15 views
Kenapa Ambeien Muncul Setelah Melahirkan?

Ambeien atau wasir memang merupakan penyakit yang umum terjadi pada masyarakat luas. Umumnya, ambeien disebabkan oleh pola hidup manusia yang kurang baik, sehingga muncul pembengkakan pada anus. Pada gejala awal, ambeien memang tidak memberikan rasa sakit yang berarti. Namun, seiring berjalannya waktu dan diselingi dengan pola hidup yang tidak baik itu, ambeien akan semakin parah. Hal ini pun membuat ambeien semakin sakit. Ambeien juga umum terjadi pada ibu hamil atau ibu melahirkan. Lantas, kenapa ambeien muncul setelah melahirkan?

Kenapa Ambeien Muncul Setelah Melahirkan?

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan ambeien setelah melahirkan. Salah satu faktornya adalah ukuran rahim yang berkembang saat kehamilan. Hal tersebut disebabkan oleh rahim yang membesar akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di sekitar pinggul dan perut. Tekanan tersebut akan memperlambat kembalinya darah menuju bagian bawah tubuh. Hal ini akhirnya meningkatkan tekanan pada vena dibawah rahim, sehingga menimbulkan ambeien yang akhirnya terlihat setelah melahirkan. Selain itu, mengejan saat melahirkan juga dapat menyebabkan ambeien.

Ambeien Saat Hamil

Selain setelah melahirkan, ternyata ambeien juga bisa muncul saat masa kehamilan. Ketika hamil, kadar hormon progesterone meningkat. Kondisi ini akan membuat dinding pembuluh darah melemas sehingga lebih mudah bengkak. Selain itu, kondisi ini juga dapat memperlambat saluran usus, sehingga menyebabkan sembelit atau susah untuk buang air besar. Saat sembelit, Anda akan cenderung mengejan ketika buang air besar. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko munculnya ambeien.

Baca Juga:  Berapa Lama Proses Penyembuhan Pasca Operasi Fistula Ani?

Cara Mengatasi Ambeien yang Muncul Setelah Melahirkan

  1. Kompres es batu

Kompres es batu dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang terjadi saat ambeien. Caranya adalah membungkus es batu menggunakan kain dan mengompresnya pada ambeien selama beberapa menit.

  1. Bersihkan dengan lembut dan menyeluruh

Gunakan botol semprot yang telah diisi air hangat untuk menggantikan tissue toilet, selanjutnya tepuk tepuk area tersebut dengan tissue basah.

  1. Lebih banyak berbaring

Berbaring akan mengurangi tekanan pada area asnus sehingga rasa sakit dapat berkurang.

  1. Konsultasikan ke dokter, solusi unggulan ambeien muncul setelah melahirkan

Salah satu pilihan terbaik demi mengatasi ambeien setelah melahirkan adalah dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis ambeien. Dokter spesialis tentunya akan memberikan pemahaman yang sesuai dengan keluhan, serta memberikan informasi obat maupun tindakan.

Kesimpulan

Ambeien umum terjadi pada ibu hamil maupun yang sudah melahirkan. Hal ini wajar, karena ketika hormon progesterone meningkat saat kehamilan, sehingga menyebabkan sembelit. Sembelit ini yang kemudian menyebabkan ambeien. Selain itu, mengejan saat melahirkan juga meningkatkan risiko munculnya ambeien. Untuk mengatasinya, pastikan Anda berkonsultasi pada dokter spesialis yang terpercaya dalam mengatasi ambeien.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *