66 views
Metode Sunat Modern Minim Rasa Sakit

Dalam dunia medis, sunat dilakukan dengan metode konvensional dan juga modern. Sunat merupakan suatu tindakan pemotongan kulit yang menutupi kepala penis. Sunat umumnya dilakukan saat usia anak-anak, namun kini juga banyak laki-laki dewasa yang melakukannya.

Di Indonesia, proses ini umumnya dilakukan saat anak laki-laki memasuki usia sekolah dasar atau sekitar 6–10 tahun. Semakin tua usia anak laki-laki atau pria yang disunat, semakin bertambah juga risiko, tingkat kerumitan, dan lama proses penyembuhannya.

Ilmu kesehatan kini terus berkembang pesat, salah satunya metode sunat. Selain metode konvensional kita mengenal sunat stapler. Metode konvensional merupakan metode membutuhkan proses penyembuhan yang lama, selain itu, rasa sakit yang ditimbulkan kadang membuat anak menjadi takut untuk melakukan sunat.

Apa Itu Sunat Modern Menggunakan Stapler?

Sunat stapler adalah metode sunat yang secara sederhana menggunakan alat bernama stapler. Dokter atau ahli bedah menggunakan alat ini untuk melakukan sunat pada bayi atau laki-laki dewasa. Stapler berfungsi mengangkat kulup penis secara cepat, aman, dan efisien. Alat stapler memiliki sembilan ukuran berbeda untuk hasil terbaik setiap kali prosedur.

Alat sunat ini mencakup dua bagian, yaitu inner bell dan outer bell. Inner bell dirancang untuk melindungi kelenjar bagian dalam. Sedangkan outer bell yang terdiri dari pisau untuk memotong  kulit kulup penis dan staples berfungsi menutup luka untuk menghentikan perdarahan.        

Baca Juga:  Sering Anal Seks, Dapat Menyebabkan Wasir?

Kelebihan Sunat Modern  Menggunakan Stapler

1. Durasi tindakan lebih cepat

Pada umumnya beberapa metode sunat akan membutuhkan waktu hingga 30 menit, tetapi tidak dengan metode sunat stapler. Proses sunat ini terbilang cepat, yakni hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. 

2. Minim rasa nyeri

Melakukan sunat dengan metode stapler juga sangat mengurangi rasa sakit atau nyeri, baik saat prosedur berlangsung maupun sesudahnya. 

3. Minim Pendarahan

Kelebihan sunat stapler selama prosedur, pendarahan 5 kali lebih sedikit daripada metode konvensional.

4. Tidak memerlukan jahitan

Metode sunat stepler  ini tidak memerlukan jahitan dengan jarum.

5. Hasil operasi lebih baik kelebihan

Sunat stapler dapat memberikan hasil yang lebih baik secara kosmetik.

6. Minim risiko komplikasi setelah sunat

Tak hanya mengurangi rasa sakit saat berlangsung dan sesudah disunat, menggunakan metode stapler ini ternyata juga menurunkan risiko komplikasi seperti perdarahan dan penis bengkak. Bahkan juga lebih baik jika dibandingkan dengan metode sunat laser maupun klamp.

7. Proses penyembuhan lebih cepat

Biasanya setelah disunat anak-anak maupun orang dewasa akan membutuhkan waktu penyembuhan yang cukup lama, namun jika menggunakan metode stapler diklaim lebih cepat.

Luka sunat pada anak laki-laki maupun pria dewasa yang disunat dengan stapler akan sembuh dalam kurun waktu 12 hari, lho. 

8. Perawatan setelah sunat modern menggunakan stapler

Jika menggunakan metode ini, Anda tidak perlu khawatir karena pasien bisa langsung pulang ke rumah.

Hal itu diperbolehkan karena sunat stepler memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan metode lainnya. Jika Anda ingin proses penyembuhannya lebih optimal, berikut ini beberapa tips perawatan wajib diterapkan:

  • Menggunakan celana longgar. 
  •  Mengganti perban secara berkala.
  • Tidak menggunakan sabun dengan pewangi untuk membersihkan penis.
  •  Tidak mengeringkan atau menggosok penis dengan handuk.
  • Mengonsumsi makanan yang mempercepat penyembuhan luka sunat, seperti telur, ikan salmon, buah beri, dan sayuran berdaun hijau.
  • Minum obat yang diberikan oleh dokter secara teratur.
  • Istirahat yang cukup.
Baca Juga:  Faktor Penyembuhan Luka Pasca Operasi Ambeien

Sunat stepler  memang memiliki beberapa kelebihan daripada sunat konvensional karena keuntungan dari waktu operasi yang lebih singkat dan komplikasi yang ditimbulkan saat operasi maupun setelah operasi lebih sedikit.

Namun tentunya jika Anda  memilih metode ini, tetap harus ada perawatan wajib yang dilakukan agar proses penyembuhannya bisa lebih optimal.

Klinik ST Wasir Center melayani sunat anak dan dewasa dengan metode stapler yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah profesional. Dengan menggunakan stapler, Anda atau sang buah hati  bisa langsung beraktivitas setelah tindakan sunat. Jadi tunggu apalagi?  Segera Booking pengobatan Anda disini. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *