49 views
Risiko Wasir Tidak Diobati Selama Bertahun-tahun

Wasir, yang juga dikenal sebagai hemoroid, adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapa pun, terlepas dari usia atau jenis kelamin. Wasir terjadi ketika pembuluh darah di dalam rektum atau anus membengkak dan teriritasi. Jika tidak diobati, wasir dapat menjadi masalah serius. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai risiko wasir apabila tidak diobati selama bertahun-tahun.

1. Nyeri dan Ketidaknyamanan yang Berkelanjutan

Wasir yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan yang berkelanjutan. Pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di dalam rektum atau anus dapat menjadi semakin parah seiring waktu. Ini bisa mengganggu kualitas hidup sehari-hari, membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahkan saat duduk atau berjalan.

2. Perdarahan

Salah satu gejala umum wasir adalah perdarahan dari rektum atau anus. Jika wasir tidak diobati, perdarahan ini bisa menjadi lebih sering dan berat. Perdarahan yang berkelanjutan dapat mengarah pada kehilangan darah yang signifikan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan anemia (kurangnya sel darah merah dalam tubuh).

3. Infeksi

Wasir yang teriritasi atau terluka karena gesekan atau tekanan yang berlebihan dapat berisiko terkena infeksi. Infeksi pada wasir dapat mengakibatkan pembengkakan yang lebih serius dan memerlukan perawatan medis yang lebih lanjut.

4. Prolaps

Wasir yang tidak diobati bisa semakin memburuk dan menjadi prolaps. Prolaps adalah kondisi di mana wasir turun dari dalam rektum atau anus. Ini bisa sangat tidak nyaman dan memerlukan perawatan medis yang mendalam, mungkin bahkan operasi.

5. Pembentukan Bekuan Darah

Kadang-kadang, wasir dapat menyebabkan pembentukan bekuan darah di dalamnya, yang dikenal sebagai trombosis hemoroid. Ini bisa sangat nyeri dan memerlukan tindakan medis segera.

Baca Juga:  Apakah Boleh Penderita Wasir Melakukan Gym?

6. Komplikasi Serius

Wasir yang tidak diobati dan terus dibiarkan berkembang selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan komplikasi serius, seperti jaringan parut di sekitar anus, abses, atau fistula (hubungan abnormal antara dua organ). Semua komplikasi ini memerlukan perawatan medis yang intensif dan kadang-kadang intervensi bedah.

7. Gangguan Psikologis

Selain dampak fisiknya, wasir yang tidak diobati juga dapat berdampak pada kesejahteraan psikologis penderitanya. Rasa malu dan ketidaknyamanan karena gejala wasir dapat menyebabkan gangguan mental, seperti depresi atau kecemasan.

Untuk menghindari resiko yang terkait dengan wasir yang tidak diobati selama bertahun-tahun, penting untuk segera mencari perawatan medis ketika gejala muncul. Perubahan gaya hidup seperti meningkatkan asupan serat, minum cukup air, dan rutin berolahraga juga dapat membantu mencegah wasir. Jika Anda mengalami gejala wasir, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan yang dapat memberikan perawatan dan saran yang tepat. Semakin dini wasir diobati, semakin baik prognosis dan kualitas hidup penderitanya. Anda dapat mengunjungi atau menghubungi STWC atau ST Wasir Center untuk mendapatkan penanganan langsung dari para ahli medis di bidangnya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *