901 views
FILAC Terapi Terkini Dalam Menuntaskan Fistula Ani

Fistula ani adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika terdapat saluran abnormal yang menghubungkan antara rektum atau dubur dengan kulit sekitarnya. Kondisi ini seringkali disertai dengan gejala yang sangat mengganggu, seperti keluarnya tinja, lendir, atau darah dari lubang di sekitar dubur. Fistula ani dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan infeksi yang kronis. Salah satu metode terkini dalam menuntaskan fistula ani adalah Fistula Laser Closure (FILAC).

Penyebab Fistula Ani

1. Abses Anal

Fistula ani seringkali berkembang dari abses anal. Abses anal adalah kantung nanah yang terbentuk di dalam atau di sekitar anus sebagai respons terhadap infeksi bakteri. Jika abses ini tidak diobati dengan benar, bisa berkembang menjadi fistula ani.

2. Infeksi Akibat Tindakan Bedah

Kadang-kadang, fistula ani dapat muncul setelah tindakan bedah di daerah rektal atau perianal. Ini bisa terjadi sebagai komplikasi pasca operasi, terutama jika luka operasi tidak sembuh dengan baik atau jika ada infeksi yang berkembang setelah tindakan tersebut.

3. Kondisi Kronis

Beberapa kondisi kronis seperti penyakit Crohn, kolitis ulseratif, atau tuberkulosis usus dapat meningkatkan risiko perkembangan fistula ani. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan di sekitar anus dan rektum, yang pada akhirnya dapat menyebabkan pembentukan fistula.

Baca Juga:  Mengatasi Ambeien Yang Mengeluarkan Cairan Dengan Tindakan Tepat

4. Cedera Traumatik

Cedera pada daerah perianal atau dubur, misalnya akibat kecelakaan atau tindakan seksual yang kasar, juga dapat menjadi penyebab fistula ani. Hal semacam ini dapat memicu proses peradangan yang akhirnya menyebabkan pembentukan saluran fistula.

5. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Dalam beberapa kasus, fistula ani dapat berkembang sebagai akibat dari infeksi menular seksual seperti sifilis atau herpes genital. Infeksi ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan di sekitar anus dan rektum.

6. Faktor Risiko Lainnya

Beberapa faktor risiko lain yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan fistula ani termasuk kebiasaan seperti merokok, kelebihan berat badan, serta memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.

FILAC

FILAC adalah teknik terapi minimal invasif yang telah berkembang pesat dalam penanganan fistula ani. Metode ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya semakin populer dalam dunia medis. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang FILAC:

1. Prinsip FILAC

FILAC adalah singkatan dari Fistula Laser Closure, yang artinya adalah penutupan fistula dengan menggunakan sinar laser. Prinsip dasar FILAC adalah menghancurkan dinding fistula ani dan merangsang pertumbuhan jaringan baru untuk menutup saluran fistula. Hal ini dilakukan tanpa perlu melakukan pembedahan konvensional yang lebih invasif.

2. Prosedur FILAC

Prosedur FILAC melibatkan penggunaan sinar laser yang dikendalikan dengan sangat hati-hati untuk menghancurkan jaringan fistula. Setelah dinding fistula terbakar, tubuh akan merespon dengan membentuk jaringan parut yang bertujuan untuk menutup fistula secara alami. Ini adalah metode yang jauh lebih sedikit invasif dibandingkan dengan operasi konvensional, dan kebanyakan pasien bisa pulih lebih cepat.

3. Keuntungan FILAC

FILAC memiliki sejumlah keuntungan yang menjadikannya pilihan yang menarik dalam penanganan fistula ani. Beberapa di antaranya termasuk:

Baca Juga:  Obat Wasir untuk Ibu Hamil

a. Prosedur yang minimal invasif

FILAC tidak melibatkan pembedahan besar, sehingga risiko komplikasi dan waktu pemulihan lebih cepat.

b. Pengurangan rasa sakit

Pasien biasanya mengalami sedikit atau bahkan tidak merasa sakit selama dan setelah prosedur FILAC.

c. Efektivitas yang tinggi

Metode FILAC telah terbukti efektif dalam menutup fistula ani pada sebagian besar kasus.

d. Risiko infeksi yang rendah

Karena tidak ada sayatan besar, risiko infeksi pascaoperasi berkurang secara signifikan.

4. Konsultasi dengan Spesialis

Meskipun FILAC adalah metode yang menjanjikan, setiap pasien harus berkonsultasi dengan spesialis yang berpengalaman dalam penanganan fistula ani. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan apakah FILAC adalah metode yang sesuai untuk kasus tertentu. Kadang-kadang, operasi konvensional mungkin tetap diperlukan tergantung pada kompleksitas dan lokasi fistula.

Dalam penanganan fistula ani, FILAC adalah salah satu metode terkini yang menawarkan solusi yang lebih nyaman dan efektif bagi banyak pasien. Namun, keputusan akhir sebaiknya selalu diambil setelah berkonsultasi dengan dokter yang berkualifikasi untuk mendiskusikan opsi terbaik berdasarkan situasi individu pasien.Saat ini masyarakat tidak perlu khawatir untuk bisa mendapatkan informasi lebih rinci mengenai prosedur ini. ST Wasir Center sebagai klinik proctology pelayanan terlengkap, kini sudah melayani pengobatan Fistula Ani menggunakan metode FILAC dengan biaya terjangkau. Selain sudah menggunakan metode yang canggih, ST Wasir Center juga dilayani oleh dokter spesialis bedah berpengalaman, minimal rasa sakit, dan tanpa rawat inap. Hubungi call center 0878-8756-6315 untuk informasi lebih lanjut.

1/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *