103 views
Yuk Kenali Efek Samping Operasi Wasir

Operasi wasir yang juga dikenal sebagai hemoroidektomi adalah prosedur medis yang umum dilakukan untuk mengobati wasir yang parah atau berkepanjangan. Meskipun operasi ini efektif dalam mengatasi masalah wasir, sebagian orang sering kali cemas tentang kemungkinan efek samping yang mungkin timbul setelah operasi. Namun ada kabar baik, dengan perawatan yang tepat dan tindakan pencegahan yang benar, efek samping tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihindari sepenuhnya. Mari kita eksplorasi lebih jauh tentang efek samping operasi wasir. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat kamu ambil untuk memastikan pemulihan yang optimal.

Nyeri Pasca Operasi

Salah satu efek samping yang paling umum setelah operasi wasir adalah nyeri. Pasien sering mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di daerah anus dan rektum. Namun, perlu diingat bahwa nyeri ini biasanya bersifat sementara dan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Untuk mengurangi rasa sakit, dokter mungkin meresepkan obat penghilang rasa sakit atau memberikan saran tentang penggunaan kompres hangat atau sitz bath (mandi duduk). Selain itu, menjaga kebersihan daerah tersebut dengan rajin membersihkannya menggunakan air hangat dan menghindari penggunaan tisu toilet kasar juga dapat membantu mengurangi nyeri.

Perdarahan

Perdarahan setelah operasi wasir juga merupakan efek samping yang umum terjadi. Hal ini terjadi karena luka pada daerah anus dan rektum yang perlahan sembuh. Anda mungkin mengalami perdarahan ringan hingga sedang saat buang air besar. Penting untuk diingat bahwa perdarahan ini biasanya berkurang seiring waktu. Menghindari tegangan saat buang air besar dengan mengonsumsi makanan tinggi serat, minum banyak air, dan menghindari sembelit juga akan membantu meminimalkan perdarahan.

Baca Juga:  Mengenal Ciri-ciri Wasir, Faktor Risiko, dan Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter

Infeksi

Meskipun jarang terjadi, infeksi adalah risiko potensial setelah operasi wasir. Gejala infeksi dapat meliputi demam, kemerahan, pembengkakan yang parah, atau keluarnya nanah dari luka operasi. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Untuk mencegah infeksi, pastikan untuk menjaga area operasi tetap bersih. Penting untuk mengikuti instruksi perawatan pasca operasi yang diberikan oleh dokter Anda.

Retensi Urin

Retensi urin adalah kondisi di mana Anda kesulitan atau tidak dapat buang air kecil setelah operasi. Hal ini bisa disebabkan oleh pembengkakan atau trauma pada jaringan sekitar uretra. Jika Anda mengalami kesulitan buang air kecil, penting untuk segera memberi tahu dokter Anda. Dokter dapat melakukan evaluasi lebih lanjut dan mungkin akan memasang kateter untuk membantu mengalirkan urin.

Komplikasi Jarang

Selain efek samping umum yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa komplikasi yang sangat jarang terjadi setelah operasi wasir. Beberapa contoh komplikasi ini termasuk pembentukan abses, penyumbatan saluran anus, atau perubahan permanen dalam fungsi saluran anus. Meskipun risiko komplikasi ini rendah, sangat penting untuk tetap waspada dan memperhatikan gejala yang tidak biasa setelah operasi. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau tidak biasa, segera hubungi dokter Anda.

Operasi wasir merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk mengatasi wasir yang parah atau berkepanjangan. Meskipun ada potensi efek samping setelah operasi, penting untuk diingat bahwa kebanyakan efek samping tersebut bersifat sementara dan dapat dikurangi dengan perawatan yang tepat.

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau pertanyaan mengenai efek samping operasi wasir, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter bedah berpengalaman, seperti dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta yang menawarkan berbagai opsi pengobatan yang komprehensif untuk wasir kamu. Selain obat-obatan dan prosedur non-bedah seperti ligasi karet, ultrasonic, dan radiofrekuensi, ST Wasir Center juga dapat memberikan rekomendasi terkait perubahan gaya hidup, pola makan, dan diet yang sehat guna mengurangi risiko terjadinya wasir berulang.

Baca Juga:  Kenapa Ambeien Harus Dioperasi?

Selain menerima konsultasi langsung di klinik, ST Wasir Center juga menyediakan konsultasi online agar memudahkan pasien dari luar kota. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar wasir dan fisura ani, kamu dapat menghubungi call center di nomor 0878-8756-6315 atau mengunjungi media sosial mereka seperti Instagram @stwasircenter, Facebook ST Wasir Center, atau Youtube STWC

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *