40 views
4 Tanaman Ini Berkhasiat sebagai Obat Herbal untuk Wasir

Berbagai cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit wasir adalah dengan mengkonsumsi obat herbal yang ada di pekarangan rumah.

Manfaat tanaman herbal sendiri identik dengan kesehatan seperti bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit, mencegah terjangkitnya penyakit, menjaga kesehatan tubuh atau kulit, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik lainnya: Bebas Wasir dalam 5 Menit, Teknologi Penyembuhan di Klinik Wasir Jakarta

Tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai obat alami jarang sekali menimbulkan efek samping. Tanaman-tanaman tersebut dipercaya lebih aman dibandingkan obat yang dibuat dari bahan kimia.

Tanaman Sebagai Obat Herbal Untuk Mengatasi Wasir

Daun Sirsak

Daun sirsak mempunyai banyak kandungan nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, fruktosa, protein, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan mengkonsumsi banyak serat maka akan membantu melunakkan tinja.

Adapun cara mengolah daun sirsak untuk obat wasir, yaitu dengan cara merebus atau mengeringkannya. Jika menggunakan cara direbus maka bagian yang dikonsumsi adalah air rebusannya.

Anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air. Sedangkan jika dikeringkan, Anda harus meminumnya seperti minum teh.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti meredakan asam lambung, menyembuhkan diabetes, mengobati luka bakar, mengurangi sariawan, mengobati kanker, menurunkan kadar kolesterol, hingga mengatasi wasir.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat wasir adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian anus. Hal ini bisa dilakukan jika anus yang diderita adalah jenis eksternal atau luar.

Baca Juga:  Kelola Stres untuk Mempercepat Proses Penyembuhan Fistula

Namun, sebelum melakukannya Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah kulit memiliki alergi terhadap lidah buaya atau tidak.

Pisang Batu

Pisang batu atau pisang klutuk adalah jenis pisang yang cukup unik karena buahnya mempunyai banyak biji.

Cara mengolahnya adalah dengan mengambil 3-5 pisang kemudian cuci bersih dan parut lalu peras. Air perasan tersebut tambahkanlah dengan pulosari dan gula merah atau gula aren. Aduk hingga merata kemudian minum satu sampai dua kali dalam sehari.

Tomat

Tomat tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan, tetapi juga sebagai obat. Menurut penelitian, tomat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi diabetes, menurunkan risiko penyakit jantung, mengobati kanker, hingga mengatasi wasir.

Cara mengolah tomat jika digunakan sebagai obat wasir adalah dengan merebus beberapa buah tomat kemudian saring dengan menggunakan kain bersih. Setelah  dingin, oleskan tomat pada bagian wasir.

Demikian ulasan singkat mengenai tanaman herbal yang bisa dipraktekkan di rumah, semoga bermanfaat!

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *