43 views
Wasir Grade 4: Apakah Harus Dilakukan Tindakan?

Wasir, yang juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi medis yang melibatkan pembengkakan pembuluh darah di dalam atau di sekitar anus atau rektum. Wasir adalah masalah umum, dan ada empat tingkat keparahan, dengan wasir Grade 4 merupakan tingkat yang paling parah. Apakah tindakan perlu dilakukan untuk wasir dengan tingkat tersebut?

Apa itu Wasir Grade 4?

Wasir dibagi menjadi empat tingkat keparahan, dari Grade 1 hingga Grade 4. Wasir Grade 4 adalah tingkat yang paling parah. Dalam kasus wasir dengan tingkat tersebut, pembuluh darah di dalam atau di sekitar anus atau rektum sudah sangat membengkak dan menonjol keluar dari lubang anus. Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada wasir dengan tingkat ini termasuk:

1. Pendarahan yang signifikan

Penderita wasir dengan tingkat ini sering mengalami pendarahan yang cukup parah setelah buang air besar. Darah mungkin terlihat di toilet atau di tisu toilet.

2. Nyeri yang parah

Wasir dengan tingkat ini dapat sangat menyakitkan. Nyeri biasanya timbul saat mengejan saat buang air besar, atau bahkan saat duduk.

3. Kesulitan mengendalikan buang air besar

Penderita wasir dengan tingkat ini mungkin mengalami kesulitan untuk mengontrol buang air besar dan seringkali perlu mendorong lebih keras.

4. Prolaps

Wasir Grade 4 sering kali “prolaps,” yang berarti jaringan wasir secara permanen menonjol keluar dari anus dan tidak dapat masuk kembali sendiri.

Penyebab Wasir Grade 4

Wasir dengan tingkat tertinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab umum meliputi:

Baca Juga:  Rekomendasi Obat Ambeien Alami dari Tumbuhan

1. Tekanan yang berlebihan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum, seperti yang terjadi saat sering mengejan karena sembelit, diare kronis, atau kehamilan.

2. Kurangnya serat dalam makanan, salah satunya dengan melakukan diet rendah serat dapat menyebabkan sulitnya buang air besar, yang pada gilirannya meningkatkan risiko wasir.

3. Beberapa individu mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan wasir.

Selain perawatan medis, perubahan gaya hidup juga penting dalam mengelola wasir, terutama dalam mencegah kambuhnya kondisi ini. Ini termasuk menjaga diet seimbang dengan banyak serat, minum banyak air, menghindari mengejan berlebihan saat buang air besar, dan menjaga berat badan yang sehat.

Dalam kasus wasir Grade 4, tindakan perlu dilakukan. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk menerima diagnosis dan perawatan yang sesuai. Penundaan perawatan bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti infeksi atau kerusakan jaringan. Semakin awal perawatan dimulai, semakin besar peluang untuk mengatasi wasir dengan tingkat tinggi dengan sukses. Maka dari itu penting mendapatkan saran langsung dari para ahli, salah satunya saran yang diberikan oleh ST Wasir Center, karena di ST Wasir Center kalian akan ditangani langsung oleh para profesional.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *