41 views
4 Cara Mengobati Ambeien di Rumah

Ambeien, juga dikenal sebagai wasir, adalah kondisi yang umum terjadi pada banyak orang. Hal ini ditandai dengan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah di daerah rektum atau anus. Gejala umum ambeien yaitu adanya benjolan yang keluar dari anus, rasa gatal, perdarahan saat buang air besar, rasa nyeri, dan ketidaknyamanan. Meskipun ambeien bisa menjadi kondisi yang mengganggu, beberapa orang dapat mengatasinya dengan metode alami di rumah. Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara yang dapat diambil untuk mengobati ambeien di rumah.

Cara Mengobati Ambeien Di Rumah

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ambeien di rumah:

Perubahan Gaya Hidup

Penting untuk memperhatikan gaya hidup Anda saat mengobati ambeien. Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengurangi gejala ambeien antara lain:

  1. Konsumsi serat setiap hari: Makan makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dapat membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di daerah anal.
  2. Hindari sembelit: Usahakan untuk buang air besar secara teratur dan hindari menahan keinginan untuk buang air besar. Menahan buang air besar dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah anus, menyebabkan ambeien lebih parah. 
  3. Minum air yang cukup: Mengonsumsi cukup air setiap hari dapat membantu menjaga tinja tetap lembut dan memudahkan buang air besar.
  4. Hindari duduk terlalu lama: Duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di daerah anal. Cobalah untuk berdiri atau berjalan-jalan sejenak setiap 30 menit jika Anda harus duduk dalam waktu yang lama.
  5. Hindari berlama-lama ditoilet
Baca Juga:  Apakah Setelah Operasi Wasir Bisa Kambuh Kembali?

Jongkok atau duduk di toilet dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah anus. Hindari berlama-lama saat Buang Air Besar.

Perawatan Topikal

Obat-obatan topikal dapat membantu mengurangi gejala ambeien. Namun sebelum menggunakan obat-obatan penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

  1. Penggunaan krim atau salep: Krim atau salep yang mengandung zat anestesi lokal atau antiinflamasi dapat memberikan bantuan sementara dari rasa nyeri dan peradangan.
  2. Mengompres dingin: Mengompres area yang terkena dengan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  3. Menggunakan kantong teh basah: Menempatkan kantong teh basah yang sudah didinginkan di area yang terkena dapat membantu mengurangi peradangan.

Sitz Bath

Sitz bath adalah proses merendam area anus dalam air hangat selama 10-15 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi peradangan, membersihkan area yang terkena, dan mengurangi gejala seperti rasa gatal dan nyeri. Anda dapat menggunakan bak mandi khusus sitz bath yang tersedia di apotek, atau menggunakan baskom besar dengan air hangat. Lakukan sitz bath sebanyak 2 x sehari.

Penggunaan Bahan Alami

Beberapa bahan alami dapat membantu mengobati ambeien secara efektif. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Lidah buaya: Gel lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan. Oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena beberapa kali sehari.
  2. Minyak kelapa: Minyak kelapa memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Oleskan minyak kelapa pada area yang terkena beberapa kali sehari.
  3. Daun jambu biji: Daun jambu biji segar mengandung zat yang dapat membantu mengurangi peradangan. Cuci bersih daun jambu biji, lalu haluskan dan oleskan pada area yang terkena.
  4. Bawang Putih: Bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik alami. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih dan campur dengan minyak kelapa. Oleskan campuran ini pada area yang terkena beberapa kali sehari.
Baca Juga:  Apa itu Ambeien? Mari Kupas Tuntas!

Kesimpulan

Ambeien adalah kondisi yang umum terjadi, tetapi dapat diobati dengan metode alami di rumah. Perubahan gaya hidup, perawatan topikal, sitz bath, penggunaan bahan alami seperti lidah buaya dan minyak kelapa, serta penggunaan bawang putih dapat membantu mengurangi gejala ambeien dan mempercepat penyembuhan. Namun, jika gejala ambeien tidak membaik atau memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *