49 views
Bisakah Anak-Anak Terkena Wasir??

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena wasir. Wasir adalah pembuluh darah (yang ada di dalam dan sekitar anus dan rektum bagian bawah) yang membengkak. Kondisi ini dapat ditemukan baik internal (di dalam anus) atau eksternal (di bawah kulit di sekitar anus). Jika anak menangis saat mengejan, maka bisa jadi itu gejala adanya wasir atau anak terkena ambeien. Ketika wasir terjadi, jaringan anus mengalami peningkatan tekanan yang menyebabkan pembengkakan dan peregangan berlebihan. Anak-anak yang terkena wasir bisa disebabkan oleh tekanan di sekitar anus saat mengejan. Nah, penyebab wasir paling umum adalah sembelit.

Lantas, seperti apa gejala wasir  pada anak yang perlu diketahui?

Ketahui Gejala Wasir Pada Anak-Anak

Jika Si Kecil memiliki wasir, ia mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut:

  • Pendarahan dubur, gatal di area anus, dan rasa tidak nyaman.
  • Ada darah di usus. Hal ini akibat pembuluh darah di daerah anus pecah. Pendarahan rektum seperti itu juga bisa menjadi indikasi masalah yang berbeda dan harus segera diperiksa oleh dokter anak.
  • Adanya wasir menyebabkan keluarnya zat seperti lendir yang membuat anus dan daerah sekitarnya tidak nyaman dan lembab. Akibatnya, selalu ada rasa gatal atau iritasi di area anus.
  • Anak menghindari pergi ke toilet sama sekali untuk menghindari rasa sakit saat mengejan BAB.
  • Wasir eksternal muncul dengan menonjol keluar dari anus. Hal ini adalah tanda ambeien yang membutuhkan perawatan.

Bagaimana Penanganan Wasir Pada Anak?

Karena penyebab paling umum dari wasir adalah sembelit, penting bagi orang tua untuk memastikan kebutuhan serat harian anak tercukupi. Sebab sembelit sering kali disebabkan oleh kurangnya asupan serat, hidrasi, dan olahraga yang memadai.

Baca Juga:  Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Fisura Ani

Perawatan wasir  juga dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Mandi air hangat dua atau tiga kali sehari untuk menenangkan area anus. Namun, hindari penggunaan sabun batangan dan bersihkan area anus setelah mandi.
  • Jika area anus meradang dan gatal, maka kompres es atau kompres dingin untuk meredakannya.
  • Jika anak menggunakan tisu toilet, sebaiknya sarankan untuk menggunakan tisu basah. Karena tisu toilet kering dapat mengiritasi anus.
  • Jika anak selalu mengeluhkan rasa sakit, berikan ia beberapa obat penghilang rasa sakit seperti asetaminofen. Obat tersebut dapat mengurangi rasa sakit di area anus.
  • Berikan juga krim wasir bebas resep yang aman untuk anak.

Jika ayah dan ibu kesulitan mengenali gejala pasti wasir pada anak, segera kunjungi Klinik Bedah STWC ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah. Dokter biasanya mencari tanda-tanda wasir dengan mengamati area luar anus atau dengan melakukan pemeriksaan anal internal.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *