88 views
Pemeriksaan Anuscopy dengan Alat Tercanggih Video Retroscopy di Klinik ST Wasir Center 

Pemeriksaan anuscopy (anuskopi) adalah prosedur medis untuk mendeteksi gangguan pada saluran pencernaan, khususnya pada rektum dan anus. Rektum merupakan bagian akhir dari usus besar, sedangkan anus merupakan tempat keluarnya feses dari tubuh.

Anuskopi dapat mendeteksi berbagai masalah pada rektum dan anus, seperti robekan pada anus (fisura ani), wasir, dan polip rektum. Prosedur ini juga membantu mendeteksi benda asing pada anus, infeksi, serta tumor yang berpotensi menjadi kanker.

Tujuan Pemeriksaan Anuscopy

Pemeriksaan ini umumnya bertujuan untuk mendiagnosis penyakit dan kondisi di bawah ini.

1.  Wasir

Wasir (ambeien) yaitu pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar rektum atau anus. Meski kerap tak berbahaya, pembuluh vena yang membengkak dapat menyebabkan perdarahan, nyeri, dan rasa tidak nyaman saat buang air besar.

2.      Fisura ani

Selaput lendir yang melapisi anus dapat mengalami robekan atau luka kecil. Kondisi ini dikenal sebagai fisura ani. Biasanya, penyebab utamanya yakni kebiasaan mengejan saat BAB akibat feses yang keras dan sulit dikeluarkan.

3.      Polip rektum atau usus

Pemeriksaan saluran cerna bawah seperti anuskopi sangat efektif untuk mendiagnosis polip kolorektal (usus besar dan rektum). Polip merupakan pertumbuhan jaringan yang tak normal. Meski umumnya bersifat jinak, polip dapat berkembang menjadi kanker.

4.      Kanker kolorektal

Beberapa kasus polip pada rektum atau usus besar dapat berkembang menjadi kanker kolorektal (usus besar dan rektum). Kondisi ini ditandai dengan perubahan kebiasaan buang air besar, BAB berdarah, dan sakit perut berkepanjangan.

Baca Juga:  Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Jadi Penyebab Wasir

5.      Pemeriksaan Anuscopy Pada Kondisi lainnya

Anuscopy juga membantu dokter dalam menangani kondisi medis lain yang di antaranya yaitu:

  •       peradangan, pembengkakan, dan/atau iritasi di sekitar anus,
  •       pembentukan kantong berisi nanah (abses) pada rektum atau usus besar,
  •       adanya benda asing di dalam usus,
  •       buang air besar yang nyeri, serta
  •       rasa gatal berkepanjangan pada anus.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan di bagian anus tetapi masih bingung dengan diagnosa penyakit yang diderita, Anda bisa datang ke Klinik Utama Bedah ST Wasir Center untuk melakukan pemeriksaan anuscopy. Keuntungan melakukan pemeriksaan anuscopy di Klinik Utama Bedah ST Wasir Center adalah menggunakan alat tercanggih dari Korea yaitu Video Retroscopy keluhan yang anda rasakan dapat terlihat jelas di kamera video retroscopy sepeti wasir, fisura atau penyakit anorektal lainnya sehingga tidak terjadi kesalahan diagnosis. Keuntungan lainnya anda mendapatkan print mediview hasil pemeriksaan anuscopy anda. Pemeriksaan anuscopy di lakuakn oleh dokter spesialis bedah.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *