77 views
Tanda Bahaya Wasir dan Kapan Harus Segera Ditangani

Wasir, juga dikenal sebagai hemoroid, adalah kondisi umum di mana pembuluh darah di area rektum dan anus membengkak dan meradang. Kondisi ini bisa sangat mengganggu dan menyakitkan, terutama ketika wasir menjadi parah atau mengalami komplikasi. Meskipun sebagian besar kasus wasir dapat diobati dengan perubahan gaya hidup, pengobatan rumah, dan obat-obatan, ada situasi di mana wasir bisa menjadi kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera.

Apa itu  wasir dan mengapa bisa terjadi?

Wasir terjadi ketika pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami tekanan berlebihan, yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Ada dua jenis utama wasir, yaitu wasir internal yang terletak di dalam rektum dan wasir eksternal yang terletak di luar anus. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya wasir meliputi tekanan pada pembuluh darah di area panggul akibat sembelit, kehamilan, duduk atau berdiri terlalu lama, obesitas, dan pola makan yang rendah serat.

Wasir memiliki bahaya yang ditandai dengan gejala berikut:

1. Rasa gatal dan terbakar di sekitar anus.

2. Benjolan atau pembengkakan di dekat anus.

3. Darah merah terang pada kertas toilet atau di permukaan tinja.

4. Rasa tidak nyaman atau nyeri saat duduk, berdiri, atau buang air besar.

Tanda bahaya wasir

Meskipun wasir umumnya tidak membahayakan, ada situasi ketika gejala wasir dapat menandakan kondisi yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis segera. Beberapa tanda bahaya wasir yang perlu diwaspadai meliputi:

1. Pendarahan yang berat

Jika Anda mengalami pendarahan berat dari wasir yang tidak berhenti setelah beberapa hari atau jika darah berwarna lebih gelap, ini bisa menjadi tanda peringatan adanya masalah yang serius.

Baca Juga:  Apakah Operasi Ambeien Dapat Ditanggung oleh Asuransi?

2. Trombosis

Jika wasir eksternal mengalami pembekuan darah, dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, peradangan yang signifikan, dan benjolan biru atau ungu. Kondisi ini dikenal sebagai trombosis hemoroid dan memerlukan perhatian medis segera.

3. Anemia

Jika pendarahan dari wasir menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan, dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelemahan, pusing, dan lelah yang berlebihan.

4. Perubahan dalam buang air besar

Jika ada perubahan tiba-tiba dalam pola buang air besar, seperti perasaan tidak dapat mengosongkan rektum sepenuhnya, hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah lebih serius.

Kapan harus ke pertolongan medis

Jika Anda mengalami gejala wasir yang tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, atau jika Anda mengalami tanda-tanda bahaya wasir seperti yang disebutkan di atas, segera cari bantuan medis. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan memberikan diagnosis yang tepat. Mereka juga dapat mengevaluasi apakah ada masalah lain atau komplikasi yang perlu ditangani. Jangan menunda kunjungan ke dokter jika Anda merasa cemas atau khawatir tentang kondisi wasir Anda. Timbulnya masalah wasir yang serius dapat diatasi lebih baik jika diidentifikasi dan ditangani sedini mungkin.

Wasir adalah kondisi umum yang dapat diatasi dengan perawatan medis dan perubahan gaya hidup. Meskipun sebagian besar kasus wasir dapat ditangani di rumah, penting untuk mengenali tanda-tanda bahaya wasir yang memerlukan perhatian medis segera. Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. Dengan perawatan yang tepat dan pencegahan yang baik, Anda dapat mengatasi masalah wasir dengan efektif dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Konsultasikan wasir atau penyakit anorektal kamu dengan dr. Tony Sukentro, Sp.B di Klinik ST Wasir Center Jakarta. ST Wasir Center hadir sebagai solusi permasalahan wasir dengan membawa berbagai layanan metode terkini untuk pengobatan wasir. Pengobatannya juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan tenaga medis ahli professional, juga harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Baca Juga:  Cara Mencegah Fisura Ani Yang Menyakitkan

Kamu, bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai biaya, lokasi, hingga metode yang ada di ST Wasir Center dengan menghubungi nomor 0878-8756-6315 melalui layanan konsultasi Whatsapp.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *