61 views
Prosedur Operasi Hemoroid untuk Menyembuhkan Wasir

Wasir atau ambeien merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah yang terdapat pada rektum atau usus bagian akhir. Bagian pembengkakan ini juga bisa melanda pada bagian anus atau dubur. Di saat gejala wasir sudah dirasa mulai sangat mengganggu, operasi hemoroid mungkin perlu dilakukan untuk mengangkat wasir tersebut. Hemoroidektomi merupakan prosedur operasi di dalam penanganan penyakit wasir atau ambeien.

Wasir dapat terjadi pada siapa saja dan umumnya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang menciptakan rasa tidak nyaman serta diiringi dengan gatal pada anus atau dubur. Kondisi itu juga ditandai dengan adanya iritasi yang disertai dengan pembengkakan di area tersebut.

Pada beberapa kasus, wasir dapat muncul tanpa disertai dengan beberapa gejala yang mengganggu, pengobatan mungkin sangat dibutuhkan jika rasa tidak nyaman dari penyakit tersebut mulai muncul dan mengganggu pasien.

Kapan harus melakukan operasi hemoroid?

Operasi hemoroidektomi dapat diproses dalam mengobati penyakit wasir atau ambeien. Umumnya, tindakan ini dilakukan jika pengobatan lain sudah dijalani oleh pasien tidak berhasil. Secara umum, prosedur ini dilakukan sebagai upaya dalam pengangkatan wasir atau ambeien. Di dalam proses operasi hemoroidektomi, biasanya dokter atau tenaga medis akan memberikan obat bius umum kepada pasien yang akan melakukan proses ini.

Pasien yang akan menjalani proses ini akan dibuat tidak sadar agar tidak merasakan rasa sakit selama dalam prosedur hemoroidektomi dijalankan. Umumnya obat bius akan menghilang dalam beberapa jam setelah prosedur operasi selesai. Terkadang, beberapa pasien akan merasakan rasa sakit setelah prosedur operasi selesai, yaitu ketika pengaruh obat bius telah menghilang atau berkurang pasca beberapa jam setelah operasi.

Baca Juga:  Gaya Hidup Selama Kehamilan Yang Mengurangi Risiko Wasir

Bagaimana proses operasi hemoroid?

Prosedur operasi hemoroidektomi dilakukan untuk mengangkat wasir dengan melibatkan sayatan kecil pada anus. Sayatan itu nantinya akan dijadikan jalur untuk memotong hemoroid. Prosedur pembedahan akan dilakukan pada jaringan tubuh dimana ambeien tumbuh.

Selanjutnya pembuluh darah yang membengkak nantinya akan diikat, sehingga risiko perdarahan dapat dicegah. Setelah proses itu selesai, berikutnya proses pengangkatan wasir akan dimulai.

Pada saat sudah selesai, dokter akan melakukan proses penjahitan kepada daerah bekas sayatan agar tertutup kembali. Namun ada beberapa kasus bekas operasi mungkin dibiarkan tetap terbuka. Setelah pasca operasi, biasanya pasien akan merasakan gejala nyeri  selama beberapa waktu.

Berapa lama waktu penyembuhan pasca operasi hemoroid?

Waktu yang dibutuhkan untuk pasien dalam pemulihan pasca operasi, biasanya memerlukan waktu sampai 2 minggu. Terkadang lamanya waktu pemulihan atau penyembuhan dari setiap pasien itu berbeda-beda, tergantung dari kondisi fisik dan psikis pasien tersebut. Hal terpenting yang harus diperhatikan ialah, bahwa pasien harus beristirahat selama kurang lebih 7 hari pasca tindakan operasi untuk mempercepat pemulihan bagi pasien.

Pencegahan hemoroid agar tidak kambuh

Walaupun telah menjalani prosedur hemoroidektomi dan wasir telah diangkat, namun tetap saja ada peluang wasir dapat kambuh atau muncul kembali. Untuk hal tersebut, sangat penting menjalankan serta menerapkan kehidupan sehat dan pola makan yang bergizi secara seimbang. Sebagai proses pencegahan supaya wasir atau ambeien tidak kembali kambuh, maka disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain dengan prosedur hemoroidektomi, wasir juga dapat ditangani dengan cara pengobatan lain, yaitu dengan cara stapled hemorrhoidopexy. Prosedur itu dilakukan dengan menggunakan stapling yang merupakan prosedur pengobatan alternatif dalam menangani wasir. Berbeda dengan hemoroidektomi yang melibatkan sayuran di dalam operasinya. Stapled hemorrhoidopexy dilakukan dengan menggunakan alat khusus dalam reposisi wasir ke tempat normalnya.

Baca Juga:  Cara Mangatasi Jengger Ayam (Kutil Kelamin) Pada Wanita

Pengobatan wasir perlu disegerakan, sebab wasir yang tidak ditangani dengan tepat dapat memicu terbentuknya gumpalan darah atau thrombosed hemorrhoids. Hal itu yang dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri yang hebat dengan disertai pembengkakan atau tumbuhnya benjolan disekitar anus atau dubur.

Anda sedang mengalami wasir dan bingung bagaimana mengatasinya? ST Wasir Center Solusinya tepat Atasi Wasir dan Fistula Anda. Dengan dokter yang sudah berpengalaman, Terapi obat hingga tindakan menggunakan alat terkini & modern. Mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang memadai serta nyaman.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *