173 views
Ambeien Parah, Bagaimana Akibatnya?

Ambeien atau wasir adalah kondisi yang umum terjadi pada manusia di seluruh dunia, terutama pada mereka yang berusia di atas 50 tahun. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di area anus dan rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Jika wasir tidak diobati dengan baik, maka bisa menyebabkan ambeien parah dan komplikasi yang serius. Kondisi ini dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Berikut adalah beberapa akibat yang bisa dialami jika memiliki wasir yang parah:

  1. Perdarahan: Wasir yang parah bisa menyebabkan pendarahan pada area anus. Pendarahan ini biasanya terjadi setelah buang air besar dan bisa sangat menyakitkan. Jika pendarahan terus berlanjut, maka bisa menyebabkan anemia atau kekurangan darah.
  2. Infeksi: Jika wasir terbuka dan terpapar bakteri, maka bisa terjadi infeksi pada area anus. Infeksi ini bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan bahkan demam.
  3. Trombosis: Wasir yang parah bisa mengalami trombosis atau pembekuan darah pada pembuluh darah yang terkena wasir. Trombosis bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan bahkan memerlukan tindakan medis yang segera.
  4. Prolaps: Wasir yang parah bisa menyebabkan prolaps atau keluarnya jaringan dari anus. Prolaps ini bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat parah dan memerlukan tindakan medis yang segera.
  5. Stenosis: Wasir yang parah bisa menyebabkan stenosis atau penyempitan pada area anus. Stenosis ini bisa menyebabkan kesulitan dalam buang air besar dan bahkan menyebabkan inkontinensia atau kehilangan kontrol atas fungsi buang air besar.
  6. Kanker: Wasir yang parah bisa memicu kanker kolorektal. Kanker ini bisa sangat berbahaya dan memerlukan perawatan medis yang intensif.

Untuk mencegah akibat yang serius dari wasir, penting untuk mengobati wasir secara tepat dan menghindari faktor risiko yang bisa menyebabkan wasir. Faktor resiko yang perlu dihindari seperti kurangnya olahraga, kebiasaan buang air besar yang tidak sehat, dan kebiasaan duduk terlalu lama di toilet. Jika Anda memiliki ambeien yang parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang serius.

Baca Juga:  Menjaga Sistem Imun untuk Mempercepat Penyembuhan Fistula Ani

 

Untuk mencegah ambeien atau wasir semakin parah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Konsumsi makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk wasir. Selain itu, makanan tinggi serat juga membantu menjaga kelembapan feses dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum.
  2. Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama di toilet atau kursi yang keras dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum, yang bisa menyebabkan wasir. Hindari duduk terlalu lama dan segera berdiri setelah selesai buang air besar.
  3. Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk wasir. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum.
  4. Minum cukup air. Minum cukup air dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, air juga membantu menjaga kelembapan feses dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum.
  5. Jangan menunda buang air besar. Menunda buang air besar dapat membuat feses semakin kering dan keras, yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum. Buang air besar segera setelah merasa ingin buang air besar.
  6. Hindari mengangkat beban yang berat. Mengangkat beban yang berat dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di area anus dan rektum, yang bisa menyebabkan wasir.
  7. Periksakan diri secara teratur. Periksakan diri secara teratur ke dokter untuk mendeteksi wasir sejak dini dan mencegah wasir semakin parah.
Baca Juga:  Bayi Mengalami Ambeien, Apakah Bisa?

 

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan ini, anda dapat mencegah wasir semakin parah dan memperbaiki kondisi wasir yang sudah ada. Namun, jika wasir Anda sudah parah atau mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Baca juga: Cara menghilangkan benjolan ambeien

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *