60 views
Ambeien Luar, Kenali Gejala Hingga Pengobatannya

Apakah Anda salah satu orang yang pernah mengalami ambeien luar? Atau sekedar ingin tahu sekilas mengenai penyakit yang cukup menyebalkan ini? Anda berada di artikel yang tepat, karena sekilas akan kami ulas mengenai penyakit yang satu ini.

Pengertian Ambeien Luar

Pada dasarnya ambeien terbagi menjadi dua kategori yaitu ambeien luar dan ambeien dalam. Ambeien luar adalah jenis yang ditandai dengan adanya benjolan atau gumpalan berisi pembuluh darah yang meradang di bawah permukaan kulit anus. Jenis ini akan mudah terlihat secara langsung dari luar. Awalnya bentuk dari ambeien ini kecil tidak terlihat sehingga kebanyakan penderita tidak merasakan sakit pada bagian benjolan. Namun ketika semakin meradang, benjolan bisa makin besar, memerah, dan semakin sakit juga rasanya.

Kenali Gejala Ambeien Luar

Ada berbagai gejala yang muncul ketika ambeien tumbuh di luar. Gejala cenderung bervariasi tergantung pada tingkat keparahan ambeien Anda. Berikut adalah gejala ambeien luar yang harus Anda ketahui.

  • Gumpalan dekat anus

Munculnya benjolan dekat anus yang berwarna biru keunguan. Hal ini dikarenakan adanya penumpukan darah di sekitar pembuluh dekat anus, yang akhirnya akan membuat lapisan kulit mengalami pembengkakan.

  • Anus terasa gatal dan nyeri

Terjadinya gumpalan yang dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri di sekitar anus. Di beberapa kondisi, seperti ketika duduk terlalu lama dan ketika buang air besar, rasa nyeri parah akan timbul akibat adanya gumpalan di anus.

  • Munculnya skin tag

Munculnya skin tag atau benjolan yang berbentuk seperti daging atau kulit berlebih yang bergantungan dari lubang anus. Jaringan yang tersisa tersebut terbentuk saat benjolan pembuluhnya sudah sembuh dan menyusut, namun kulit yang tersisa dari gumpalan tidak ikut menyusut dan menghilang. Skin tag dapat menyebabkan feses yang keluar ketika BAB tersangkut di lubang anus, sehingga kulit di sekitar anus bisa terinfeksi jika tidak dibersihkan dengan benar.

  • Darah pada feses
Baca Juga:  Waspada! Coba Kenali Gejala dan Penyebab BAB Berdarah

Sebagian orang yang mengidap penyakit ambeien luar dan sudah memasuki tingkat keparahan yang tinggi, biasanya akan terdapat darah pada feses atau BAB berdarah. Darah tersebut bisa berasal dari dalam anus atau dari luka yang muncul di sekitar anus karena gesekan saat mengejan yang terlalu keras. Gejala ini kemungkinan besar terjadi saat sedang sembelit. 

Penyebab Ambeien Tumbuh di Luar

Ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi pemicu munculnya ambeien luar ini. Memang tidak kemudian absolut, ketika hal ini Anda alami kemudian ambeien muncul, tapi setidaknya untuk meminimalisir resikonya, hindari beberapa hal berikut.

  • Mengejan terlalu keras saat BAB
  • BAB terlalu lama
  • Kurang berolahraga 
  • Duduk dalam waktu yang lama
  • Kondisi kehamilan
  • Mengangkat benda terlalu berat
  • Usia yang semakin bertambah

Cara Mengobati Ambeien 

Ketika mengalami kondisi ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Pertama, dengan menggunakan krim atau salep topikal untuk ambeien, kedua, melakukan kompres hangat di area yang ada benjolan untuk meredakan sakit dan mengempeskan benjolan.

Jika ambeien luar tak kunjung sembuh atau membaik, ada baiknya Anda segera berkunjung ke dokter sebelum menjadi semakin parah. Periksakan diri Anda, dan dapatkan perawatan profesional dan obat yang tepat. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan tindakan operasi adalah ST Wasir Center. 

Klinik wasir ini dapat mengobati dan memberikan solusi bagi penderita wasir/ambeien dan fistula ani dengan menggunakan teknologi modern dari Korea, sehingga pengobatan ambeien Anda dapat dapat teratasi tanpa menimbulkan rasa nyeri, pendarahan, dan tanpa rawat inap. Ditangani langsung oleh dokter spesialis yang memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun dan menangani lebih dari 1000 pasien kasus wasir dan fistula. Segera hubungi ST Wasir untuk konsultasi lebih lanjut. 

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Cara Mencegah Wasir Ringan

Baca juga: Pengertian Hemoroid Interna dan Cara Mencegahnya – ST Wasir Center

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *