32 views
10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Mengalami Ambeien

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Gejala yang sering terkait dengan ambeien meliputi nyeri, gatal, perdarahan, dan ketidaknyamanan saat buang air besar. Jika Anda mengalami ambeien, sangat penting untuk menghindari beberapa kegiatan atau kebiasaan tertentu yang dapat memperburuk kondisi Anda. Artikel ini akan menjelaskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat mengalami ambeien.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengalami Ambeien

Mengejan Terlalu Kuat saat Buang Air Besar

Mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus, memperparah gejala ambeien. Hindari Mengejan dengan kuat saat buang air besar. Sebaliknya, cobalah untuk buang air besar dengan lembut dan menghindari menahan napas saat melakukannya. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar, perbanyak asupan serat dalam makanan dan minum banyak air untuk mencegah sembelit.

Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Kegiatan yang menimbulkan tekanan berlebih pada area panggul dapat memperburuk gejala ambeien. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama dalam satu posisi. Jika pekerjaan Anda membutuhkan duduk dalam waktu lama, pastikan untuk berdiri, berjalan, atau mengubah posisi tubuh secara teratur. Hal ini membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area yang terkena.

Baca Juga:  Ambeien Parah, Bagaimana Akibatnya?

Mengonsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Makanan pedas dan berlemak dapat menyebabkan peradangan dan memperparah gejala ambeien. Hindari makanan pedas, berlemak, dan berminyak seperti cabai, makanan cepat saji, gorengan, dan daging berlemak. Lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, yang membantu melunakkan tinja dan memperbaiki konsistensi buang air besar.

Menggunakan Tisu Kasar saat Membersihkan

Saat membersihkan area anal setelah buang air besar, hindari menggunakan tisu kasar atau beraroma. Tisu kasar dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk gejala ambeien. Sebaliknya, gunakan tisu lembut atau kain lembap yang bebas pewangi untuk membersihkan dengan lembut. Setelah membersihkan, sebaiknya jangan menggosok area tersebut, cukup tepuk-tepuk perlahan menggunakan tisu untuk mengeringkannya.

Mengabaikan Konsultasi Medis

Ambeien yang parah atau berkepanjangan memerlukan perhatian medis. Jangan mengabaikan kondisi ini atau mengandalkan pengobatan sendiri. Jika Anda mengalami gejala yang serius, seperti perdarahan berkepanjangan, nyeri yang tidak tertahankan, atau benjolan yang tidak dapat dimasukkan kembali, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban berat dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum. Hindari mengangkat barang-barang yang berat atau melakukan aktivitas fisik yang melibatkan beban berat selama Anda sedang mengalami ambeien. Jika Anda perlu mengangkat sesuatu, pastikan untuk menggunakan teknik pengangkatan yang benar dengan melibatkan otot-otot kaki dan menghindari mengejan.

Mengonsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

Minuman beralkohol dan kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan memperburuk sembelit, yang dapat memperparah gejala ambeien. Hindari minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman berkafein seperti kopi dan teh. Sebaiknya, minumlah air putih yang cukup untuk menjaga tubuh terhidrasi dan memperbaiki konsistensi tinja.

Baca Juga:  Menghilangkan Nyeri Wasir Melalui 4 Cara Sederhana

Menggunakan Produk Pembersih yang Mengandung Bahan Kimia

Penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia seperti pewangi atau deterjen keras dapat menyebabkan iritasi pada area anal dan memperburuk gejala ambeien. Hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia yang keras. Gunakan air hangat bersih atau sabun ringan yang tidak mengiritasi untuk membersihkan area anal.

Menunda Pengobatan

Ambeien yang tidak diobati atau diabaikan dapat memperburuk dan menyebabkan masalah yang lebih serius. Jangan menunda pengobatan jika Anda mengalami gejala ambeien. Segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan rekomendasi pengobatan yang sesuai.

Menggunakan Obat-obatan Tanpa Rujukan Dokter

Menggunakan obat-obatan tanpa petunjuk atau resep dokter dapat berbahaya dan memperburuk kondisi ambeien Anda. Hindari menggunakan obat-obatan over-the-counter tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan ambeien Anda.

Kesimpulan

Menghindari kegiatan atau kebiasaan yang dapat memperburuk gejala ambeien sangat penting untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi ketidaknyamanan. Jaga kebersihan, hindari mengejan terlalu kuat saat buang air besar, hindari makanan pedas dan berlemak, dan berkonsultasilah dengan dokter jika gejala Anda memburuk. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat mengurangi risiko komplikasi dan mempercepat proses penyembuhan ambeien.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *