perawatan medis
    • Konsultasi Rutin: Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter untuk memantau kondisi kesehatan Anda.
    • Pengobatan Sembelit: Gunakan obat pencahar jika diperlukan, tetapi sebaiknya berdasarkan rekomendasi dokter.

Kesimpulan

Meskipun operasi ambeien dapat memberikan kelegaan yang signifikan, ada kemungkinan ambeien bisa muncul kembali. Kunci utama untuk mencegah kekambuhan adalah dengan menjaga gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan tinggi serat, menjaga aktivitas fisik, dan mempraktikkan kebiasaan buang air besar yang baik. Jika Anda memiliki riwayat ambeien atau baru saja menjalani operasi, penting untuk tetap berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran medis yang tepat dan mengurangi risiko kambuhnya ambeien. Jika anda penderita wasir yang masih mempertimbangkan untuk operasi dapat menghubungi ST Wasir Center untuk mengetahui informasi detail terkait kemungkinan ambeien kambuh setelah operasi. Hubungi ST Wasir Center melalui whatsapp 0878-8756-6315 atau silakan kunjungi Klinik STWC terdekat dikota anda, yaitu Jakarta Barat, Tangerang, Bekasi, Medan, dan Makassar.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *