48 views
Wasir Bisa Masuk Lagi, Apakah Perlu Dioperasi?

Wasir Bisa Masuk Lagi, Apakah Perlu Dioperasi? – Wasir, atau dikenal juga dengan sebutan hemoroid, adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum membengkak dan meradang. Wasir dapat menimbulkan gejala seperti rasa gatal, rasa terbakar, perdarahan saat buang air besar, serta rasa tidak nyaman dan sakit pada area anus.

Pada beberapa kasus, wasir dapat keluar dari anus dan disebut sebagai wasir prolaps. Wasir prolaps biasanya tidak terlalu berbahaya dan bisa masuk  lagi ke dalam anus secara manual. Namun, jika wasir prolaps terjadi secara terus-menerus, maka hal ini dapat menjadi lebih serius dan perlu ditangani dengan tindakan medis.

Apakah wasir yang bisa masuk kembali perlu dioperasi?

Jawabannya tergantung pada tingkat keparahan wasir. Jika wasir masih dalam tahap awal dan tidak menimbulkan gejala yang berat, maka pengobatan rumahan masih efektif untuk dilakukan. Pengobatan rumahan  seperti merubah pola makan dan gaya hidup serta obat-obatan over-the-counter dapat membantu mengatasi wasir.

Namun, jika wasir sudah mencapai tingkat keparahan yang lebih tinggi dan menimbulkan gejala yang parah, maka mungkin perlu dilakukan tindakan medis, termasuk operasi. Gejala yang parah seperti pendarahan yang berlebihan atau rasa sakit yang sangat hebat.

Operasi dapat menjadi pilihan untuk mengatasi wasir yang kronis dan tidak merespon pada pengobatan rumahan atau tindakan medis non-bedah lainnya. Teknologi medis yang terus berkembang memungkinkan pengobatan wasir dilakukan dengan metode minimal invasif.  Metode minimal invasif lebih aman dan efektif. Metode Ultrasonik, Metode Radiofrekuensi dan WellC merupakan tiga teknologi canggih yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir dengan efektivitas tinggi tanpa memerlukan tindakan operasi yang invasif.

Baca Juga:  Mitos atau Fakta: Wasir Mayoritas Dialami oleh Perempuan

Namun, seperti pada setiap tindakan medis lainnya, operasi juga memiliki risiko dan efek samping. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melakukan operasi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli bedah. Pastikan Dokter yang anda kunjungi merupakan dokter yang terpercaya dan mengetahui risiko dan manfaat dari setiap jenis operasi yang tersedia.

Dalam kesimpulan, wasir bisa masuk lagi secara manual, namun jika wasir menimbulkan gejala yang parah maka perlu dilakukan tindakan medis, termasuk operasi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli bedah sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan medis apa pun untuk mengatasi wasir

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *