18 views
Makanan Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

Salah satu faktor utama sembelit adalah banyak mengonsumsi makanan penyebab sembelit. Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Sembelit atau sering juga disebut konstipasi memiliki gejala seperti rasa mengganjal saat buang air besar, mengejan saat BAB (buang air besar), serta kondisi feses kering, menggumpal, dan keras.

Apabila mengalaminya, sebaiknya Anda segera mencari cara untuk mengatasi sembelit agar tidak semakin parah dan menjadi sembelit kronis. Temukan beberapa cara mencegah dan mengatasi sembelit pada penjelasan berikut ini.

Penyebab Sembelit pada Semua Kalangan

Sembelit dapat dialami oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, bahkan ibu hamil. Namun, penyebab susah BAB pada setiap orang dapat berbeda. Berikut ini adalah beberapa penyebab susah BAB yang umum terjadi:

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Jarang mengonsumsi sayur dan minum air putih yang cukup dapat menyebabkan sembelit. Selain itu, perubahan pola makan seperti terlalu banyak mengonsumsi olahan susu serta jarang berolahraga juga dapat menjadi penyebab susah BAB.

Oleh karenanya, penerapan gaya hidup sehat sangatlah penting. Anda dapat rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah, minum air putih minimal 8 gelas sehari, dan rajin berolahraga.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mencegah Fisura Ani

2. Sering Menunda BAB

Sering kali anak kecil atau orang dewasa menunda-nunda untuk buang air besar karena beberapa alasan. Tetapi kebiasaan ini harus segera ditinggalkan karena terlalu sering menunda BAB akan menyebabkan sembelit.

3. Mengidap Penyakit Tertentu

Bisa saja sembelit menjadi salah satu gejala sebuah penyakit. Meskipun jarang terjadi, tetapi penyakit-penyakit seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, radang usus, bahkan sampai kanker usus besar merupakan contoh-contoh penyakit yang memiliki gejala sembelit. 

4. Kehamilan

Sembelit menjadi salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh ibu hamil. Sebagian besar wanita hamil mengalami sembelit dikarenakan tubuhnya memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang mempunyai efek mengendurkan otot.

Banyaknya produksi hormon progesteron membuat otot pada usus besar sulit untuk berkontraksi sehingga menjadi penyebab susah BAB. Solusi yang dapat dilakukan selama masa kehamilan adalah lebih banyak mengonsumsi sayuran berserat, probiotik, dan membatasi asupan kalsium. 

Makanan Penyebab Sembelit yang Harus Dihindari

Penyebab dari sembelit dapat tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi seseorang. Semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk pada makanan penyebab sembelit ini. Mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini secara berlebihan nyatanya dapat menyebabkan sembelit.

1. Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak-anak. Namun tahukah Anda bahwa cokelat merupakan salah satu makanan penyebab sembelit, terutama jika dikonsumsi berlebihan?

Belum ada riset khusus mengapa cokelat bisa menyebabkan sembelit, tetapi beberapa peneliti mengklaim bahwa kandungan susu dalam coklat kemungkinan menjadi masalah utamanya. Selain itu, kandungan kafein pada coklat juga dapat menjadi penyebab terjadinya sembelit pada seseorang.

2. Olahan Susu

Orang yang mengalami sembelit karena susu biasanya adalah seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa yang  terkandung dalam susu sapi, kambing, atau domba. Laktosa adalah gula alami dalam susu. Seseorang dengan kondisi tersebut biasanya tidak mempunyai enzim pencernaan yang dikhususkan untuk mencerna laktosa.

Baca Juga:  ABSES ANUS, INFEKSI PADA DAERAH ANUS YANG MENYAKITKAN

3. Makanan yang Mengandung Gluten

Makanan penyebab sembelit selanjutnya adalah makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah protein yang terkandung dalam gandum, jelai, padi-padian, dan triticale. Beberapa orang jika mengonsumsi gluten dapat mengalami sembelit. Biasanya orang-orang tersebut mengidap penyakit celiac yaitu sindrom usus besar dan intoleransi gluten. 

4. Makanan yang Menimbulkan Alergi

Sebagian orang memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Salah satu reaksi alergi yang timbul adalah sembelit. Contoh makanan penyebab sembelit karena reaksi alergi adalah seafood, telur, dan kacang-kacangan.

Cara Mengatasi Sembelit dengan Cepat dan Mudah

Sembelit dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut ini adalah cara mengatasinya dengan cepat dan mudah: 

1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang baik dalam meningkatkan gerak usus dan lebih menyehatkan usus Anda. Yogurt juga mengandung bakteri baik yang berfungsi untuk melunakkan feses sehingga akan memudahkan buang air besar. Mengonsumsi yogurt juga dikenal sebagai cara yang cepat dan mudah dalam mengatasi sembelit.

2. Mengonsumsi Brokoli

Memasukkan menu sayur brokoli ke dalam makanan sehari-hari juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi sembelit. Brokoli bermanfaat untuk mengatasi sembelit karena mengandung sulforafan di dalamnya. Sulforafan berfungsi untuk melindungi dan melancarkan pencernaan pada usus dan juga dapat mencegah perkembangan mikroorganisme yang dapat mengganggu pencernaan dalam usus besar.

3. Jangan Pernah Menunda BAB

Setelah mengetahui sering menunda BAB adalah penyebab sembelit, maka sebisa mungkin jangan pernah menundanya lagi. Menunda BAB hanya akan membuat feses menjadi keras dan mengakibatkan terjadinya sembelit.

4. Menaikkan Kaki saat BAB

Sebagian orang sudah menggunakan WC duduk saat buang air besar. Akan tetapi, menggunakan WC duduk saat sembelit justru dapat sangat menyulitkan. Salah satu cara mengatasi dan membantu feses keluar adalah dengan menaikkan kaki.

Baca Juga:  Makanan Penderita Wasir yang Sebaiknya Dihindari

Menaikkan kaki berguna dalam merangsang pergerakan usus untuk berkontraksi dan memudahkan dalam BAB. Anda dapat meletakkan bangku kecil di depan kloset dan menempatkan kaki Anda di atas bangku kecil tersebut. Hal ini bisa dilakukan sebagai upaya untuk meringankan sembelit.

Baca juga untuk artikel menarik lainnya: Waspada Hoax! Tape Singkong Sebagai Obat Ambeien

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *