13 views
Prosedur Tindakan Sfingterektomi lateral untuk Atasi Robekan pada Anus (Fisura Ani)

Fisura ani adalah robekan pada lapisan mukosa anus. Meski biasanya bisa sembuh dalam beberapa minggu dengan pengobatan, tak jarang kondisi fisura ani yang bertambah parah dan menyebabkan komplikasi membutuhkan operasi.

Tindakan fisura ani adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk memperbaiki robekan pada jaringan mukosa anus. Dokter biasanya merekomendasikan dilakukan tindakan bila metode pengobatan lain tidak berhasil mengatasi luka pada anus.

Dalam melakukan tindakan fisura ani ini, dokter akan membuat sayatan pada jaringan mukosa anus. Ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada anus dan membantu proses penyembuhan jaringan anus yang robek. Rasa nyeri yang ditimbulkan prosedur ini secara umum lebih ringan daripada rasa nyeri akibat fisura ani itu sendiri.

Sfingterektomi lateral adalah tindakan yang dilakukan Dokter bedah yang akan memotong otot kecil berbentuk cincin pada anus untuk mengurangi tekanan di sekitarnya. Prosedur ini akan membantu pemulihan jaringan mukosa anus dan mengurangi kemungkinan terbentuknya fisura di kemudian hari. Sfingterektomi lateral dapat dilakukan secara tertutup atau terbuka. Pada sfingterektomi terbuka, dokter akan membuat sayatan kecil pada kulit sehingga ia dapat melihat otot sfingter (otot yang membuka dan menutup seperti katup). Sementara pada sfingterektomi tertutup, dokter akan menggunakan pisau di bawah kulit untuk mencapai otot sfingter anus. Setelah itu, dokter akan memperbaiki robekan di sekitarnya sehingga jaringan anus bisa memulihkan diri.

Adapun perawatan yang dilakukan setelah tindakan Sfingterektomi lateral adalah sebagai berikut:

  • Beristirahat dengan cukup.
  • Mengikuti seluruh anjuran dokter dan perawat.
  • Minum lebih banyak air.
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat.
  • Tidak mengejan saat buang air besar.
  • Membersihkan anus dengan hati-hati.

Sfingterektomi lateral ini bisa menggunakan metode Radiofrequency yang minim rasa nyeri, minim perdarahan, tanpa rawat inap dan pasien bisa langsung pulang. Konsultasikan segera kesehatan anda di Klinik Utama Bedah STWC.

Rate this post
Baca Juga:  Perawatan Pasca Tindakan Operasi Wasir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *