1,589 views
Waspada Hoax! Tape Singkong Sebagai Obat Ambeien

Belakangan ini, beredar kabar mengenai tape singkong sebagai obat ambeien. Tape singkong, atau yang juga dikenal dengan nama peuyeum, adalah makanan khas dari daerah Jawa Barat dan Banten yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Kabar ini menyebar melalui berbagai platform media sosial. Di mana sejumlah orang mempercayai bahwa tape singkong dapat menyembuhkan ambeien secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan kimia. Namun, apakah kabar ini benar? Apa saja fakta-fakta seputar kabar ini? Mari kita simak ulasannya.

Apa itu Ambeien?

Ambeien atau wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah pada anus dan rektum mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal-gatal, perdarahan saat buang air besar, serta keluar benjolan kecil pada anus. Ambeien dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya asupan serat dalam makanan, kebiasaan buang air besar yang salah, kehamilan, obesitas, dan faktor genetik.

Penanganan ambeien dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari perubahan pola makan, minum obat-obatan, hingga melakukan operasi jika kondisinya sudah parah.

Kabar Hoax Tape Singkong sebagai Obat Ambeien

Hoax tentang tape singkong sebagai obat ambeien pertama kali muncul di media sosial pada tahun 2018. Kabar ini menyebar dengan cepat di berbagai grup obrolan dan media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Banyak orang yang mempercayai kabar ini karena dianggap sebagai obat alami yang tidak memiliki efek samping.

Menurut dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, tape singkong tidak memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan ambeien, tetapi hanya mengandung karbohidrat, gula, dan sedikit protein serta vitamin C. Oleh karena itu, klaim bahwa tape singkong bisa mengobati ambeien adalah sebuah hoaks.

Baca Juga:  Apakah Ambeien Dapat Hilang Sendiri?

Dampak Hoaks Tape Singkong sebagai Obat Ambeien

Kabar hoax tape singkong sebagai obat ambeien dapat membahayakan masyarakat yang mengalami ambeien. Jika seseorang mempercayai kabar ini dan menggunakannya sebagai pengobatan, maka ambeien yang dideritanya tidak akan sembuh dan kondisinya bisa semakin memburuk. Sebagai gantinya, mereka harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain itu, kabar hoax ini juga dapat memicu adanya tindakan yang tidak bertanggung jawab. Beberapa pihak dapat mengambil keuntungan dari situasi ini. Beberapa orang mungkin akan mencoba menjual tape singkong dengan harga yang mahal sebagai obat ambeien palsu, yang dapat merugikan konsumen.

Bagaimana Cara Mengatasi Ambeien?

Jika Anda mengalami ambeien, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa cara mengatasi ambeien yang dapat dilakukan antara lain:

  • Perubahan pola makan, ambeien seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan serat dalam makanan. Oleh karena itu, perubahan pola makan dengan menambahkan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengurangi gejala ambeien.
  • Minum obat-obatan, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk mengatasi gejala ambeien seperti rasa sakit dan gatal-gatal. Beberapa obat yang sering diresepkan antara lain obat penahan rasa sakit, obat anti-inflamasi, dan obat pelunakan tinja.
  • Menggunakan obat herbal, beberapa obat herbal seperti daun jambu biji, lidah buaya, dan teh celup khusus ambeien diklaim dapat membantu mengatasi ambeien. Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal ini.
  • Operasi, jika kondisi ambeien sudah parah, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan operasi untuk mengangkat jaringan yang membesar pada anus dan rektum.
Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Penderita Wasir Melahirkan Normal?

Kesimpulan

Kabar tentang tape singkong sebagai obat ambeien adalah sebuah hoaks yang dapat membahayakan masyarakat. Tape singkong tidak memiliki kandungan yang dapat mengobati ambeien, sehingga seseorang yang mengalami ambeien harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa konsultasi terlebih dahulu ke klinik khusus wasir seperti Klinik ST Wasir Center yang berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Rukan Aries Niaga Blok D1/2N Jl. Aries Utama IV No.7, RT.12/RW.8 Meruya Utara atau bisa juga langsung menghubungi 087887566315.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *