52 views
Waspada Wasir Setelah Melahirkan

Waspada wasir setelah melahirkan adalah yang perlu Anda perhatikan pada saat mengandung sang buah hati. Wasir setelah melahirkan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun, sebagian besar kondisi ini merupakan dampak dari mengejan saat persalinan berlangsung. 

Anda pasti ingat betapa besarnya tenaga yang terkuras untuk mengeluarkan sang buah hati saat persalinan. Saat Anda mengejan keras, pembuluh darah di sekitar dubur mendapatkan tekanan yang kuat. Tekanan inilah yang kemudian menghambat aliran darah, sehingga akhirnya menimbulkan pembengkakan.

Mengejan keras saat persalinan bukanlah satu-satunya penyebab wasir usai melahirkan. Ada beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan kondisi ini, yaitu:

Menderita sembelit

Wasir juga dapat muncul saat kamu menderita sembelit pascabersalin. Sama halnya seperti melahirkan, sembelit dapat membuat Anda mengejan keras untuk mengeluarkan kotoran dari dalam perut.

Tekanan rahim selama hamil

Wasir yang Anda alami mungkin saja sudah ada sebelum melahirkan. Kondisi ini merupakan hal yang wajar. Sebab saat mengandung, ukuran rahim yang membesar dapat menekan pembuluh darah yang ada di sekitar rahim dan dubur.

Wasir sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika keluhan semakin bertambah dan sudah mengganggu rasa nyaman ibu dapat mengatasi ambeien dengan cara:

  1. Berendam  di air hangat terutama pada daerah dubur sebanyak dua kali sehari.
  2. Mengompres daerah yang bengkak dengan kompres es.
  3. Hindari duduk dan berdiri terlalu lama.
  4. Menggunakan bantal sebagai alas untuk mengurangi tekanan pada rektum.
  5. Hindari duduk di permukaan yang terlalu keras.

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan namun wasir setelah melahirkan tidak kunjung membaik atau malah semakin parah. Bagaimana cara pengobatannya?

Untuk tahap awal, terapi dengan obat-obatan kadang masih bisa memberikan hasil yang baik dengan diimbangi pola hidup yang sehat. Namun bila dengan obat-obatan tetap dirasakan tidak ada perubahan, maka perlu dilakukan suatu tindakan.

Baca Juga:  4 Fakta Seputar Wasir yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini sudah berkembang banyak metode operasi wasir, salah satunya adalah dengan menggunakan metode ultrasonik dan RadioFrekuensi. Dengan menggunakan metode Ultrasonik dan RadioFrekuensi ini,  pasien tidak akan merasakan nyeri atau bahkan minim dari rasa nyeri dan tidak perlu takut untuk buang air pasca tindakan. Metode ini sudah tersedia di ST Wasir Center. Oleh karenanya, jangan takut untuk melakukan konsultasi di ST Wasir Center, karena Kesehatan Anda adalah yang utama bagi kami.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *