256 views
Ambeien Stadium 2, Gejala dan Pengobatannya

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi medis yang umum terjadi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak atau terjadi pembesaran. Ambeien bisa terjadi dalam berbagai stadium, dan stadium 2 adalah salah satu dari empat stadium yang umum terjadi. Pada stadium ini, ambeien telah keluar dari anus ketika seseorang menggunakan toilet, tetapi kemudian kembali ke tempatnya sendiri.

Gejala yang sering terjadi pada stadium 2 ambeien antara lain nyeri dan perasaan tidak nyaman di sekitar anus, perdarahan saat buang air besar, dan keluarnya lendir dari anus. Jika Anda mengalami gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Cara Mengobati Ambeien Stadium 2 Secara Alami Maupun dengan Obat-Obatan

Perubahan gaya hidup

Perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi gejala ambeien dan mencegah kondisi menjadi lebih buruk. Beberapa cara sederhana untuk mengurangi gejala ambeien meliputi:

  • Menghindari konstipasi dengan memperbanyak konsumsi serat dan minum banyak air.
  • Hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Berjalan-jalan atau berolahraga secara teratur untuk membantu melancarkan pencernaan.
  • Hindari duduk terlalu lama, terutama di toilet.

Obat-obatan

Beberapa obat-obatan dapat membantu mengurangi gejala ambeien stadium 2, termasuk:

  • Salep atau krim topikal yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
  • Supositoria yang mengandung hydrocortisone untuk meredakan peradangan di dalam anus.
  • Obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri.
Baca Juga:  Waspada! Abses Perianal Penyebab Fistula Ani

Pengobatan alami

Beberapa orang memilih untuk mengobati ambeien dengan menggunakan pengobatan alami. Beberapa pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi gejala ambeien meliputi:

  • Mengompres daerah yang terkena dengan air dingin atau es batu untuk mengurangi peradangan dan nyeri.
  • Mengonsumsi suplemen herbal seperti horse chestnut atau witch hazel yang dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi peradangan.
  • Mandi air hangat atau sitz bath dengan menambahkan garam Epsom ke air untuk mengurangi nyeri dan peradangan.

Namun, sebelum menggunakan pengobatan alami atau obat-obatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Dalam kasus yang parah, mungkin diperlukan prosedur medis untuk mengobati ambeien stadium 2. Beberapa prosedur medis yang dapat dilakukan termasuk ligasi atau pemberian band pada ambeien, skleroterapi, atau hemoroidktomi. Namun, prosedur medis ini biasanya hanya dilakukan jika perubahan gaya hidup dan pengobatan non-invasif lainnya tidak berhasil mengatasi ambeien stadium 2.

Untuk mencegah terjadinya ambeien stadium 2 atau mencegah kondisi menjadi lebih buruk, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan, antara lain:

Meningkatkan asupan serat

Makanan yang tinggi serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien. Konsumsilah makanan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sereal tinggi serat.

Minum banyak air

Minum cukup air dapat membantu mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. Minumlah setidaknya delapan gelas air per hari.

Hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar

Mengejan terlalu keras saat buang air besar dapat menyebabkan tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperparah kondisi ambeien.

Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperparah kondisi ambeien. Jika Anda harus duduk untuk waktu yang lama, cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan setiap beberapa menit.

Baca Juga:  Cara Menyembuhkan Nyeri Atau Sakit Wasir Dengan Daun Sirih

Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu melancarkan pencernaan dan memperbaiki sirkulasi darah, yang dapat mencegah terjadinya ambeien.

Jangan menunda-nunda buang air besar

Menunda-nunda buang air besar dapat membuat tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan, yang dapat menyebabkan sembelit dan memperparah kondisi ambeien.

Hindari mengangkat benda yang berat

Mengangkat benda yang berat dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan memperparah kondisi ambeien.

Kesimpulan

Ambeien stadium 2 dapat diobati dengan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau pengobatan alami. Namun, jika kondisi sangat parah, prosedur medis mungkin diperlukan. Untuk mencegah terjadinya ambeien stadium 2 atau mencegah kondisi menjadi lebih buruk, hindari sembelit, hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar, hindari duduk terlalu lama, dan berolahraga secara teratur.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *