703 views
Operasi Fistula Ani Menggunakan Laser (FILAC)

Fistula ani adalah kondisi medis yang seringkali mempengaruhi saluran dubur atau rektum. Penyakit ini suatu saluran abnormal yang terbentuk antara permukaan kulit di sekitar anus dengan saluran rektum. Fistula ani biasanya terjadi karena infeksi abses yang tidak sembuh dengan sendirinya sehingga memerlukan penanganan dengan laser. Fistula ani dapat menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan, dan keluarnya cairan atau nanah dari lubang di sekitar anus.

Hingga saat ini, pengobatan fistula ani melibatkan pembedahan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu metode pembedahan terbaru yang semakin banyak digunakan adalah operasi menggunakan laser yang dikenal sebagai Fistula Laser Closure (FILAC).

FILAC adalah teknik operasi yang menggabungkan penggunaan laser dan penggunaan jahitan untuk mengatasi fistula ani. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan anestesi umum atau anestesi lokal, tergantung pada kompleksitas kasus dan preferensi dokter serta pasien.

Berikut adalah tahapan dari operasi Laser (FILAC)

1. Pembersihan dan Persiapan

Pasien akan diminta untuk membersihkan daerah sekitar anus dengan benar sebelum operasi. Pada hari operasi, pasien akan diminta untuk berpuasa beberapa jam sebelum prosedur dimulai.

2. Anestesi

Pasien akan diberikan anestesi umum atau anestesi lokal untuk membuatnya tidak merasakan sakit selama operasi.

3. Identifikasi Fistula

Dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengidentifikasi jalur fistula dan memastikan jalur fistula yang tepat sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Penggunaan Laser

Setelah jalur fistula diidentifikasi, dokter akan menggunakan laser untuk menghancurkan jaringan fistula yang abnormal. Laser yang digunakan dirancang untuk memotong dan mengkoagulasi jaringan dengan akurasi tinggi, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya.

5. Penutupan Fistula

Setelah jaringan fistula dihancurkan dengan laser, langkah selanjutnya adalah menutup jalur fistula menggunakan jahitan. Jahitan ini membantu memastikan agar jalur fistula yang diobati tetap tertutup dan mencegah cairan atau nanah keluar lagi.

Baca Juga:  Hobi Berkuda Bisa Menyebabkan Wasir?

6. Perawatan Pasca Operasi

Setelah operasi, pasien akan dirawat di rumah sakit selama beberapa hari untuk pemantauan dan perawatan. Pasien mungkin akan diberikan obat penghilang rasa sakit dan antibiotik untuk membantu proses pemulihan.

Keuntungan Operasi Fistula ani menggunakan Laser (FILAC)

Operasi Fistula ani menggunakan Laser (FILAC) menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan teknik operasi konvensional. Keuntungan-keuntungan ini antara lain:

  • Lebih sedikit nyeri pasca operasi
  • Waktu pemulihan yang lebih cepat
  • Risiko infeksi yang lebih rendah
  • Kemungkinan adanya bekas luka lebih kecil atau bahkan tidak ada

Meskipun FILAC menawarkan banyak manfaat, tidak semua pasien dengan fistula ani cocok untuk menjalani operasi ini. Keputusan untuk melakukan operasi FILAC harus dibuat berdasarkan konsultasi antara pasien dan dokter, serta evaluasi kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh.

Sebagai metode operasi yang relatif baru, FILAC terus diuji dan dievaluasi oleh komunitas medis. Namun, hasil awal menunjukkan bahwa teknik ini menjanjikan sebagai alternatif yang efektif dan inovatif dalam mengobati fistula ani. 

Klinik Utama Bedah STWC melakukan pengobatan fistula ani melalui 2 metode unggul, radiofrequency dan FILAC (laser). Kedua metode ini digunakan berdasarkan kondisi fistula masing-masing pasien. Konsultasikan fistula anda ke Klinik Utama STWC untuk mendapatkan pengobatan paling efektif dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *