38 views
Video Operasi Wasir Yang Wajib Diketahui

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi di mana pembuluh darah di daerah anus dan rektum mengalami peradangan dan pembengkakan. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, gatal, perdarahan, dan bahkan prolaps (keluarnya jaringan ambeien keluar dari anus). Meskipun sebagian besar kasus ambeien dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan non-bedah, ada beberapa situasi di mana operasi ambeien mungkin diperlukan. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang operasi ambeien, termasuk prosedur yang umum dilakukan, beberapa video operasi wasir, dan pengobatan setelah operasi.

Prosedur Operasi Ambeien

Operasi ambeien dilakukan ketika pengobatan non-bedah tidak berhasil atau ambeien menjadi sangat parah. Ada beberapa jenis prosedur yang dapat dilakukan tergantung pada tingkat keparahan ambeien. Berikut ini adalah beberapa prosedur operasi ambeien yang umum dilakukan:

  1. Hemoroidektomi: Ini adalah prosedur yang paling umum dilakukan untuk menghilangkan ambeien. Selama hemoroidektomi, dokter akan mengangkat jaringan ambeien yang membesar dan mengikat pembuluh darahnya. Prosedur ini biasanya dilakukan di bawah anestesi umum atau spinal.
  2. Stapler Hemorrhoidopexy: Prosedur ini melibatkan menggunakan perangkat yang disebut stapler untuk memposisikan kembali jaringan ambeien ke tempatnya semula. Stapler digunakan untuk memotong aliran darah ke ambeien dan mengangkat jaringan yang membesar. Hal ini membantu dalam mengurangi ukuran ambeien dan mengurangi gejala. Stapler Hemorrhoidopexy sering dilakukan dengan anestesi umum.
  3. Skleroterapi: Metode ini biasanya digunakan untuk mengatasi ambeien yang lebih kecil. Dalam skleroterapi, dokter menyuntikkan bahan kimia ke dalam pembuluh darah ambeien untuk menyebabkan pengkerutan dan penyumbatan aliran darah. Ini mengakibatkan pengurangan ukuran ambeien dan mempercepat penyembuhan. Skleroterapi dapat dilakukan di klinik atau kantor dokter dan sering tidak memerlukan anestesi.
Baca Juga:  Wasir Grade 4: Apakah Harus Dilakukan Tindakan?

Video Operasi Wasir

Berikut beberapa video operasi wasir yang wajib diketahui sebelum menjalani operasi wasir. 

  • Hemoroidektomi menggunakan ultrasonic

https://www.youtube.com/watch?v=1qR0s1xpkR0 

  • Hemoroidektomi menggunakan Radiofrequency

https://www.youtube.com/watch?v=Pwunb9xSYEA 

Pengobatan Setelah Operasi

Setelah operasi ambeien, perawatan yang tepat dibutuhkan untuk memfasilitasi pemulihan yang cepat. Beberapa langkah yang dianjurkan setelah operasi meliputi:

  1. Penggunaan obat pereda nyeri: Dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi nyeri pasca operasi.
  2. Konsumsi makanan yang sehat: Makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian membantu menjaga tinja tetap lunak sehingga mencegah tegangan saat buang air besar.
  3. Minum cukup air: Penting untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan minum cukup air setelah operasi ambeien. Air membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit yang dapat menyebabkan tekanan pada daerah anus.
  4. Hindari konstipasi: Menghindari konstipasi sangat penting dalam proses pemulihan. Selain makan makanan tinggi serat, perlu juga menghindari makanan yang dapat menyebabkan sembelit seperti makanan olahan, makanan berlemak, dan makanan pedas. Selain itu, perlu memperhatikan rutinitas buang air besar yang teratur dan tidak menunda dorongan buang air besar.
  5. Perawatan luka dan kebersihan: Setelah operasi, perlu menjaga kebersihan area anus dengan membersihkannya secara lembut menggunakan air hangat dan sabun ringan. Penggunaan tisu basah atau bahan pembersih khusus yang direkomendasikan oleh dokter juga dapat membantu menjaga kebersihan. Selain itu, perlu menghindari menggosok atau menggaruk area yang dioperasi.
  6. Hindari aktivitas fisik yang berat: Setelah operasi ambeien, disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang berat atau mengangkat beban yang berlebihan. Hal ini dapat membantu mencegah tekanan yang berlebihan pada daerah anus yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan.
  7. Ikuti instruksi dokter: Penting untuk mematuhi instruksi dan nasihat yang diberikan oleh dokter setelah operasi. Ini termasuk mengonsumsi obat-obatan sesuai petunjuk, menjadwalkan kunjungan tindak lanjut, dan melaporkan setiap gejala atau masalah yang muncul selama proses pemulihan.
Baca Juga:  BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit, Tanda Apakah Hal Tersebut?

Kesimpulan

Operasi ambeien adalah pilihan pengobatan yang mungkin diperlukan ketika pengobatan non-bedah tidak berhasil atau ambeien menjadi parah. Hemoroidektomi, stapler hemorrhoidopexy, dan skleroterapi adalah beberapa prosedur operasi yang umum dilakukan. Setelah operasi, perlu memperhatikan pengobatan pasca operasi yang tepat, termasuk penggunaan obat pereda nyeri, makan makanan sehat, menjaga hidrasi yang baik, dan menjaga kebersihan area anus. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan panduan dan perawatan yang tepat setelah operasi ambeien.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *