79 views
Kenali Jenis Olahraga Untuk Penderita Wasir

Pada dasarnya tujuan olahraga pada penderita wasir adalah untuk memperbaiki sirkulasi darah selain itu juga mencegah timbulnya konstipasi (sulit buang air besar) yang dapat menyebabkan bertambah parahnya wasir yang diderita. Untuk masalah olahraga bagi penderita wasir hampir semuanya diperbolehkan asalkan tidak menimbulkan efek mengejan seperti angkat beban. Untuk olahraga seperti berjalan, senam aerobik, atau olahraga yang dapat melatih otot panggul sangat dianjurkan pada penderita wasir. Berikut detail penjelasan seputar jenis olahraga yang dilarang dan disarankan untuk penderita wasir.

Jenis Olahraga Yang Disarankan Untuk Penderita Wasir

Berikut ini adalah sejumlah olahraga yang baik dan dianjurkan untuk penderita wasir agar terhindar dari keadaan yang semakin buruk. Olahraga yang dianggap paling aman di sini adalah seperti:

Senam Aerobik

Senam aerobik masih tergolong olahraga kardio yang bisa Anda coba lakukan. Jenis olahraga ini sangat baik sebab mampu mendukung tubuh untuk lebih aktif. Hanya saja, jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dulu kurang lebih 5-10 menit dan senam aerobiknya sendiri bisa dilakukan setengah jam lamanya disusul dengan pendinginan dengan durasi yang sama seperti melakukan pemanasan.

Jogging

Jika ingin melakukan olahraga yang jauh lebih mudah jatuh pada jogging. Jenis olahraga ini merupakan aktivitas lari kecil dimana bisa dilakukan kapan saja ketika Anda senggang. Bahkan jogging di pagi hari akan jauh lebih baik dalam membantu dalam hal melunturkan lemak sekaligus membakar kalori. Tak hanya menjadi cara menurunkan berat badan yang ampuh, Anda juga bisa menyembuhkan ambeien.

Baca Juga:  Pengaruh Faktor Genetik Terhadap Wasir

Zumba

Kurang olahraga adalah salah satu alasan mengapa sembelit mudah datang dan ambeien pun terjadi. Oleh karena itu, tubuh memerlukan aktivitas fisik yang tepat untuk menghindarkan diri Anda dari gangguan pencernaan semacam konstipasi. Zumba adalah latihan fisik yang sangat aktif dan seru, bagi Anda yang suka bisa mencobanya untuk meredakan ambeien.

Yoga

Sejumlah gerakan Yoga pun efektif dalam menjadi solusi ambeien Anda. Yoga adalah suatu latihan fisik yang mampu membuat tubuh jauh lebih fleksibel serta peredaran darah menuju saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, pergerakan usus yang tadinya melambat sehingga menyebabkan sembelit dapat terstimulasi.

Berenang

Olahraga kardio alternatif yang juga ampuh dalam membantu pemulihan ambeien adalah berenang. Anda bisa melakukannya serutin mungkin seminggu 3-4 kali misalnya agar tubuh selalu aktif dan menjadikan kebutuhan air bagi tubuh meningkat. Renang sendiri merupakan olahraga kardio yang bisa mengurangi stres sekaligus memperbaiki pola makan.

Senam Kegel

Dengan mempraktikan cara melakukan senam kegel yang benar, otot panggul dan pelvis akan jauh lebih kuat sehingga tekanan bawah tubuh bisa hilang. Untuk melakukannya, Anda cukup mencoba untuk buang air kecil 2 detik lamanya lalu selama beberapa detik Anda hentikan secara paksa, lalu Anda bisa keluarkan lagi.

Ini adalah salah satu aktivitas pengendalian otot dasar panggul dan sesudah membiasakan diri melakukan kegiatan tersebut, lakukan senam kegel tanpa lebih dulu buang air kecil. Untuk tujuan mencegah sekaligus mengobati ambeien, senam kegel ini lebih baik dilakukan dengan pengulangan 15 kali tiap kali Anda melakukannya.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *